Perbandingan Metode Snowball Throwing dan Metode Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Sejarah Kelas X SMAN 25 Batam

Anisa Aini, Monika Sari, Novita Mandasari Hutagaol

Abstract


Rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah ditandai dengan belum tercapainya tujuan pembelajaran yang ditetapkan. Hal ini menunjukkan bahwa pemahaman siswa terhadap materi sejarah masih berada pada tingkat rendah. Pembelajaran sejarah yang cenderung membuat siswa jenuh, penggunaan metode pembelajaran yang monoton seperti ceramah, diskusi, dan belum maksimalnya penggunaan metode seperti quiz dan puzzle, menyebabkan siswa merasa bosan. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode snowball throwing dan metode talking stick dalam pembelajaran sejarah di SMA Negeri 25 Batam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas eksperimen (X1), yang menggunakan metode snowball throwing, mencapai hasil belajar yang lebih baik dibandingkan dengan kelas control (X4), yang menggunakan metode talking stick. Terdapat pengaruh signifikan dari penerapan metode snowball throwing terhadap hasil belajar siswa dibandingkan dengan metode talking stick. Metode snowball throwing terbukti lebih efektif dalam meningkatkan pemahaman materi dan pencapaian akademik siswa. Selain itu, metode snowball throwing juga mampu meningkatkan keterlibatan dan partisipasi siswa selama proses pembelajaran, yang berkintibusi pada pemahaman materi yang lebih mendalam

Keywords


Pembelajaran, Metode Pembelajaran, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Amanda, L., Yanuar, F., & Devianto, D. (2019). Uji Validitas dan Reliabilitas Tingkat Partisipasi Politik Masyarakat Kota Padang. Jurnal Matematika UNAND, 8(1), 179.

Besar, M. A. N. A. (2023). Perbandingan Hasil Belajar Menggunakan Model Pembelajaran. 8 (4)

Hera, T., & Elvandari, E. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Explicit Instruction Pada Pembelajaran Tari Daerah Sebagai Dasar Keterampilan Menari Tradisi. Jurnal Sitakara , 6(1), 40-54.

Iii, B. A. B., & Penelitian, M. (2015). Destiana, Anisa 2015

Moqorrobin, F . (2010). Instrumen Penelitian Metodologi Penelitian, 15-20.

Mujyati, N., & Sumiyatun, S. (2016). Kontruksi Pembelajaran Sejarah Melalui Problem Based Learning (Pbl). Historia, 4(2), 81.

Ovartadara, M., Nabara, D., & Fitria, Y .(2022). Pengaruh Model Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Ips Siswa. Didaktik : Jurnal Ikmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 1888-1895.

Purwanto, A., Soedarmo, R. R., & Suryana, A. (2021). Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Sejarah Untuk Meningkatkan Karakter Siswa Di Kelas X Sma Negeri 3 Banjar. J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Rahman, A. (2017). Penerapan Metode Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa No. 1 Pantolobete. Jurnal Kreatif Online, 5(4), 152-165.

Siregar, S. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Hasil Belajar dan Aktivitas Visual Siswa pada Konsep Sistem Indra. BIOTIK: Jurnal Ilmuah Biologi Teknologi Dan Kependidikan, 3(2), 100.

Srijaten, S. (2023) Meningkatkan aktivitas dan hasil belajar ekonomi melalui penerapan metode snowball throwing. Patria Education Journal (PEJ) 3(1), 84-41

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Usmadi, U. (2020). Penguji Prasyarat Analisis (Uji Homogenitas Dan Uji Normalitas). Inovasi Pendidikan, 7(1), 50-62.




DOI: https://doi.org/10.33373/hjpsps.v9i2.7389

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Historia: Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah

P-ISSN 2301-8305        E-ISSN 2599-0063

Published by: Program Studi Pendidikan Sejarah, Universitas Riau Kepulauan, Batam, Indonesia.

Jl. Batu Aji Baru No. 99 Batam Propinsi Kepulauan Riau, Batam,  Indonesia.

Email; historiaunrika@gmail.com

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.