IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN ALQURAN METODE UMMI DI SD MUHAMMADIYAH ASEAN BATAM
Abstract
Metode Ummi adalah salah satu metode yang mengajarkan membaca Alquran dengan baik dan benar. Tujuan penulisan artikel ini untuk mendiskripsikan penerapan metode Ummi dan mengetahui kendala yang muncul dalam pembelajaran Alquran di SD Muhammadiyah Asean. Hasil simpulan menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran Alquran metode Ummi di sekolah tersebut dilakukan melalui tujuh tahapan pembelajaran dan keunggulan metode Ummi terletak pada 10 pilar sistem mutu. Kendala yang ditemukan ada 2 dari 3 guru belum tersertifikasi metode Ummi. Hal ini berdampak kepada proses pembelajaran yang masih terdapat kesalahan-kesalahan dalam membaca dan menghafal Alquran karena tahapan penanaman dan pemahaman konsep belum dikuasai oleh guru. Selain itu, koordinator Alquran juga sebagai kepala sekolah dirasa sangat sibuk dengan urusan administrasi persekolahan, sehingga kontroling internal masih sangat kurang.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Al-Qaṭṭān, Mannā‟ Khalīl. 2012. Studi Ilmu-Ilmu Al-Qur’an. Surabaya: CV. Ramsa Putra.
Baihaqi, Muhammad. 2015. Wafa Belajar Alquran Metode Otak Kanan Buku Tilawah Remaja dan Umum. Surabaya: Yayasan Syafa’atul Qur’an Indonesia (YAQIN)
Channa, Liliek. 2010. ’Ulum al-Quran dan Pembelajarannya. Surabaya: Kopertais IV Press
https://ummifoundation.org/detailpost/10-pilar-mutu-ummi-foundation
https://ummifoundation.org/detailpost/7-program-dasar-metode-ummi
https://ummifoundation.org/detailpost/7-tahapan-pembelajaran
https://ummifoundation.org/tentang
Ichwan, Nor. 2002. Memahami Bahasa Alquran Refleksi Atas Persoalan Linguistik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Jabrohim, dkk. 2010. Membumikan Gerakan Ilmu Dalam Muhammadiyah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Madya, Ahmad Shams. 2008. Peta Pembelajaran Alquran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Muzzammil, Ahmad MF, Al Hafizh. 2007. Panduan Tahsin Tilawah Kajian Ilmu Tajwid Tingkat Dasar. Jakarta Timur: Alfin Press.
Santoso, Subhan Adi. 2018. Implementasi Metode Iqra’ dan Metode Tilawati Dalam Pembelajaran Al-Qur’an di Madrasah Diniyah Al-falah Modung Bangkalan. Annaba : Jurnal Pendidikan Islam: 4 (1), 63-80.
Sukmana, Indriyani. 2010. Metode Membaca Alquran (Studi Komparatif Metode Qiraati Dengan Metode Iqra). Skripsi: UIN Syarif Hidayatullah J
DOI: https://doi.org/10.33373/dms.v8i3.2219
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.