PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KEPUASAN PELANGGAN DAN NILAI PELANGGAN DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS PELANGGAN PADA PO.TITIAN MAS CABANG BIMA THE EFFECT OF SERVICE QUALITY, CUSTOMER SATISFACTION AND CUSTOMER VALUE IN INCREASING CUSTOMER LOYALTY AT PO.TITIAN MAS BIMA BRANCH

Astrid Sulastia Ninggrum, Ita Purnama

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui indikator yang dominan pada variabel Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan, Nilai Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan pada po titian mas cabang bima baik secara parsial maupun simultan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis regresi linear berganda. Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi, kuesioner, dan studi pustaka. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : Berdasarkan hasil uji t menunjukkan bahwa secara parsial bahwa variabel Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan dan Nilai pelanggan berpengaruh secara signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan pada po titian mas cabang bima. Hal ini diketahui dari hasil uji t dimana t hitung dari variabel Kualitas Pelayanan sebesar 11,870 , Kepuasan Pelanggan sebesar 2,811 dan Nilai Pelanggan sebesar 3,680 lebih besar dari t tabel sebesar 1,989 atau dapat dilihat dari nilai signifikan varibel Kualitas Pelayanan sebesar 0,000 , Kepuasan Pelanggan sebesar 0,006 dan Nilai Pelanggan sebesar 0,000 < 0,005. 3) Berdasarkan hasil uji F menunjukan bahwa variabel Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan, dan Nilai Pelanggan secara bersama-sama atau simultan berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan pada po titian mas cabang bima. Hal ini diketahui dari hasil uji F, dimana F hitung sebesar 156,131 lebih besar dari F tabel sebesar 2,70 dan nilai sig perhitungan yang diperoleh sebesar 0,000 < 0,05.
Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan, Nilai Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan
Abstract
This study aims to determine the dominant indicators on the variable Service Quality, Customer Satisfaction, Customer Value and Customer Loyalty at the pt. Titian mas cabang bima, both partially and simultaneously. The data analysis technique used in this research is multiple linear regression analysis. The data collection techniques in this study are observation, questionnaires, and literature study The method of data analysis in this study uses the hypothesis testing method. The results of this study indicate that: Based on the t test results indicate that partially that the variable Service Quality, Customer Satisfaction and Customer Value significantly influence Customer Loyalty at the po.titian mas bima. This is known from the results of the t test where t arithmetic from the variable Service Quality of 2.335, Customer Satisfaction of 2.308 and Customer Value of 4.270 is greater than t table of 1.989 or can be seen from the significant value of the variable Service Quality of 0.022, Customer Satisfaction of 0.023 and Customer value of 0,000 <0.005. 3) Based on the results of the F test shows that the variable Service Quality, Customer Satisfaction, and Customer Value together or simultaneously have a significant effect on Customer Loyalty at the Grand Citra Lubuk Buaya Supermarket in Koto Tangah Padang. This is known from the results of the F test, where the F count of 32.924 is greater than the F table of 2.70 and the sig calculation value obtained is 0,000 <0.05.
Keywords: Service Quality, Customer Satisfaction, Customer Value and Customer Loyalty

Full Text:

PDF

References


REFERENSI

Aryani, Dwi dan Rosinta, Febrina. 2010. Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan. Jurnal Ilmu Administrasi dan Organisasi. Volume 17, Nomor 2.

Fandy, Tjiptono, 2014. Manajemen Jasa, Yogyakarta. Andi

Fandy Tjiptono dan Gregorius Chandra. 2012. Service, Quality Satisfaction. Jogjakarta: Andi Offset.

Frendy.2011: Metode Penelitian Untuk Bisnis, Jakarta. Salemba Empat.

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Griffin, Jill. 2010. Customer Loyalty, Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan.Alih Bahasa Dwi Kartini Yahya. Jakarta: Erlangga.

Hurriyati. 2014. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: ALFABETHA

Kotler, Philip., Keller, Kevin L. 2013., Manajemen Pemasaran Jilid Kedua,Jakarta: Erlangga.

Kotler, Phillip and Kevin Lane Keller, 2016. Marketing Management, 15 th ed, Pearson Education Limited, New York.

Lupiyoadi, Rambat. 2014. Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi 3. Jakarta: Salemba Empat

Ratih S. Ratnasari, 2015. Pengaruh Kualitas Layanan Dan Nilai Pelanggan Terhadap Kepuasan Serta Dampaknya Pada Kepercayaan Pelanggan PT.Mitra Intertrans Forwarding Cabang Palu e-Jurnal Katalogis. Vol. 3 No 1

Siwantara, Wayan. 2011. Pengaruh Nilai pelanggan Terhadap Kepuasan dan Lotalitas Pelanggan Serta Kinerja Customer Realationship Management (Studi Pada Halo Corporation PT. Telkomsel Bali). Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan. 7 (3).

Siti Munish. 2015. Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Nilai Pelanggan Dan Kepuasan Pelanggan Dan Dampaknya Pada Loyalitas Pelanggan Apotek Dela Semarang. Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers. Fakultas Ekonomika Dan Bisnis. Universitas Stikubank Semarang.

Sugiati, Tinik, Armanu Thoyib, Djumilah Hadiwidjoyo, and Margono Setiawan. 2013. “The Role of Customer Value on Satisfaction and Loyalty (Study on Hypermart’s Customers).” International Journal of Business and Management Invention ISSN (Online 2 (6)

Sugiyono. 2016. Metode penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. Alfabeta.

Starini, Hygid. 2013. Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Konsumendengan Kepuasan sebagai Variabel Mediasi (Studi Pada Toko Basuki JayaYogyakarta). Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Yulianta Restuadhi, 2015. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Nilai Pelanggan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Hotel Siliwangi Semarang. Jurnal Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Diponegoro.Tandelilin, E. (2001). Analisis Investasi dan Manajemen Portofolio. yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.33373/dms.v10i3.3383

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.