Analisis Strategi Bisnis PT. Centrepark Citra Corpora di Teras Kota Mall Tangerang Selatan

Iwan Asmadi, Wilhamdoni Wilhamdoni

Abstract


Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif melalui kombinasi teknik observasi, wawancara, dan kuesioner untuk semua karyawan perusahaan. Berdasarkan hasil analisis disimpulkan kebijakan atau keputusan terbaik yang akan diambil oleh perusahaan dalam rangka memaksimalkan faktor faktor kekuatan dan peluang serta mengatasi ancaman yang kemungkinan akan terjadi dan menemukan rumusan dalam mengatasi kelemahan perusahaan. Dalam matriks IFE adalah 2,94 dan matriks EFE adalah 2,88. Menurut skala 4, posisi internal dan eksternal sebenarnya tidak kuat karena nilai <3 adalah nilai yang kuat. Namun, posisi yang lemah ini cenderung kuat mengingat jaraknya tidak terlalu jauh untuk mencapai nilai 3. Dalam matriks IFE perusahaan tidak berada dalam posisi yang aman dan tidak stabil sehingga perlu meminimalkan kelemahan dan ancaman. Dalam matriks EFE, perusahaan juga harus memaksimalkan kekuatan dan peluang yang ada sehingga posisi perusahaan berada dalam posisi yang lebih baik. Dalam matriks CPM yang menganalisis profil persaingan di mana posisi perusahaan sedikit lebih unggul daripada pesaingnya, PT. Centrepark Citra Corpora dari 3,52, PT. Secure Parking Indonesia bernilai 3,30, Parkir VIP 2,86. Hal ini mengharuskan perusahaan untuk mencoba memaksimalkan kemampuan mereka untuk memenangkan persaingan karena kecenderungan untuk dapat menyalip dan mengalahkan satu sama lain secara terbuka yang tercermin dalam jarak yang sangat rendah antara pesaing.

Keywords


Strategi Bisnis; Analisis Faktor Internal; Analisis Faktor Eksternal; Analisis SWOT

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2009). “Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik”, Jakarta: Rineka Cipta

David, Fred R (2010), “ Manajemen Strategik Konsep-konsep”. Jakarta, Salemba Empat.

Laudon, Kenneth & Laudon, Jane.(2013). Sistem Informasi Manajemen, Edisi ke-13, Jakarta: Salemba Empat.

Nazir, Mohammad. (2005) Metode Penelitian. Jakarta : Ghalia Indonesia

Porter, Michael E dalam Harvard Business Review (2016). Tentang Definisi Manajemen Strategi

Sutanto, AB. (2017). Manajemen Strategik Komprehensif, Edisi ke-16, Jakarta: Salemba Empat.

Siagian, Sondang P, (2007). Teori Dan Praktek Pengambilan Keputusan, Jakarta: Tema Baru.

Swastha, Basu. & Sukotjo, Ibnu. (2010). Pengantar Bisnis Modern, Yogyakarta: Liberty.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Wheelan & Hunger. Strategic Manajemen and Business Policy Massachuset, (http://proeunthat.files.wordpress.com)




DOI: https://doi.org/10.33373/dms.v8i2.2171

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.