EFEKTIVITAS MISSOURI MATHEMATICS PROJECT BERBANTUAN DOMAT DITINJAU DARI HASIL BELAJAR MATEMATIKA SMK TUNAS MUDA BERKARYA BATAM TAHUN AJARAN 2017/2018
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model MMP berbantuan Domat, keefektifan model konvensional serta perbedaan efektivitas model MMP berbantuan Domat dengan model konvensional ditinjau dari hasil belajar matematika di SMK Tunas Muda Berkarya kelas X. Jenis penelitian yaitu eksperimen semu, dengan Posttest-Only Control Group Design. Populasinya seluruh siswa kelas X SMK Tunas Muda Berkarya. Teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling, yaitu X AK (21 siswa)kelas eksperimen dan X AP (21 siswa) kelas kontrol. Dengan menggunakan instrumen soal uraian sebanyak 10 soal, dimana semua butir valid dan nilai reliabilitas 0,77614. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model MMP berbantuan Domat efektif ditinjau dari hasil belajar matematika SMK Tunas Muda Berkarya kelas X dengan thitung (6,36) > ttabel (1,725). Penerapan model konvensional tidak efektif ditinjau dari hasil belajar matematika SMK Tunas Muda Berkarya kelas X dengan thitung (1,537) < ttabel (1,725). Terdapat perbedaan efektivitas model pembelajaran MMP berbantuan Domat dan model konvensional ditinjau dari hasil belajar matematika SMK Tunas Muda Berkarya kelas X dengan thitung (8,962) > ttabel ( 2,021). Jadi dapat disimpulkan bahwa model MMP berbantuan Domat efektif ditinjau dari hasil belajar matematika SMK Tunas Muda Berkarya Batam untuk kelas X. Salah satu saran untuk guru yaitu guru dapat menggunakan model MMP berbantuan Domat sebagai salah satu alternatif model pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar matematka.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arifin, M. Z. (2010). Penerapan Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pokok Fungsi pada Peserta Didik Kelas VIII MTs YASI Kronggen Brati Tahun Pelajaran 2010/ 2011. Skripsi. Semarang: Program Strata 1 Jurusan Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang.
Setiawan. (2008). Strategi Pembelajaran Matematika SMA. Yogyakarta: Depdiknas.
Sholihah, Fitrotus. (2015). Keefektifan Pembelajaran Matematika dengan Model Missouri Mathematics Project terhadap Pemahaman Konseptual dan Prosedural Siswa Kelas-X. Skripsi, Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang.
Suprapto, Heri. (2011). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Pendekatan Permainan Kartu Domino pada Pokok Bahasan Rumus Trigonometri Jumlah Dua Sudut dan Selisih Dua Sudut Siswa Kelas IX Madrasah Aliyah Batamiyah Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi, Perpustakaan UNRIKA.
Susanto, Ahmad. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
DOI: https://doi.org/10.33373/dms.v7i2.1690
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.