HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DAN SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI SMA ANANDA BATAM

Eva Solina Sinaga, Nailul Himmi Hasibuan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Hubungan antara motivasi belajar dan hasil belajar matematika. (2) Hubungan antara sosial ekonomi dan hasil belajar matematika. (3) Hubungan motivasi belajar dan sosial ekonomi secara bersama-sama terhadap hasil belajar matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional. Populasi Penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Ananda Batam. Metode Pengamblian sampel dilakukan dengan sampel jenuh dengan total sampel sama dengan total populasi. Instumen penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi. Uji instrumen dilakukan menggunakan uji validitas yaitu validitas konstruk dengan rumus Product Moment dan uji reliabilitas dengan rumus Alpha Cronbach. Uji analisi data menggunakan uji korelasi sederhana dan korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Adanya hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika. (2) Tidak adanya hubungan yang positif dan signifikan antara sosial ekonomi terhadap hasil belajar matematika. (3) Adanya hubungan antara motivasi belajar dan sosial ekonomi orang tua terhadap hasil belajar matematika.


Keywords


Motivasi Belajar, Sosial Ekonomi Orangtua, Hasil Belajar Matematika

Full Text:

PDF

References


Amirono & Daryanto. (2016). Evaluasi dan Penilaian Pembelajaran Kurikulum 2013. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Anni, Chatarina Tri. (2007). Psikologi Belajar. Semarang: UPT UNNES Press.

Djaali. (2012). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Sardiman, A.M. (2012). Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta: Rajawali.

Siregar, Syofian. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif dilengkapi dengan perbandingan perhitungan manual dan SPSS. Jakarta: Kencana.

Slavin, R.E. (2009). Psikologi pendidikan teori dan praktik. Jakarta: PT. Index.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sudjana, Nana. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Uno, Hamsa B. (2011). Profesi Kependidikan, Problem, Solusi, dan Reformasi Pendidikan Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Iskandarwassid & Sunandar, Dadang. (2011). Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

William, G Goode. (2007). Sosiologi keluarga. Terjemahan Laila Hanoum Hasyim, Jakarta: Bumi Aksara.

Yudhawati, Ratna & Haryanto, Dany. (2011). Teori-Teori Dasar Psikologi Pendidikan. Jakarta: Prestasi Pustaka Raya.




DOI: https://doi.org/10.33373/dms.v8i1.1860

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.