GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN
Zadrak Yohanis Beli
Abstract
Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Pengambilan Keputusan di SMA Kristen Immanuel Batam. Program Studi Pendidikan Sejarah. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau Kepulauan. Bapak Dr. Nasruji, S.Pd. I.,M.M dan Ibu Arnesih, S.g.,M.M selaku pembimbing I dan pembimbing II. Kepemimpinan merupakan sifat pemimpin, artinya unsur-unsur yang terdapat pada seorang pemimpin dalam menjalankan tugas dan kewajibannya, serta merealisasikan visi dan misinya dalam memimpin bawahan, masayarakat dalam lingkungan sosial, organisasi, atau negara. Dengan demikian, makna kepemimpinan bersifat aplikatif dan realistis. Kepemimpinan merupakan daya dan upaya yang dilakukan oleh seseorang, yang menjabat sebagai pemimpin dalam mempengaruhi orang lain agar menjalankan rencana kerja yang sudah ditetapkan demi tercapainya tujuan dengan cara yang efektif dan efisien. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru wali kelas X, XI dan XII serta guru bagian bimbingan konseling dan juga guru bagian kesiswaan serta siswa SMA Kristen Immanuel. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam pengambilan keputusan di SMA Kristen Immanuel cenderung kepada gaya kepemimpinan yang demokratis. Hal ini terlihat dari cara kepala sekolah dalam memecahkan masalah dan mengambil keputusan. Dalam memecahkan masalah dan mengambil keputusan selalu dilakukan dengan rapat, diskusi dan musyawarah kepada staf dan guru-guru kepala sekolah selalu menerima pendapat, kritik dan saran dari bawahan dengan baik, lapang dada dan ikhlas serta berpartisipasi aktif dalam setiap kegiatan yang ada disekolah. Selain itu, kepala sekolah selalu mengembangkan dan mengutamakan rasa persatuan dan kesatuan seperti kebersamaan dan kekompakan
Keywords
Kepala Sekolah, Gaya Kepemimpinan, Demokratis
References
Arifin, H.S. (2012). Leadership Ilmu dan Seni Kepemimpinan. Jakarta: Mitra Wacana Media
Avisha, A. (2017). “Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah: Dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SMA Negeri 1 Bulu”. Skripsi, diterbbitkan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
Basri, H. (2014). Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bandung: PUSTAKA SETIA
Djafri, N. CV (2017). Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah. Yogyakarta: CV BUDI UTAMA Moleong, L.J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Nurhidayati, H. (2018).“Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah: Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di SMK Yayasan Perguruan Bina Satria”. Skripsi, diterbitkan, Universitas Islam Negeri Sumatera Barat Pianda, D. (2018). Kinerja Guru. Bojonggenteng: CV Jejak
Sukamdinata, N.S. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Sunyoto, D., & Susanti, F.E. (2019). Kepemimpinan Manajerial. Yogyakarta: CAPS
Susanto, A. (2016). Manajemen Peningkatan Kinerja Guru. Jakarta: KDT
Turnip, C.T. (2015). “Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah di SMA Menengah Kejuruan Kristen 2 Klatn”. Skripsi, diterbitkan universitas Negeri Yogyakarta
DOI:
https://doi.org/10.33373/hjpsps.v9i2.7638
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Historia: Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah


P-ISSN 2301-8305 E-ISSN 2599-0063
Published by: Program Studi Pendidikan Sejarah, Universitas Riau Kepulauan, Batam, Indonesia.
Jl. Batu Aji Baru No. 99 Batam Propinsi Kepulauan Riau, Batam, Indonesia.
Email; historiaunrika@gmail.com

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.