PENGARUH KONTROL DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMK NEGERI 4 BATAM
Abstract
Sudjana (2014) menyatakan hasil belajar siswa pada hakikatnya adalah perubahan tingkah laku sebagai hasil belajar yang mencakup bidang kognitif, afektif, dan psikomotorik. Berdasarkan data hasil belajar nilai akhir semester genap pada siswa kelas XI SMK Negeri 4 Batam, siswa kelas XI belum mencapai ketuntasan pembelajaran sehingga nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) masih di bawah angka 75. Hal ini terlihat dari hasil pembagian rapor kelas XI pada semester genap tahun pembelajaran 2015/2016. Rendahnya hasil belajar siswa ini disebabkan oleh salah satu kurangnya kontrol diri siswa terhadap perilaku dalam pembelajaran baik di sekolah maupun di rumah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kontrol diri dengan hasil belajar siswa kelas XI SMK Negeri 4 Batam. Hasil penelitian ini dilaksanakan dengan metode kuantitatif korelasional. Adapun jumlah sampel yang di ambil 45 siswa, dengan menggunakan teknik random sampling. Metode pengumpulan data berupa angket, untuk variabel kontrol diri dan dokumentasi rapor semester genap tahun pelajaran 2015/2016. Menggunakan teknik analisis product moment korelasi SPSS version 20 for windows. Berkaitan dengan masalah yang dirumuskan untuk diteliti dan tujuan yang hendak dicapai, maka hipotesis di dalam penelitian ini, adalah sebagai berikut : Ho artinya tidak terdapat hubungan antara kontrol diri dengan hasil belajar. Ha, terdapat hubungan antara kontrol dengan hasil belajar. Dapat disimpulkan bahwa kontrol diri siswa kelas XI SMK Negeri 4 Batam. Hasil analisis data yang diperoleh pada penelitian ini dengan korelasi product moment dengan pengolahan data statistik dengan hasil korelasi rxy = 0,113 dengan taraf signifikan 0,460 > 0, 05. Hasil kesimpulan Ha ditolak dan Ho diterima artinya dinyatakan tidak terdapat hubungan yang signifikan antara kontrol diri dengan hasil belajar siswa kelas XI SMK Negeri 4 Batam.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Suatu. Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
A Muri Yusuf. 2005. Metode Penelitian Kunatitatif. Kualitatif dan Gabungan.
Anggia Meytasari. (2013). Kontribusi Kontrol Diri Terhadap Kedisiplinan Siswa Di Sekolah Dan Implikasinya Bagi Program Bimbingan Dan Konseling. Universitas Pendidikan Indonesia. Repository. Upi.edu.
Averill, J.R. 1973. Pyschcological Bullentin. Personal Control Over Aversis Stimuli and It’s Relationship to Stress.
Chaplin, J.P. 2002. Kamus Lengkap Psikologi. Raja Grafindo Persada. Jakarta
Calhoun, J.R. & Acocella, J.R. 1990. Pshycology of Adjusment and Human Relationship. New York: Mc.Gow. Hill.Inc.
Chaplin, J.P. 1997. Kamus Lengkap Psikologi. Raja Grafindo Persada. Jakarta
Depdiknas. 2011. Undang –undang RI Nomor 20, Tahun 2003 dan Penjelasannya Jakarta:SL Media
Dimyati. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Yuspika
Elfida, D. 1995. Hubungan Kemampuan Mengontrol Diri dan Kecenderungan Berprilaku Delikuen Pada Remaja. Skripsi (tidak diterbitkan). Fakultas Psikologi: Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.
Gunawan. 2013. Belajar dan Pembelajaran . Jakarta: Prama Publishing
Ghufron, M. Nur, dan Rini R. S. 2010. Teori-teori Psikologi. Jogjakarta: Ar-ruzz media.
Ghozali .2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS: Semarang. Universitas Diponegoro.
Hurlock, E, B. 1990. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga
Hurlock, E, B. 1991. Enclyopedia of Education Research (3rd ed). New York: The Mac Millan. Company.
Hartono. 2014. Pendekatan Model Pembelajaran Berbasis Aktivitas Untuk Meningkatkan Motivasi belajar Aqidah Akhlak Siswa Kelas XI Semester Ganjil Madrasah Aliyah Wali Songo Pucanganom Kebunsari Madiun, Jurnal Ilmiah Pendididkan. Vol 02, 97-105 ISSN : 2354-5968
Jazuli.A.S. 2008. “Perilaku Seksual Remaja Ditinjau dari Kontrol Diri dan Pengetahuan Seksualitas dalam Materi Figh di Pondok Pesantren Pelajar.: Universitas Muhammadiyah. Surakarta.
Jihad. A. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.
Lazarus, R, S. 1991. Pattern of Adjusment. Third Edition. Tokyo: McGraw Hil. Koga Kusha, LTD.
Maisaroh, dan Rostrieningsih. 2010. Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Active Learning Tipe Quiz Team pada Mata Pelajaran Keterampilan Dasar Komunikasi di SMK Negeri 1 Bogor. Vol 8 (2), 16 halaman. Tersedia:
Journal.uny.ac.id/index.php/jep/article/viewFile/571/427/25/Mei/2014.
Musfiqon. 2012. Perkembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Muhid, A. 2009. “Hubungan Antara Self-Control dan Self-Efficacy Dengan Kecendurang Perilaku Prokrastinasi Akademik Mahasiswa. Fakultas Dakwah IAIN Sunan Ampel Surabaya”. Surabaya: Gunadarma.
Muhibbin S. 2010. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Oemar, Hamalik. 2003. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Pendidikan Nasional. Jakarta: Sekretariatan Jenderal Departement Pendidikan Nasional.
Purwanto. 2008. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Purwanto. 2014. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Prayitno. 2009. Wawasan Prosfesional Konseling. UNP
Raodlah. E.F. 2009. “Hubungan Pembinaan dan Kecerdasan Emosi dengan Kontrol Diri Narapidan Lembaga Pemasyarakatan Klas II B Pasuruan”. Fakultas Ilmu Pendidikan: Universitas Negeri Malang.
Rahayu Dyah. D. W.. 2009. “Hubungan Signifikan Antara Kontrol Diri dengan Kecanduan Internet Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP): Universitas Muhamadiyah. Surakarta.
Sudjana. N. 2014. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosdakarya
Santrock, J. W. 2003. Perkembangan Remaja. Jakarta: Erlangga.
Smet. B. 1994. Psikologi Kesehatan. Jakarta: PT. Grasindo.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka cipta.
Santrock. 2007 Psikologi Pendidikan Tri Wibowo. B.S: Jakarta kencana
Sugiyono. 2013. Metode Kuantitatif-Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2013. Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta,cv
Sugiyono. 2013. Statistik Nonparametris, Bandung Alfabeta,cv
Sundayana, H.R 2014, Statistika Penelitian Pendidikan, Bandung: CV. Alfabeta
Sudariyanto. 2014. Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas Belajar tentang Kenampakna Buatan di Wilayah Indonesia dengan Media Visual pada Siswa Kelas V SDN Selodakon 04 Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal, 3,187-198.
Sagita. S 2010. Hubungan Antara Kontrol Diri Dalam Sikap Belajar Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika.” Skripsi, tidak diterbitkan, Universitas Muhamadiyah Pekanbaru Riau.
Usman. 2001. Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Jakarta Multi Pressindo
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem
Wasti, S. 2013. Hubungan Pemberian Reward dengan Hasil Pelajaran Tata Busana di Madrasah Aliyah Negeri 2 Padang. Jurnal,tidak diterbitkan.
Wika, Budiarti,S. 2015. “Hubungan Antara Perhatian Orang Tua Dengan Minat Belajar Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 3 Batam”, skripsi tidak diterbitkan, Universitas Riau Kepulauan, Batam
Widiana dkk. 2004 Skripsi Psikologi Indonesia. 2004 Hubungan Kontrol (self kontrol) dengan JUVENILE DELINQUENSCY pada pelajar SMAN 1 Sooko kabupaten Mojokerto.
Yuniar Rachdianti. 2011. Fakultas Psikologi Regular Universitas Islam Negeri
Syarif Hidayahtulloh: Jakarta.2011
Yulistianingsi. 2015. “Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Penyesuaian Diri Siswa Di SMP Swasta Kartini 1 Batam”. Skripsi tidak diterbitkan, Universitas Riau Kepulauan, Batam
DOI: https://doi.org/10.33373/dms.v7i2.1691
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.