PERSEPSI GURU TENTANG EKSISTENSI PERPUSTAKAAN DALAM PEMBELAJARAN IPS TERPADU DI SMP 02 IBNU SINA KABIL

Fitri Yanti, Nurani Awaliah

Abstract


Keberadaan perpustakaan sangat berpengaruh untuk keberhasilan proses belajar mengajar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana eksistensi perpustakaan dalam pembelajaran IPS terpadu di SMPS 02 Ibnu Sina Kabil. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data diperoleh dari wawancara dan observasi. Teknik analisa data yang digunakan dengan cara pengumpulan data, reduksi data, display data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa persepsi guru tentang eksistensi perpustakaan beragam, hal ini terlihat dari pemanfaatkan perpustakaan dalam pembelajaran IPS Terpadu seperti alokasi waktu dan pelaksanaan, kedisiplinan siswa, referensi buku, dan sudah dilakukan berbagai upaya untuk mengatasi pemanfataan perpustakaan dalam pembelajaran IPS Terpadu seperti: perencanaan pembelajaran di luar kelas, melakukan pengawasan di kelas agar proses belajar mengajar dapat terlaksana dengan baik, menambah referensi buku-buku pelajaran di perpustakaan sekolah.


Full Text:

PDF

References


Arsyad Azhar, (2009). Media Pembelajaran. Jakarta Rajawali Pers

Idrus Muhammad, (2009).Metode Penelitian Ilmu Sosial. Yogyakarta Erlangga

Ischak dkk,(2007), Pendidikan IPS. Jakarta

Kattsoff, L.O. (2004). Pengantar Filsafat. (Terjemahan Soejono Soemargono). Yogyakarta: Tiara Wacana Yogya.

Moleong L.J (2004). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta Pusat

Ratna Kutha Nyoman, (2010). Metodologi Penelitian Kajian Budaya dan Ilmu Sosial Humaniora. Yogyakarta Pustaka Pelajar

Sugiyono, (2008). Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R&D.

Bandung Alfabeta.

Triono, (2010). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta Bumi Aksara

Winataputra S. Udin dkk (2007). Konsep Dasar IPS.Jakarta




DOI: https://doi.org/10.33373/j-his.v3i1.1682

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 HISTORIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah

P-ISSN 2301-8305        E-ISSN 2599-0063

Published by: Program Studi Pendidikan Sejarah, Universitas Riau Kepulauan, Batam, Indonesia.

Jl. Batu Aji Baru No. 99 Batam Propinsi Kepulauan Riau, Batam,  Indonesia.

Email; historiaunrika@gmail.com

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.