ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MADE IN KOREA PADA MAHASISWA DI KOTA TARAKAN

Ahmatang Ahmatang, Irma Adelia Saputri

Abstract


Penelitian ini bertujuaa untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen dalam melakukan pembelian produk made in Korea, penelitian ini mencoba melihat respon dari mahasiswa di tarakan terhadap keputusan pembelian produk Korea. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Korean wave (X1), Perceived Quality (X2), Country of Origin (X3) terhadap Keputusan pembelian (Y1). Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif, populasi penelitian ini adalah mahasiswa yan gada di kota tarakan dengan sampel mahasiswa yang pernah membeli produk korea sebanyak 100 responden, diambil dengan teknik non probability sampling. pengumpulan data dilakukan menggunakan kuisioner, pengeloalaan data menggunakan SPSS 22. Menggunakan metode analisis deskriptif dan analisa regresi linier berganda. Berdasarkan Uji t diketahui variable Korean wave dan perceived quality berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian sedangkan country of origin tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Dengan nilai R Square sebesar 0,253 yang berarti varibel depnden mempunyai pengaruh sebesar 25,3 % sisa nya 74,7% di penagruhi oleh variable diluar penelitian ini.


Keywords


Korean Wave; Perceived Quality; Country of Origin; Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


Apil, A. R. 2016. Foreign product perceptions and country of origin analysis across Black Sea: Studies on Azerbaijan, Bulgaria, Georgia, Russia and Turkey. IBSU Scientific Journal, 1(1), 22-38.

Ghozali, I. 2018. Aplikasi analisis multivariete dengan program IBM SPSS 23. Semarang: UNDIP.

Hair Jr, J., Black, W., Babin, B., Anderson, R., & Tatham, R. 2010. SEM: An introduction. Multivariate data analysis: A global perspective, 5(6), 629-686.

Hamzaoui, L., & Merunka, D. 2016. The impact of country of design and country of manufacture on consumer perceptions of bi‐national products' quality: an empirical model based on the concept of fit. Journal of consumer marketing.

Josiassen, A., & Harzing, A. W. 2018. Comment: Descending from the ivory tower: reflections on the relevance and future of country‐of‐origin research. European Management Review, 5(4), 264-270.

Keller, K. 2013. Strategic brand management: Global edition: Pearson Higher Ed.

Kim, Y. 2013. The Korean wave: Korean media go global: Routledge.

Kotler, P. 2017. Marketing in the public sector: Pearson Education India.

Kotler, P. 2019. Marketing management: A south Asian perspective: Pearson Education India.

Kotler, P., & Armstrong, G. 2010. Principles of marketing: Pearson education.

Kotler, P., & Keller, K. L. 2019. Marketing management (13th end): New Jersey: Pearson Education Inc, Upper Saddle River.

Lee, D., & Ganesh, G. 2019. Effects of partitioned country image in the context of brand image and familiarity. International Marketing Review, 16(1), 18-41.




DOI: https://doi.org/10.33373/dms.v9i3.2726

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.