PERAN GURU SEJARAH DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SEJARAH SISWA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMKN 5 BATAM T.A. 2020/2021
Abstract
Pada masa pandemi Covid-19, guru memilki peran yang cukup berbeda dengan masa normal dalam proses belajar mengajar. Tuntutan guru untuk lebih kreatif semakin menantang termasuk guru pendidikan sejarah di SMKN 5 Batam. Penelitian ini difokuskan pada peran guru sejarah di SMKN 5 Batam dalam meningkatkan minat belajar siswa di masa pandemi Covid 19. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peranan guru dan faktor pendukung serta penghambat peran guru sejarah di SMKN 5 Batam dalam meningkatkan minat belajar Sejarah siswa di masa pandemi covid-19. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Teknik analisa data menggunakan model Miles and Huberman yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru sejarah di SMKN 5 Batam menjalankan peran yang berbeda dalam mengajar di tengah pandemi Covid-19. Di antara peran tersebut adalah: guru sebagai pendidik senantiasa mengajar dalam jaringan, guru sebagai informator yang memberikan informasi terbaru untuk siswa, guru sebagai director yang mengarahakan pembelajaran guna berjalan sesuai dengan yang diharapkan, guru sebagai komunikator yang melakukan komunikasi dengan siswa, wali murid dan sesama guru, guru sebagai motivator yang memberikan motivasi kepada siswa, guru sebagai administrator yang merancang pembelajaran, guru sebagai evaluator yang mengevaluasi, dan guru sebagai aktor yang berperan dalam proses pembelajaran .
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto. 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Astuti, S.P. 2015. Pengaruh Kemampuan Awal Dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Fisika. Jurnal Formatif. No. 1. Hal. 68-75.
Budiwibowo, S. 2016. Hubungan minat belajar siswa dengan hasil belajar ips di smp negeri 14 kota madiun’. Jurnal studi sosial. No.1. hal.60-68.
Dalyono, M. 2007. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Darmadi Hamid. 2015, tugas Peran, dan Tanggung jawab Menjadi Guru Profesional, Jurna Edukasi,vol 13,no 2.
Djaali. 2013 Psikologi Pendidikan.Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Falahudin, I. 2014. Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran. Jurnal Lingkar Widyaiswara. No.4. Hal. 104-117.
Faturrahman. 2012. Pengantar pendidikan. Jakarta: PT.Prestasi Pustaka Karya.
Fitri Yanti,dkk. 2012. Profesi Pendidikan. Batam: FKIP Universitas Riau Kepulauan.
Herliandry, Nurhasanah,Maria ES.2020. Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Pendidikan. No.1 hal.66-67
Junaidah. 2015. Strategi Pembelajaran Dalam Perspektif Islam. Jurnal Pendidikan Islam.
Lexy J Moleong. 2009. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya
Moleong, Lexy. 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT.Remaja Rosda Karya.
Lexy J Moleong. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mustofa. 2014. Implikasi Kurikulum 2013 Terhadap Proses Belajar Mengajar.Jurnal Mimbar Sekolah Dasar. No.2. Hal.185-190.
Nugrahani, Farida. 2014. Metode Penelitian Kualitatif Dalam Penelitian Pendidikan Bahasa, Solo: Cakra Books.
Oktafia Ika Handarini.2020. Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH). Jurnal Pendidikan Adinistrasi Perkantoran.8(no.3)hal.496.
Pratiwi, Noor Komari, Pengaruh Tingkat Pendidikan, Perhatian Orang Tua, Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia SMK Kesehatan Di Kota Tanggerang, Jurnal Pujangga, Vol 1, no 2, 2015
Ramli, M. 2015. Hakikat Pendidik Dan Peserta Didik. Tarbiyah Islamiyah. No.1. Hal. 61-85.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Samiudin. 2016. Peran Metode Untuk Mencapai Tujuan Pembelajaran. Jurnal Studi Islam. No.2. Hal. 113-131.
Sardiman, A.M. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo.
Sardiman, A.M. 2012. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sadirman (2014) Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Utama.
Sinambela, P.N.J.M. 2010. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (Kajian Teoritis Tentang Evaluasi Kurikulum Dalam Pembelajaran). Generasi Kampus. No. 1. Hal.18-42.
Sugiyono, Metode Penelitian Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, Dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2011.
Sudrajat Jajat. 2020. Kompetensi Guru Di Masa Pandemi Covid.Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis.( 13) . hal.100-110
DOI: https://doi.org/10.33373/hstr.v6i2.3768
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 HISTORIA: Journal of Historical Education Study Program
P-ISSN 2301-8305 E-ISSN 2599-0063
Published by: Program Studi Pendidikan Sejarah, Universitas Riau Kepulauan, Batam, Indonesia.
Jl. Batu Aji Baru No. 99 Batam Propinsi Kepulauan Riau, Batam, Indonesia.
Email; historiaunrika@gmail.com
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.