PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LISTENING TEAM UNTUK DISIPLIN SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 2 KERINCI
Abstract
Kedisiplinan siswa dalam pembelajaran sejarah merupakan hal yang sangat penting diperhatikan, kedisiplinan pada saat proses belajar mengajar di kelas merupakan salah satu indikator keberhasilan didalam pendidikan. Permasalahan Kedisiplinan dalam pembelajaran sejarah adalah Model pembelajaran sejarah yang cenderung konvensional yang masih kurang bisa meningkatkan disiplin siswa dalam belajar, Untuk mengatasi Permasalahan Kedisiplinan pembelajaran sejarah tersebut perlu diterapkan Model PembelajaranListening Teamguna meningkatkan disiplin Belajar pada siswa. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan disiplin belajar sejarah siswa kelas XA SMAN 2 Kerinci pada materi “pengaruh Revolusi Prancis, Revolusi Amerika, dan Revolusi Rusia terhadap Perkembangan Pergerakan Nasional Indonesia dengan menggunakan Model Pembelajaran Listening Team.Metode yang digunakan untuk pengambilan data adalah dengan menggunakan metode partisipan dimana peneliti terlibat langsung dalam kegiatan penelitian.Peneliti mengumpulkan data dengan melakukan checklist observasi, kuisioner, dan wawancara. Subjek penelitian adalah siswa kelas X A SMAN 2 Kerinci.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan disetiap siklus.Penelitian ini menggunakan model kemmis dan taggart dengan menggunakan duasiklus.Hasil persentasi rata-rata disiplin belajar siswa mengalami peningkatan secara signifikan. Pada siklus I sebesar 47.87% dengan kategori sedang dan siklus II Meningkat menjadi 87.15% dengan kategori sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tindakan pada siklus ke II sudah mencapai kategori yang diharapkan yaitu sebesar 80%. aktifitas siswa pada siklus 1 berada pada kategori baik dengan persentase 79.99% kategori baik dan pada siklus II mengalami peningkatan yang signifikan yaitu berada pada kategori sangat baik dengan persentase 91.11%.Berdasarkan data di atas dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Listening Team dapat meningkatkan Disiplin Belajar Sejarah Siswa di kelas X A SMAN 2 Kerinci.
Full Text:
PDFReferences
Abdul latief.2006. Manusia Filsafat dan Sejarah. Jakarta:Bumi Aksara
Bell gredler.1994. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada
Dimyati,Mudjono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta
Ekosiswoyo dan Rachman.2000. Manajemen Kelas.Semarang: IKIP.
Gunning.1978. The Teaching Of History. London : Crom Helm
Ihsan 2008.Dasar-dasar Kependidikan. Bandung: Rineka Cipta Press
Kunandar.2011. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai pengembangan Profesi Guru. Jakarta:Rajawali Pres.
.2008. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Lembaga Ketahanan Nasional Lemhannas,1997.Disiplin Nasional.Jakarta: PT Balai Pustaka
Mulyasa.E.2006.Menjadi guru profesional: Menciptakan pembelajaran kreatif dan menyenangkan. Bandung: Remaja Rosyada
.2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT
Remaja Rosdakarya
Max darsono.2005. Belajar dan Pembelajaran. Semarang : CV. IKIP Semarang Press.
Malvins S. Silberman.2008. Active Learning: 101 cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nuansa
Purwadarminta.2010. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
Sardiman.2012. Interaksi dan Motivasi belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Suprijono,2009. Cooperativ Learning.Teori Dan Aplikasi PAIKEM.Yogyakarta:Pustaka Pelajar
Slameto.2003. Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Tu’u.2004. Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa . Jakarta :Grasindo
Zainal arifin.2009. Evaluasi Pembelajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
DOI: https://doi.org/10.33373/j-his.v4i1.1723
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 HISTORIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah
P-ISSN 2301-8305 E-ISSN 2599-0063
Published by: Program Studi Pendidikan Sejarah, Universitas Riau Kepulauan, Batam, Indonesia.
Jl. Batu Aji Baru No. 99 Batam Propinsi Kepulauan Riau, Batam, Indonesia.
Email; historiaunrika@gmail.com
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.