STRATEGI PENGEMBANGAN PEMASARAN USAHA OLAHAN NANAS: PENDEKATAN ANALISIS SWOT DAN MATRIKS IFAS-EFAS

Indri Murniawaty, Tri Wangiyanti, Nina Farliana

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis kondisi lingkungan intenal dan eksternal serta strategi pengembangan pemasaran yang dilakukan oleh usaha olahan nanas madu. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian dilakukan di UMKM nanas madu Tri Sekawan, yang beralamat di Desa Beluk Rt 08/03 Kecamatan Belik Kabupaten Pemalang. Informan penelitian ini adalah pelaku UMKM berjumlah 3 orang. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis matriks SWOT dan Matriks IE. Perumusan alternatif strategi menggunakan matriks SWOT dihasilkan empat alternatif pengembangan pemasaran Usaha Olahan Nanas Madu Tiga Sekawan yaitu (1) Mempertahankan harga produk yang sesuai dengan pangsa pasar dan mempererat hubungan dengan pemerintah Kabupaten Pemalang; (2) Mempertahankan harga produk yang sesuai dengan pangsa pasar dan meningkatkan inovasi jenis olahan nanas madu; (3) Meningkatkan pemasaran produk agar lebih optimal dan mempererat hubungan dengan pemerintah Kabupaten Pemalang; (4) Meningkatkan pemasaran produk agar lebih optimal dan meningkatkan inovasi jenis olahan nanas madu.

Keywords


Pemasaran; Usaha Olahan; Analisis SWOT; Matriks IE

Full Text:

PDF

References


Aliyah, R., Gumilar, I., & Maulina, I. (2015). Strategi Pengembangan Usaha Pengolahan Abon Ikan (Studi Kasus Rumah Abon di Kota Bandung). Jurnal Perikanan Kelautan, 6(2).

Andriani, A. (2018). Saya Indonesia, Negara Maritim Jati Diri Negaraku. CV Jejak (Jejak Publisher).

Aysa, I. R. (2020). Strategi Pengembangan Ekonomi Kreatif di Era Digital. Jurnal At-Tamwil: Kajian Ekonomi Syariah, 2(2), 121–138.

Badarab, F., Trihayuningtyas, E., & Suryadana, M. L. (2017). Strategi Pengembangan Destinasi Pariwisata di Kepulauan Togean Provinsi Sulawesi Tengah. THE Journal: Tourism and Hospitality Essentials Journal, 7(2), 97–112.

David, F. R. (2012). Manajemen Strategis. Salemba Empat.

Dharasta, Y. S. M. A., Dyahjatmayanti, D., & Nieamah, K. F. (2017). Analisis SWOT Desa Wisata di Kabupaten Sleman Yogyakarta. Jurnal Manajemen, 7(2), 42–50.

Fretes, P. N. D. (2017). Pengaruh dana perimbangan, pendapatan asli daerah, dan pertumbuhan ekonomi terhadap indeks pembangunan manusia di Kabupaten Kepulauan Yapen. Jurnal Akuntansi & Ekonomi FE. UN PGRI Kediri, 2(2), 1–33.

Hamidah, N. A., & Haqi, M. S. (2019). Strategi Pemasaran dan Analisis SWOT sebagai Pengembangan Usaha Kedai. MARGIN ECO, 3(2), 14–29.

Hasni, T. R. (2013). Faktor yang mempengaruhi Volume Penyaluran Kredit Mikro, Kecil, dan Menengah (MKM) di PT Bank Sumatra Utara. Doctoral dissertation, UNIMED.

Indrayani, L. (2019). Upaya Strategis Pengelolaan Limbah Industri Batik Dalam Mewujudkan Batik Ramah Lingkungan. In Prosiding Seminar Nasional Industri Kerajinan Dan Batik, 1(1).

Kristiyanti, M., & Rahmasari, L. (2015). Website sebagai media pemasaran produk-produk unggulan umkm di Kota Semarang. Jurnal Aplikasi Manajemen, 13(2), 186–196.

Lie, L., & Kis, I. (2008). Mendorong Pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah Dengan Program–Program Berbasis Knowledge Management. Dinamika Ekonomi, 1(1), 24484.

Mahrany, Y. (2012). Pengaruh Indikator Komposit Indeks Pembangunan Manusia terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Sulawesi Selatan. Jurnal: Sarjana Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Hasanuddin, Makassar.

Rahmayati, R. (2015). Analisis Swot Dalam Menentukan Strategi Pemasaran Udang Beku PT. Mustika Mina Nusa Aurora Tarakan, Kalimantan Utara. Jurnal Galung Tropika, 4(1), 60–67.

Rizal, A., Fajar, M., & Rosidah, R. (2019). Analisis Strategi Pemasaran Benih Ikan Patin (Pangasius sp) di Pembenihan Ikan Farm Ita, Jakarta Selatan. Akuatika Indonesia, 4(1), 17–23.

Sari, D. P., & Oktafianto, A. (2017). Penentuan Strategi Bisnis Menggunakan Analisis SWOT dan Matriks IFAS-EFAS Pada CV. Dinasty. In Seminar Nasional IENACO, 238–245.

Setiana, R. (2015). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERKEMBANGAN SKALA USAHA UMKM SEKTOR PERTANIAN DI KECAMATAN CIAWIGEBANG–KUNINGAN (Studi pada UMKM Sektor Pertanian Binaan Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Kuningan). Doctoral dissertation, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Siregar, R. T., Purba, T., Manurung, T. S., Albaihaqi, U., Pulungan, U. Y. S., Purba, V. A., ... & Ginting, W. R. B. (2021). Ekonomi Pembangunan: Tinjauan Manajemen dan Implementasi Pembanguan Daerah. Yayasan Kita Menulis.

Sudarismiati, A., & Ibrahim, M. Y. (2017). STRATEGI PEMBERDAYAAN UMKM PENGHASIL KERAJINAN KERANG DAN KAYU DALAM MENGHADAPI MASYARAKAT EKONOMI ASEAN (MEA) (Studi Kasus UMKM di Kec. Panarukan Kab. Situbondo). CERMIN: Jurnal Penelitian, 1(1), 59–72.

Sukatmadiredja, N. R., & Rosita, W. M. (2019). STRATEGI PEMASARAN MELALUI ANALISIS SWOT PADA PERUSAHAAN KOPI LOKAL. Ecopreneur, 12(2), 12–25.

Sutiarkoro, A. (2018). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Katalog Rainbow Creative Semarang Dengan Menggunakan Metode Swot. Industrial Engineering Online Journal, 7(2).




DOI: https://doi.org/10.33373/dms.v11i2.3866

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.