STUDI EFEKTIFITAS KEGIATAN MENGAJAR GURU JURUSAN IPS SMA NEGERI 05 BATAM
Abstract
Kurang menguasai bahan ajar, dan kurang pengelolaan program belajar mengajar, serta pengelolaan kelas yang kurang kondusif, sedikitnya penggunaan media dan sumber belajar dan kurang interaksi antara siswa dan guru dalam pembelajaran dan menilai prestasi siswa serta kurangnya dan kedisiplin dalam berkerja guru sehingga menyebabkan efektifitas pembelajaran SMA Negeri 05 Batam Tahun Pelajaran 2014/2015 menjadi kurang efektif. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas guru menjadi lebih baik dan menjadi pembelajaran yang lebih efektif dan meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa guru-guru jurusan IPS di SMA 05 sudah melakukan dan melaksanakan kegiatan belajar mengajar secara efektif. Hal ini dibuktikan yaitu : 1) sudah menguasai bahan pengajaran. 2) sudah melakukan pengelolahan program belajar mengajar dengan baik. 3) sudah melakukan pengelolahan kelas dengan baik. 4) sudah menggunakan media dan sumber belajar saat proses pembelajaran. 5) sudah mampu dalam hal pengelolahan interaksi belajar mengajar dengan baik, baik antara guru dengan siswa maupun antara siswa dengan siswa. 6) sudah melaksanakan penilaian prestasi siswa dan terakhir. 7) guru sudah menerapkan disiplin kerja dalam pengajaran dengan baik.
Full Text:
PDFReferences
Majid, Abdul. 2006. Perencanaan Pembelajaran. Bandung ; Pt Remaja Rosida
Karya
Sudijono, Anas. 2008. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta ; Raja Grafindo
Persada
Arsyad, Azhar. 2007. Media Pembelajaran. Jakarta ; Raja grafindo Persada
Burhanuddin, et. al. 2003. Manajemen Pendidikan. Malang ; Univ. Negeri Malang.
Buhary, Hasanuddin. 2007. Akuntabilitas Kinerja Pendidikan. Malang ; Univ.
Negeri Malang (UM Press)
Ismail, Kusmayadi. 2010. Kemahiran Interpersonal Untuk Guru. Bandung ; PT.
Pribumi Makasar.
Asmani, Makmur, Jamal. 2011. 7 Tipe Aplikasi PAKEM ( Pembelajaran Aktif,
Kreatif,Efektif dan Menyenangkan ) Menciptakan Metode Pembelajaran
Yang Efektif dan Berkualitas. Yogyakarta : Diva Press
Idris, Muhammad. 2009. Metode Penelitian Ilmu Sosial. Yogyakarta ; Erlangga.
Christine, Maylanny. 2009. Pedagogi : Strategi dan Teknik Mengajar dengan
Berkesan. Bandung : PT. Setia Purna Inves.
Idris dan Marno. 2010. Strategi dan Metode Pengajaran. Yogyakarta ; Ar- Ruzz
Media
Mukhtar. 2013. Metode praktis penelitian deskriptif kualilatif. Jakarta : refrensi
(GP Press Greoup).
Sudjana, Nana. 2009. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung ; Sinar
Baru Algensindo
Susanti, Rini. 2011. Profesi Pendidikan. Batam ; Universitas Riau Kepulauan
(UNRIKA)
Mudyahardja, Redja. 2001. Pengantar Pendidikan Sebuah Studi Awal tentang
Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algensindo
Kosasih,Raflis dan Soetjipto. 1994. Profesi Keguruan. Jakarta : Departemen
Pendidikan dan Kebudayaan
Sugiono, 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung ; Alfabeta.
Sugiono, 2008. Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung :
Alfabeta.
Sukardi, 2011. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta ; Bumi Aksara.
Sagala, Syaiful. 2009. Manajemen Strategi dalam Peningkatan Mutu Pendidikan.
Bandung : Alfabeta
Suparlan. 2003. Menjadi Guru Efektif. Yogyakarta ; Hikayat Publishing
Wahyudi. 2009. Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Organisasi Pembelajaran
(Learning Organization) .Pontianak : Alfabet
DOI: https://doi.org/10.33373/j-his.v3i2.1689
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 HISTORIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah
P-ISSN 2301-8305 E-ISSN 2599-0063
Published by: Program Studi Pendidikan Sejarah, Universitas Riau Kepulauan, Batam, Indonesia.
Jl. Batu Aji Baru No. 99 Batam Propinsi Kepulauan Riau, Batam, Indonesia.
Email; historiaunrika@gmail.com
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.