ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN KONSUMEN
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh kualitas layanan, kualitas produk, dan kepuasan pelanggan PT. Indosat Batam. Variabel kepuasan pelanggan sebagai variabel dependen, sedangkan kualitas layanan, kualitas produk, sebagai variabel independen. Data dikumpulkan melalui kuesioner kepada 50 responden konsumen PT. Indosat Batam. Analisis data pada penelitian ini menggunakan Regresi Linier Berganda dengan SPSS. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan sensus dan teknik pengujian data menggunakan uji reliabilitas, validitas, asumsi klasik dan analisis regresi linier berganda untuk menguji dan membuktikan hipotesis penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Indosat Batam. Kualitas produk berpengaruh tidak signifikan terhadap kepuasan pelanggan PT. Indosat Batam. Semua variabel tersebut berupa pengujian kualitas pelayanan, kualitas produk. secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Indosat Batam.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2018. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Gelora Aksara, Jakarta.
Sugiyono. 2018. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Supranto. 2016. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan. Jakarta: Rineka Cipta: Jakarta.
Swastha Basu dan Irawan. 2010. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty.
Tjiptono, Fandy. 2018. Strategi Pemasaran. Yogyakarta; Penerbit Andi Yogyakarta.
DOI: https://doi.org/10.33373/dms.v9i3.2731
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.