Penerapan Model Pembelajaran Probing Prompting Mata pelajaran Sejarah dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI IPS di SMA Negerti 8 Batam Tahun Pelajaran 2015/2016. The Effectiveness of Probing Prompting to Increase the Students’ Motivation in History at the Eleven Grade the Science of Social at Senior High School 8 Batam in Academic Year 2015/2016.

Fitri Yanti, Restilawati Restilawati

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran probing prompting. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperimen. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 8 Batam. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik probility sampling. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas XI IPS 1 dan siswa kelas XI IPS 5. Jenis penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan rancangan penelitian dua kelompok sampel yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol.Teknik pengumpulan data menggunakan skala likert, terdiri dari 50 butir soal motivasi dan diuji validitas menggunakan Alpha Cronbac yang menunjukkan indeks reliabilitas yaitu nilai rhitung > rtabel (0,87 > 0,302 ) maka item yang dinyatakan reliabel 25 item digunakan sebagai instrument penelitian. Sebelum dilakukan analisis terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas yang menunjukkan bahwa pada angket berdistrubusi normal dan homogen. Selanjutnya teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t.
Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan motivasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajran probing prompting dan model pembelajaran konvensional menggunakan metode ceramah. Perbedaan tersebut ditunjukkan oleh hasil uji-t yang dilakukan dengan bantuan Miscrosoft Office Exel 2007. Hasil perhitungan uji hipotesis diatas didapatkan uji-t (thitung) sebesar 4.24 sedangkan untuk ttabel dengan dk = n1+ n22 = 44+432 = 85 , taraf signifikan 5% di dapat ttabel 1.988, maka dapat dilihat bahawa thitung > ttabel yaitu 4.24 > 1.999 kemudian dapat ditarik kesimpulan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan dmikian terdapat perbedaan antara motivasi belajar XI IPS 1 dan XI IPS 5
Kata Kunci: Model Pembelajaran Probing Prompting, Mata Pelajaran Sejarah, Motivasi Belajar Siswa.

 

This research has purpose to increase the students’ motivation by using Probing Prompting. This research is quantitative research. The researcher used experimental research. This experimental research was held at the Science of Social at Senior High School 8 Batam with the population in this research is all students at Eleven Grade the Science of Social . The researcher used probility sampling and took sample at the class at the Eleven Grade the First Science of Social as experimental class and the Eleven Grade the Fifth Science of Social as control. The technique of collecting data used liker scale, consist of 50 of motivation questions and validity test by using Alpha Cronbac that showed reliability was rcount > rtable (0.87 > 0.302) so the items that reliable was 25items and used for test instruments. Before the analysis, normality test and homogeneity test was doing by the researcher, and showed that the questionnaire was normal and homogeny. After that, the technique of analyzing data that used was t test.
The result of analysis can be concluded that the use of probing prompting gave significant effect in the students’ motivation in learning process than the use of close procedure, lecturing method. Can be seen by the result of t test was helping by Microsoft Office Excel. The result of hypothesis test was t test (tcount) was 4.24, while ttable was 1.988 with dk =


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi.2011. Dasar-dasar evaluasi evaluasi pendidikan. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Aunurrahman. (2009). Belajar dan pembelajarn. Bandung: Alpabeta.

Gunawan, M.A. 2013. Statistik untuk penelitian. Yogyakarta: Nuha Medika.

Haris, Abdul & Jihad, Asep. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Huda, Miftahul. 2011. Model-model pengajaran dan pembelajaran.

Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Idrus, Muhammad. (2009). Metode penelitian ilmu sosial. Yogyakarta: Penerbit Erlangga.

Islamuddin, Wahyu. 2012. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Karwati, Eusi & Priansa, Juni. 2014. Manejemen kelas (classroomm Management). Bandung: Alpabeta.

Purwanto, M.N. 2010. Psikologi pendidikan. Bandung: Pt. Remaja Rodaskarya.

Rumengan, Jemmy. 2009. Metodologi penelitian. Bandung: Citra Pustaka Media Perintis.

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi pembelajaran. Jakarta: Prenda Media.

Sudjana. 2005. Metode statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. 2013. Penelitian kuantitatif dan kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2011. Statistika untuk penelitian. Bandung: Alfabeta.

Suprapto 2013. Metode penelitian ilmu pendidikan dan ilmu pengetahuan sosial. Yogjakarta: CAPS.

Sutikno, sobry. 2013. Belajar dan pembelajaran. Lombok: Tim holistica.

Uno, Hamzah 2012. Teori motivasi dan pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksa.




DOI: https://doi.org/10.33373/his.v1i2.517

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 HISTORIA

P-ISSN 2301-8305        E-ISSN 2599-0063

Published by: Program Studi Pendidikan Sejarah, Universitas Riau Kepulauan, Batam, Indonesia.

Jl. Batu Aji Baru No. 99 Batam Propinsi Kepulauan Riau, Batam,  Indonesia.

Email; historiaunrika@gmail.com

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.