UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS TERPADU MELALUI METODE TEAM QUIZ KELAS VIII SMP N 35 BATAM TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Elga Mesriani Damanik, Fitri Yanti, Tri - Tarwiyani

Abstract


Metode ceramah masih mendominasi proses pembelajaran IPS Terpadu, guru IPS masih menjelaskan materi dengan buku pelajaran siswa sehingga siswa tidak menjadi antusias dalam belajar di SMP Negeri 35 Batam. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan peningkatan hasil belajar siswa pada ilmu pendidikan sosial (IPS) Terpadu dengan menggunakan Metode Pembelajaran Team Quiz. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan strategi siklus. masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu (1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) pengamatan (observasi), (4) refleksi. Berdasarkan hasil analisis deskriptif observasional, persentase sebelum pra siklus hasil belajar siswa sebesar 62,12% dalam kategori rendah setelah diberikan tindakan menggunakan Metode Pembelajaran Team Quiz pada Siklus I. meningkat menjadi 73,98% pada kategori sedang. Setelah melaksanakan Siklus II, terjadi peningkatan hasil sebesar 84,28% pada kategori tinggi. Dengan demikian, Metode Pembelajaran Team Quiz dapat meningkatkan hasil belajar siswa di SMP Negeri 35 Batam.

Keywords


Hasil Belajar Siswa, IPS Terpadu, Metode Team Quiz.

Full Text:

PDF PDF

References


Agung, Iskandar.(2012).Panduan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru.

Dalvi.(2006).Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa dalam PembelajaranAgama dengan Menggunakan Metode Belajar Aktif Tipe Quiz Team. Jurnal Guru. 3. 1. (Diakses tambahkan tanggal, bulan, 2022).

Hamalik, Oemar. (2005). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hardini, Isriani, dan Dewi Puspitasari.(2012).Strategi Pembelajaran Terpadu (Teori, Konsep, & Implementasi). Yogyakarta: Familia.

Hermanto, Bambang, Eny Winaryati. (2018). Penerapan Model Discovery Learning dengan Variasi Team Quiz sebagai Upaya Peningkatan Aktivitas dan Prestasi Belajar Kimia pada Materi Struktur Atom. Jurnal Nasional Edusainstek FMIPA UNIMU. 526-538. (Diakses tambahkan tanggal, bulan, 2022).

Isnaya Eka Mardianti,(2018). Penggunaan Model TQ (team quiz) dalam Meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran pendidikan agama islam siswa kelas VII SMP N Trimurjo tahun pelajaran 2017/2018. Skripsi Universitas Institut Agama Islam Negeri lain Metro: Trimurjo. Jakarta:Bestari Buana Murni.

Munawaroh. (2013). Panduan Memahami Meteologi Penelitian. Malang: PT Intimedia.

Srijayanti, Ni Putu Sukma, dkk. (2014).Model Pembelajaran Team Quiz Berbantuan Media Gambar Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V. E-Jurnal Mimbar PGSD Undiksha. 2. 1. (Diakses tambahkan tanggal, bulan, 2022).

Trianto.(2010).Model Pembelajaran Terpadu, Konsep, Strategi dan Implementasinya dalam KTSP. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.33373/hjpsps.v9i1.6813

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Historia: Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah

P-ISSN 2301-8305        E-ISSN 2599-0063

Published by: Program Studi Pendidikan Sejarah, Universitas Riau Kepulauan, Batam, Indonesia.

Jl. Batu Aji Baru No. 99 Batam Propinsi Kepulauan Riau, Batam,  Indonesia.

Email; historiaunrika@gmail.com

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.