PENGARUH GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) PADA MATA PELAJARAN SEJARAH INDONESIA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS I MAN BINTAN TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Desma Yulia

Abstract


Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan Quasi Eskperimental Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI IPS MAN Bintan. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI IPS I dan siswa kelas XI IPS 2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat berbedaan signifikan terhadap hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol, dimana rata-rata nilai dari kelas eksperimen adalah 77,25 sedangkan dikelas kontrol, dimana rata-rata 70,51. Dengan analisis uji-t diperoleh thitung sebesar 1,877 pada taraf signifikan 0,05 dan ttabel sebesar 1,995 karena nilai thitung < ttabel sehingga dapat disimpulkan bahwa Gerakan Literasi memiliki perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada kelas eksperimen nilai rata-rata kelas diatas Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) sedangkan pada kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata di bawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) di MAN Bintan.


Keywords


Gerakan Literasi, Sejarah Indonesia, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2009). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

_________. (2013). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

_________. (2013). Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.

Idrus, M. (2009). Metode Penelitian Ilmu Sosial. Jakarta: Erlangga

Kalida, dkk. (2015). Gerakan Literasi Mencerdaskan Negeri. Jakarta: Aswaja Pressindo.

Sudjana, Nana. (2005). Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2011). Statistik Untuk Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

_______. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Sutikno, Sobry. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Holistika.




DOI: https://doi.org/10.33373/hstr.v6i2.3767

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 HISTORIA: Journal of Historical Education Study Program

P-ISSN 2301-8305        E-ISSN 2599-0063

Published by: Program Studi Pendidikan Sejarah, Universitas Riau Kepulauan, Batam, Indonesia.

Jl. Batu Aji Baru No. 99 Batam Propinsi Kepulauan Riau, Batam,  Indonesia.

Email; historiaunrika@gmail.com

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.