PENGARUH LOKASI USAHA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN

Widodo Ismanto, Zulkifli Zulkifli, T. Munzir, Rona Tanjung, Dini Anggraini

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh lokasi usaha dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan CV. Blue Bros Variabel dalam penelitian ini untuk variabel bebas meliputi lokasi usaha (X1) dan kualitas pelayanan (X2) dan untuk variabel terikat adalah kepuasan pelanggan (Y). Penelitian ini menggunakan data kuantitatif dari sumber primer yang dikumpulkan melalui beberapa kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan CV. Blue Bros dengan 66 orang terlibat. Teknik pengolahan data yang digunakan adalah dengan metode random sampling dimana seluruh stakeholder CV. Blue Bros sebagai sampel dalam penelitian ini. Metode analisis data yang digunakan adalah pengujian instrumen yang dilakukan dengan uji validitas dan reliabilitas. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah metode analisis deskriptif, analisis regresi linier berganda, dan pengujian hipotesis. Hasil pengujian secara parsial menunjukkan lokasi usaha berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Variabel kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan. Untuk hasil pengujian simultan, harga dan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan.

Keywords


Lokasi Usaha; Kualitas Layanan; Kepuasan Pelanggan

Full Text:

PDF

References


Ferdinand, A. 2016. Metode Penelitian Manajemen. Edisi 2. Semarang: BP Universitas Diponegoro.

Hasibuan, M. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Husein, Umar. 2008. Riset Pemasaran. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka.

http://journal.bakrie.ac.id/index.php/jurnal_ilmiah_ub/article/view/235. 20 Maret 2015.

http://core.ac.uk/download/pdf/11735708.pdf. 20 Maret 2015

Indriantoro, N., Supomo, B. 2014. Metodologi Penelitian Bisnis untuk Akuntansi dan Manajemen. Yogyakarta: BPFE.

Ghozali, Imam. 2015. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Kadarisman, 2013. Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rajawali Pers.

Kotler, P. 2015. Manajemen Pemasaran Jilid 1 dan 2. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Kurniasari, Nova. 2013. Analisis Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada Konsumen Waroeng Steak & Shake Cabang Jl. Sriwijaya 11 Semarang). Skripsi S1, Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro Semarang.

Lupiyoadi, Rambat. 2017. Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi kedua. Jakarta: Salemba Empat.

Mangkunegara, Anwar. 2017. Evaluasi Kinerja SDM. Bandung: PT. Refika Aditama.

Manullang. 2012. Manajemen Strategi. Bandung: Ciptapustaka Media Perintis.

Martianawati. 2019. Pengaruh brand image, kualitas pelayanan dan fasilitas SPBU “Pasti Pas” Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Kendaraan Bermotor”. Jurnal. Hal. 1-12.

Nasution, M.N. 2017. Manajemen Jasa Terpadu. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sinaga, D., Simatupang, P., Yusrita. 2013. Kewirausahaan. Medan: Perdana Publishing.

Sumarni, Murti,. dan Soeprihanto, John. 2011. Pengantar Bisnis. Yogyakarta: Liberty.

Sumaini, Novi. 2013. “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian PT. Permata Riau Jaya (Patria Tour and Travel) Batam”. Tesis, Fakultas Ekonomi Jurusan Ekonomi Manajemen Universitas Batam. Tidak dipublikasikan.

Tjiptono, Fandy. 2016. Manajemen Jasa. Edisi Keempat. Yogyakarta: Andi.

Usman dan Akbar. 2016. Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: Bumi Aksara.

Wahdi, Mohamad. 2011. Riset Pemasaran (Teori dan Aplikasi untuk Pengambilan Keputusan). Yogyakarta: CAPS.

Wibowo. 2013. “Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan dan Nilai Pelanggan terhadap Kepuasan Konsumen pada Rumah Makan di Kota Purwokerto”. Jurnal Universitas Negeri Semarang. 15 Maret 2015.

Wijaya, dan Supariani. 2013. “Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Pemasangan Wallpaper Terhadap Kepuasan Konsumen”. Jurnal Program Studi Manajemen, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Kesatuan Bogor, Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.33373/dms.v10i2.3325

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.