KARAKTERISTIK CELEBRITY ENDORSER UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELI KOSMETIK ”W” DI SURABAYA

WIWIEK HARWIKI, ANGGHA WAHYU HIDAYAT

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengalisis pengaruh simultan daya tarik, keterpercayaan, dan keahlian celebrity endorser terhadap minat beli dan pengaruh parsial daya tarik terhadap minat beli, keterpercayaan terhadap minta beli, serta keahlian terhadap minat beli produk kosmetik ” W” di Surabaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel secara random. Hasil kuesioner yang bisa diolah berjumlah 180. Metode penelitian digunakan untuk menjelaskan peristiwa sosial dan alam secara spesifik. Analisis data bersifat statistik untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan, sedangkan pendekatan deskriptif untuk mendeskripsikan objek penelitian dan hasil penelitian. Penelitian ini berhasil membuktikan bahwa daya tarik, keterpercayaan, dan keahlian secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap minat beli, sedangkan secara parsial daya tarik berpengaruh tidak signifikan terhadap minat beli; tetapi keterpercayaan berpengaruh signifikan terhadap minat beli, demikian pula pengaruh keahlian terhadap minat beli. Penelitian lanjutan perlu dilakukan pada sektor jasa karena masih memberikan peluang yang cukup besar bagi peneliti lain.

Keywords


daya tarik, keterpercayaan, keahlian, minat beli

Full Text:

PDF

References


Alma, B. 2017. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Alfabeta. Bandung

Andriani, F. 2019. Pengaruh Celebrity Endorser Dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Minat Beli Dan Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Konsumen Zoya Fashion dan Hijab). Univеrsitas Brawijaya Malang

Anistiari, Puspo. 2019. Analisis Pengaruh Daya Tarik, Kepercayaan, Dan Keahlian Celebrity Endorser Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Empiris Perusahaan E-Commerce Shopee). Universitas Muhammadiyah Surakarta

Boyd, J. 2018. Consumer Psychology. Mc Graw Hill Education. United Kingdom

Durianto, Sugiarto, Widjaja dan Supratikno, 2013. Inovasi Pasar Dengan

Iklan Yang Efektif. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan program SPSS. Edisi Ketujuh. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang

Heruwati, Eni. 2010. Analisis Pengaruh Daya Tarik Kredibilitas dan Keahlian Selebrity Endorser terhadap Brand Awareness dan Keputusan Pembelian. Universitas Diponegoro Semarang

Hidayati, N. 2013, The Impact of the School Safety Zone on Passenger Car Equivalent Values in Indonesian Urban Roads, Thesis, The University of Leeds.

Kottler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Erlangga. Jakarta.

Permatasari, Berlintina. 2019. Pengaruh Daya Tarik, Kepercayaan, Dan Keahlian Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian. Universitas Teknokrat Indonesia Bandarlampung

Shimp, Terence A. 2003. Periklanan Promosi: Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Erlangga. Jakarta

Sigit, Soehardi. 2001. Pengantar Metodologi Penelitian Sosial, Bisnis, Manajemen. BPFE, UST. Yogyakarta

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. Cetakan 26, Alfabeta. Bandung

Prasojo, E. 2019. Pengaruh Celebrity Endorsement Terhadap Minat Beli Melalui Brand Image. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Fakultas Bisnis UKDW. 14 (2). 83-98

Utami, LFW,. 2019. Pengaruh Daya Tarik,Keahlian Kepercayaan Beauty Vlogger Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Kosmetik. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.




DOI: https://doi.org/10.33373/dms.v10i3.3554

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.