PENGARUH PERIKLANAN DAN PROMOSI PENJUALAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PERUMAHAN GRIYA PUSPANDARI ASRI TANJUNGPINANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh periklanan dan promosi penjualan terhadap keputusan pembelian pada Perumahan Griya Puspandari Asri Tanjungpinang. Penelitian ini menggunakan metode asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Sampling yang diambil sebanyak 106 konsumen Perumahan Griya Puspandari Asri Tanjungpinang dari 145 populasi dengan menggunakan rumus slovin. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuisioner. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis regresi linear berganda dengan menggunakan uji t, uji F dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel periklanan dan promosi penjualan secara parsial maupun simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen pada Perumahan Puspandari Asri Tanjungpinang. Dengan kontribusi Adjusted R Square sebesar 61,1% keputusan pembelian dipengaruhi oleh periklanan dan promosi penjualan, sedangkan sisanya 38,9% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
A, A. P., M, B. S., & I, F. (2017). A STUDY ON INFLUENCE OF ADVERTISEMENT AND SALES PROMOTION ON CUSTOMER BUYING BEHAVIOUR TOWARDS WESTERN FAST FOOD. INTERCONTINENTAL JOURNAL OF MARKETING RESEARCH REVIEW, 5(7), 25–32.
Amin, H. J., & Ala, A. L. (2014). The Role of Advertisement and Sales Promotion in Student ’ s Choice of Service Providers. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR) ISSN, 15(1), 450–463.
Amin, H. J., & Bashir, A. M. (2014). The Impact of Advertising and Sales Promotion on Initial Purchase , Addition and Change of Existing GSM Networks by Students in Nigeria. International Journal of Business and Management, 9(10), 161–169. https://doi.org/10.5539/ijbm.v9n10p161
Chukwu, B. A., Kanu, E. C., & Ezeabogu, A. N. (2018). THE IMPACT OF ADVERTISING ON CONSUMERS BUYING BEHAVIOUR. International Journal of Arts and Commerce, 8(1), 1–15.
Familmaleki, M., Aghighi, A., & Hamidi, K. (2015). International Journal of Economics & Analyzing the Influence of Sales Promotion on Customer Purchasing. International Journal of Economics & Management Sciences, 4(4). https://doi.org/10.4172/2162-6359.1000
Hermawan, A. (2012). KOMUNIKASI PEMASARAN. Jakarta: Erlangga.
K’ombwayo, C. O., & Iravo, M. A. (2018). The Influence of Consumer Sales Promotion on Buying Behavior of Three-Wheeled Vehicles in Nairobi County. International Journal of Scientific and Research Publications, 8(11), 459–474. https://doi.org/10.29322/IJSRP.8.11.2018.p8350
Kuspriyono, T. (2018). Pengaruh Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Apartemen Meikarta. Jurnal Cakrawala, XVIII(1), 59–66.
Kwan, O. G. (2016). PENGARUH SALES PROMOTION DAN STORE ATMOSPHERE TERHADAP IMPULSE BUYING DENGAN POSITIVE EMOTION SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PLANET SPORTS TUNJUNGAN. Jurnal Manajemen Pemasaran, 10(1), 27–34. https://doi.org/10.9744/pemasaran.10.1.27-34
Maoludyo, F. T., & Aprianingsih, A. (2015). FACTORS INFLUENCING CONSUMER BUYING INTENTION FOR. JOURNAL OF BUSINESS AND MANAGEMENT, 4(4), 484–493.
Marisa, N. (2013). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen terhadap kawasan perumahan mustika plamongan elok semarang. JURNAL SAINS PEMASARAN INDONESIA, XII(3), 301–316.
Nangoy, C. L., & Tumbuan, W. J. F. A. (2018). THE EFFECT OF ADVERTISING AND SALES PROMOTION ON CONSUMER BUYING DECISION OF INDOVISION TV CABLE PROVIDER. Jurnal EMBA, 6(3), 1228–1237.
Neha, S., & Manoj, V. (2013). Impact of Sales Promotion Tools on Consumer ’ s Purchase Decision towards White Good ( Refrigerator ) at Durg and Bhilai Region of CG , India. Research Journal of Management Sciences _, 2(7), 10–14.
Poluan, J. G., Lumintang, G. G., & Untu, V. N. (2016). PENGARUH PERIKLANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MINUMAN COCA COLA (STUDI KASUS PADA PT. BANGUN WENANG BEVERAGE COMPANY MANADO). Jurnal EMBA, 4(3), 671–681.
Priyatno, D. (2012). Cara Kilat Belajar Analisis Data Dengan SPSS 20. Yogyakarta: C.V. Andi Offset.
Sangadji, E., & Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Andi Offset.
Sunyoto, D. (2012). Dasar-dasar Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: CAPS.
Sunyoto, D. (2013). Perilaku Konsumen. Yogyakarta: CAPS.
Tjiptono, F., & Diana, A. (2016). PEMASARAN Esensi & Aplikasi. Yogyakarta: Andi Offset.
Wahyuni, S., & Timmy, N. (2016). PENGARUH PROMOSI PENJUALAN DAN PERIKLANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA TABUNGAN SIMPEDES, PT BANK RAKYAT INDONESIA. Jurnal ADVANCE, 3(1), 1–11.
DOI: https://doi.org/10.33373/dms.v8i1.1827
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.