ANALISIS PENGARUH JADWAL KULIAH MALAM, STATUS BEKERJA DAN LINGKUNGAN KELAS TERHADAP TINGKAT KONSENTRASI KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR MAHASISWA TEKNIK INDUSTRI UNIVERSITAS RIAU KEPULAUAN

Vera Methalina Afma

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa pengaruh jadwal perkuliahan malam, status bekerja dan lingkungan kelas terhadap tingkat konsentrasi mahasiswa Teknik Industri di Universitas Riau Kepulauan.Pada penelitian ini, variabel yang akan diteliti adalah faktor kelelahan mahasiswa, status bekerja dan lingkungan kelas terhadap tingkat konsentrasi mahasiswa. Data pada penelitian ini diperoleh melalui kuesioner persepsi dan kuesioner Standford Sleepiness Scale. Kuesioner akan disebarkan kepada 80 orang mahasiswa Teknik Industri Universitas Riau Kepulauan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa jadwal kuliah malam tidak berpengaruh padatingkat konsentrasi mahasiswa dalam belajar, status bekerja tidak berpengaruh pada tingkat konsentrasi mahasiswa, lingkungan kerja berpengaruh pada tingkat konsentrasi mahasiswa, dan jadwal kuliah malam, status bekerja dan lingkungan kerjasama-samaberpengaruhterhadaptingkatkonsentrasimahasiswa.Adapun luaran yang diharapkan dari penelitian ini adalah jurnal penelitian ilmiah Dimensi Universitas Riau Kepulauan atau Jurnal Profisiensi Program Studi Teknik Industri Universitas Riau Kepulauan dan pengayaan bahan ajar pada mata kuliah Ergonomi

Kata Kunci;jadwalkuliah, status bekerja, lingkungan, Standford Sleepiness Scale

 

The aim of this study is to identify and analyze the effect of learning night schedule , working status and class environment to the concentration of Industrial Engineering students at the Riau KepulauanUniversity. The variables are fatigue factor of student, working status and class environment. The method in this study areperception questionnaires and Stanford Sleepiness Scale that will be distributed to 80 person of Industrial Engineering students of Riau KepulauanUniversity.The  results of this study are schedule is not effect to the  concentration of students, work status is not effect to the  concentration of students, working environment iseffect to the concentration of students, and schedules, working  status and the class environment is together effected to the concentration of students. The expected outcomes of this study is journal Dimensi of Riau KepulauanUniversitasor JournalProficiency of Industrial Engineering Program, Riau KepulauanUniversity and Ergonomic teaching materials.

 

Keywords :schedule, working status, class environment, Standford Sleepiness Scale Questionnaires


Full Text:

PDF

References


Fatona, dkk. 2015. Perbedaan Tingkat Kelelahan Antara Shift Pagi, Sore Dan Malam Pada Perawat Rawat Inap Di RS PKU Aisyiyah Boyolali. Artikel Penelitian. Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surakarta

Hamdani dan Santoso.TT. Usulan Penentuan Jadwal Istirahat Dengan Analisis Ritme Circadian Dalam Upaya Meningkatkan Performansi Pekerja Di Best Jeans Garment. Skripsi. Jurusan Teknik Industri Universitas Kristen Maranatha Bandung

Hidayat, AT. 2011. Analisis Pengaruh Shift Kerja Terhadap Beban Kerja Pekerja di PT. Primarindo Asia Infrastructure, Tbk..Tugas Akhir, Program Studi Teknik Industri, FakultasTeknik, Universitas Islam Bandung

Izzati, RR. 2014. Pengaruh Waktu Perkuliahan Dan Lingkungan Kelas Terhadap Tingkat Konsentrasi Belajar Akuntansi Biaya 2 Pada Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Angkatan 2011 Universitas Muhammadiyah Surakarta. Naskah Publikasi, Universitas Muhammadiyah Surakarta

Jumiati. 2009. Hubungan Antara Waktu Belajar di Sekolah dan Aktivitas Belajar Siswa dalam Proses Pembelajaran Kimia dengan Prestasi Belajar Kimia Kelas X Semester 1 MAN TEMPEL SLEMAN Tahun Ajaran 2008/2009. Skripsi. Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Kartika, D.T. TT. Pengaruh Kebiasaan Belajar Dan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X DI SMA NEGERI 1 Jombang.Skripsi.Fakultas Ekonomi, Unesa, Kampus Ketintang Surabaya

Lestari, I. TT. Pengaruh Waktu Belajar Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. JurnalFormatif 3(2)




DOI: https://doi.org/10.33373/dms.v6i2.1046

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.