PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE TEAM QUIZ PADA MATA PELAJARAN SEJARAH TERHADAP PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS X IPS DI SMA NEGERI 8 BATAM TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Desma Yulia, Ratih Purnamasari, Ratih Purnamasari

Abstract


Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan strategi pembelajaran aktif Team Quiz dalam pembelajaran sejarah dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam proses pembelajaran Sejarah. Peningkatan keaktifan siswa terbukti dengan diperoleh rata-rata keaktifan siswa dari total skor angket belajar siswa kelas eksperimen dengan total skor angket (ΣX) sebesar 4870, nilai terbesar siswa (Xmax) adalah 133 dan nilai terkecil (Xmin) adalah 93 dengan mean atau rata-rata () sebesar 116.6. sedangkan pada kelas kontrol, total skor angket belajar yang diperoleh (ΣX) sebesar 4408, nilai terbesar siswa (Xmax) adalah 130 dan nilai terkecil (Xmin) adalah 83, dengan mean atau rata-rata () sebesar 107.57.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan strategi pembelajaran aktif Team Quiz dalam pembelajaran sejarah dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam proses pembelajaran Sejarah. Peningkatan keaktifan siswa terbukti dengan diperoleh rata-rata keaktifan siswa dari total skor angket belajar siswa kelas eksperimen dengan total skor angket (ΣX) sebesar 4870, nilai terbesar siswa (Xmax) adalah 133 dan nilai terkecil (Xmin) adalah 93 dengan mean atau rata-rata () sebesar 116.6. sedangkan pada kelas kontrol, total skor angket belajar yang diperoleh (ΣX) sebesar 4408, nilai terbesar siswa (Xmax) adalah 130 dan nilai terkecil (Xmin) adalah 83, dengan mean atau rata-rata () sebesar 107.57.


Full Text:

PDF

References


Anggraini, Tutik. (2012). Penerapan metode Team Quiz Dalam Proses Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas IV Di SD Negeri Begalon 1 Surakarta. Skripsi, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta. Tidak diterbitkan, sumber tersedia di http:// eprints.ums.ac.id/19847/13/10._Naskah_Publikasi.pdf, diunduh tanggal 16 Februari 2016.

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. (2013). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Aunurrahman. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Bandung : Alfabeta.

Darini, Ririn. 2013. Sejarah untuk SMA/MA Kelas X Peminatan Ilmu- ilmu Sosial. Klaten: PT. Cempaka Putih.

Dimyati & Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaraan. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, S. B & Zain, A. (2013). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamruni. (2012). Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Insan Madani.

http://miratriani.blogspot.co.id/2012/07/metode-team-quiz-dan-talking-stick_3243.html diunduh tanggal 17 februari 2016.

http://nocaou.blogspot.co.id/2013/09/pendekatan-cbsa.html?m=1 diunduh tanggal 25 September 2016

http://suaidinmath.files.wordpress.com/2014/09/5-pmp-sejin-sma-allson-1juni2014.docx diunduh tanggal 25 Februari 2016.

Muzamiroh, M. L. (2013). Kupas Tuntas Kurikulum 2013. Kata Pena: Jakarta

Noor, Juliansyah. (2012). Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Karya Ilmiah. Jakarta: Kencana.

Priansa, D. J. (2015). Manajemen Peserta Didik dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Rizkyana, Mei. (2013). Penerapan Metode Quiz Team untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar pada Siswa Kelas X AP SMK PGRI 1 Mejobo Kudus. Skripsi, UNNES, Semarang. Tidak diterbitkan, sumber tersedia di http://Iib.unnes.ac.id/17206/1/7101408290.pdf, diunduh tanggal 17 Februari 2016.

Rumengan, Jemmy. (2009). Metodologi Penelitian dengan Menggunakan SPSS. Bandung: Citapustaka Media Perintis.

Sanjaya, Wina. (2008). Kurikulum dan Pembelajaran: Teori dan Praktik Pengembangan Kurikulun Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

Sarah, R. F. (2013). Peningkatan Keaktifan Belajar IPS Sejarah Siswa Melalui Model Pembelajaran Index Card Match (ICM) Kelas VIII di SMP Negeri 4 Semarang. Skripsi, UNNES, Semarang. Tidak diterbitkan, sumber tersedia di http://Iib.unnes.ac.id/19279/1/3101409039.pdf, diunduh tanggal 11 Februari 2016.

Silberman, Melvin. (2013). Active Learning : 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nuansa Cendekia.

Siregar, Syofian. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS. Jakarta: Kencana.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana. (2005). Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. (2011). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutikno, Sobry. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Lombok: Holistica.

Sutikno, Sobry. (2014). Metode & Model-model Pembelajaran. Lombok: Holistica.

Syafril, dkk. (2012). Pengantar Pendidikan. Padang: Sukabina Press.

Warsono & Hariyanto. (2013). Pembelajaran Aktif: Teori dan Asesmen. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Zaini, Hisyam. (2011). Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta : CTSD IAIN Sunan Kalijaga.




DOI: https://doi.org/10.33373/j-his.v4i1.1722

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 HISTORIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah

P-ISSN 2301-8305        E-ISSN 2599-0063

Published by: Program Studi Pendidikan Sejarah, Universitas Riau Kepulauan, Batam, Indonesia.

Jl. Batu Aji Baru No. 99 Batam Propinsi Kepulauan Riau, Batam,  Indonesia.

Email; historiaunrika@gmail.com

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.