EFEKTIVITAS PENGGUNAAN PLATFORM LMS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS BLENDED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur hasil belajar mahasiwa dengan menggunakan platform Schoology, Canvas, dan Quizlet sebagai media pembelajaran berbasis blended learning. Penelitian ini dilaksanakan di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau Kepulauan. Penelitian ini menggunakan experiment dengan desain pretest-postest. Populasi penelitiannya adalah seluruh mahasiswa semester 6 yang berjumlah 78 orang yang mengambil mata kuliah ERM, dan sampelnya dipilih dengan teknik total sampling. Variable penelitian terdiri atas 3 variabel bebas (X1, X2, X3) dan 1 variabel terikat (Y). Instrument yang digunakan berupa tes tertulis, yang telah di uji validitas dan reabilitasnya.Selanjutnya data penelitian yang diperoleh dianalisis secara statistic menggunakan uji ANOVA satu arah. Hasil penelitian ini (1) terjadi peningkatan hasil belajar mahasiswa menggunakan Schoology berbasis blended learning yang dibuktikan dengan selisih rata-rata skor hasil belajar pretest dan posttes mahasiswa sebesar 8.24. (2) terjadi peningkatan hasil belajar mahasiswa menggunakan Quizlet berbasis blended learning, dibuktikan dengan selisih skor hasil belajar pretest dan posttest sebesar 19,96 poin. (3) peningkatan hasil belajar mahasiswa menggunakan Canvas berbasis blended learning yang dapat dibuktikan dengan selisih skor hasil belajar mahasiswa sebesar 10.41.(4) terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar mahasiswa dengan menggunakan platform LMS yang berbeda yang dapat disimpulkan dari hasil F hitung (3.585) lebih besar dari F tabel (3.150) dan nilai Sig 0.033 yang lebih kecil dari 0.050. Namun demikian platform LMS yang paling baik dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa adalah platformQuizlet. Hal ini dibuktikan dengan tabel Post Hoc yang membandingkan perbedaan rata-rata skor hasil belajar mahasiswa dengan menggunakan platform Schoology, Quizlet, dan Canvas.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aaron Qugley a digital learning environtment to manage all aspects of the learning process.https://www.linkedin.com/learning/learning-management-systems-lms-quick-start/what-is-an-lms.
Daryanto. 2010. Media Pembelajaran: Peranannya Sangat Penting dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.
Eryilmaz. 2015. The Effectiveness of Blended Learning Environtments. Contemporary Issues in Education Rsearch-4th Quarter Vol 8,No 4, Pp 251-256. The Clute Institute.
Ghahari and Golesan. 2013. The Effect of Blended Learning vs Classroom Learning Techniques on Iranian RFL Learners Writing. International Journal of Foreign Language Teaching & Research- vol 1-issue 3- Spring 2013.
Graham, C. R. (2006). Blended learning systems: Definitions, current trends and future directions.https://www.researchgate.net/publication/258834966
Khairul Abdullah. 2012. http://khairulabdullah.com/generasi-alpha-generasi-selepas-xy-z/.
Prensky,Marc .2001. Digital Natives, Digital Immigrants Part 1, On the Horizon, Vol. 9 Issue: 5, pp.1-6, https://doi.org/10.1108/10748120110424816
Tosun. 2015. The Effects of Blended Learning on EFL Student’s Vocabulary Enhancement. Procedia-Social & Behavoiur Science 199 (2015).641-647.
Yana, D., & Darwati, F. F. (2017). The Implementation of Android-Based Application as a Media for Teaching English in Simple Present Tense. Anglo-Saxon,8(2), 158–165.http://journal.unrika.ac.id/index.php/jurnalanglo-saxon/article/view/1215/945
The Departement of Education and Early Childhood Development. 2012.Blended learning. A synthesis of research findings in Victorian Education 2006-2011. Melbourne: NEALS
Undang-Undang Nomor 14, Tahun 2005 tentang guru dan dosen
William Fenton.2018. The Best (LMS) Learning Management Systems for 2018.http://sea.pcmag.com/absorb-lms/10984/guide/the-best-lms-learning-management-systems-for-2018
DOI: https://doi.org/10.33373/dms.v8i1.1816
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.