HUBUNGAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X SMKN 5 BATAM MATA PELAJARAN SEJARAH INDONESIA TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Arsia Rika Sephasya, Arnesih Arnesih

Abstract


Kemandirian belajar dan motivasi belajar siswa di X SMKN 5 Batam mata pelajaran Sejarah Indonesia masih sangat kurang dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk dapat membuktikan hubungan antara kemandirian belajar terhadap motivasi belajar siswa kelas X SMK Negeri 5 Batam mata pelajaran Sejarah Indonesia tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode korelasi. Sampel yang peneliti gunakan adalah siswa kelas XTKJ 2 dengan jumlah sebanyak 46 siswa. Peneliti melakukan pengambilan sampel dengan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang telah di uji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis dengan menggunakan rumus korelasi product moment dengan variabel kemandirian (X) dan variabel motivasi (Y). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubunganyang positif dan signifikan antara kemandirian belajar terhadap motivasi belajar siswa kelas X SMK Negeri 5 Batam. Dimana diperoleh nilai thitung sebesar 12,11 dan ttabel sebesar 1,680 dengan taraf signifikan 5% dimana n = 46. Jadi nilai thitung lebih besar dari ttabel 12,11>1,680.


Keywords


Kemandirian, Motivasi, SMKN 5 Batam

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33373/hstr.v6i1.3761

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 HISTORIA: Journal of Historical Education Study Program

P-ISSN 2301-8305        E-ISSN 2599-0063

Published by: Program Studi Pendidikan Sejarah, Universitas Riau Kepulauan, Batam, Indonesia.

Jl. Batu Aji Baru No. 99 Batam Propinsi Kepulauan Riau, Batam,  Indonesia.

Email; historiaunrika@gmail.com

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.