HUBUNGAN MINAT DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VII MTs USB FILIAL MTs N I BATAM

Afrinel Okwita, Yessi Desvita

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengungkapkan: (1) Untuk dapat membuktikan ada atau tidaknya hubungan minat belajar dengan hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VII MTs USB Filial MTs N I Batam. (2) Untuk dapat membuktikan ada atau tidaknya hubungan lingkungan belajar dengan hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VII MTs USB Filial MTs N I Batam. (3) Untuk dapat membuktikan ada atau tidaknya hubungan antara minat belajar dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VII MTs USB Filial MTs N I Batam. Penelitian ini termasuk jenis penelitian korelasional yang bersifat deskriptif dengan subyek penelitian 35 orang siswa, kelas VIIb MTs USB Filial MTs Negeri I Batam. Instrumen ini menggunakan angket dalam bentuk skala likert sebanyak 60 item. Untuk uji validitas butir angket menggunakan product momen. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Terdapat  hubungan antara minat belajar dengan hasil belajar IPS Terpadu. (2) Terdapat  hubungan  antara lingkungan belajar dengan hasil belajar IPS Terpadu. (3) Terdapat hubungan antara minat belajar dengan lingkungan belajar IPS Terpadu. Hal ini berarti hipotesis alternatif (ha) diterima karena terbukti Fhitung lebih besar dari pada Ftabel yaitu 3,72> 3,33. Disimpulkan bahwa minat belajar dan lingkungan belajar sangat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Hal ini berarti semakin tinggi minat belajar akan dipengaruhi oleh lingkungan belajar siswa terhadap mata pelajaran IPS Terpadu

Keywords


Minat, Lingkungan, Hasil Belajar IPS Terpadu

Full Text:

PDF

References


Agustin, Mubiar. 2011. Permasalahan Belajar dan Inovasi Pembelajaran. Bandung : PT Refika Aditama

Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Djamarah SB 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Reneka Cipta.

Hamalik, Oemar 2012. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Marlina, Liza. 2016. Hubungan Kecerdasan Emisional, Self Efficacy Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 35 Batam. Batam : Universitas Riau Kepulauan.

Muhibbinsyah 2011. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Peramita. 2017. Kontribusi Kebiasaan dan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika di SMP Negeri 30 Batam Tahun Pelajaran 2016/2017. Batam : Universitas Riau Kepulauan.

Slameto. 2015 . Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta : Rineka Cipta.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan . Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. 2015. Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Siregar,Syofian. 2015. Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta:Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 HISTORIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah

P-ISSN 2301-8305        E-ISSN 2599-0063

Published by: Program Studi Pendidikan Sejarah, Universitas Riau Kepulauan, Batam, Indonesia.

Jl. Batu Aji Baru No. 99 Batam Propinsi Kepulauan Riau, Batam,  Indonesia.

Email; historiaunrika@gmail.com

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.