PENGARUH BRAND AWARENESS DAN BRAND POSITIONING TERHADAP PEMBELIAN PRODUK CHOCOLATOS PT GARUDAFOOD JAKARTA
Abstract
Penulis menggunakan metode penelitian kuantitatif dan cara yang digunakan untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian ini adalah dengan metode observasi, penyebaran kuisioner, dan dokumentasi dengan jumlah sampel sebanyak 93 responden dari jumlah populasi 121 orang konsumen PT Garudafood Jakarta. Dalam penelitian ini data diolah dengan menggunakan SPSS versi 26 untuk melakukan uji validitas, reliabilitas, persamaan regresi linier berganda, dan koefisien determinasi. Ringkasan hasil penelitian pengaruh brand awareness dan brand positioning terhadap pembelian produk memiliki pengaruh yang kuat ditunjukan dari nilai korelasi sebesar 0,784, dengan hasil kontribusi yang diberika brand awareness dan brand positioning terhadap pembelian produk yaitu sebesar 63% dan sisanya 37% dipengaruhi oleh faktor yang lain yang tidak penulis teliti. Hasil persamaan regresi linier berganda menunjukan bahwa Y = 0,793X1 + 0,265X2 yang berarti Brand awareness (0,793) dan Brand positioning (0,265). Diperoleh hasil dari uji F pada regresi linier berganda nilai signifikansi 0 < dari 0,05, maka Brand Awareness (X1) dan Brand Positioning (X2) mempunyai pengaruh yang kuat terhadap Pembelian Produk (Y).
Full Text:
PDFReferences
Arianty, N., & Andira, A. (2021). Pengaruh Brand Image dan Brand Awareness terhadap Keputusan Pembelian.
Assegaff, R. T., & Soekotjo, H. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Iklan Televisi Terhadap Keputusan Pembelian Berdampak Pada Loyalitas. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen.
Ernawati, I., & Islamiyah, W. R. (2019). Uji Validitas Dan Reliabilitas Kuesioner Kepatuhan Mgls (Morisky, Green, Levine Adherence Scale) Versi Bahasa Indonesia Terhadap Pasien Epilepsi. Jurnal Ilmiah Ibnu Sina, 4(2), 452–459.
Febrian, S. M. (2018). Pengaruh Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Produk Zara.
Firmansyah, D. M. A. (2019). Pemasaran Produk dan Merek Planning dan Strategy. Pasuruan: Qiara Media.
Gunawan, I., & Benty, Djum Djum Noor, Kusumaningrum, Desi Eri, Sumarsono, Raden Bambang, Sari, Dika Novita, Pratiwi, Firda Dwi, Ningsih, Sari Oktavia, Hui, L. K. (2019). Validitas Dan Reliabilitas Angket Keterampilan Manajerial Mahasiswa. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 2(4), 247–257. https://doi.org/10.17977/um027v2i42019p247
Kusuma, A. H. P., & Acai, Agung, Siti, Syafrida, Astri, Salmiah, Darmawan, J. (2020). Brand Management: Esensi, Posisi dan Strategi (A. Rikki, ed.). Yayasan Kita Menulis.
Maps, G. (n.d.). Maps Garudafood. Retrieved from ttps://www.google.com/maps/search/garudafood/@-6.2493124,106.7736883,14z/data=!3m1!4b1
Memey, & Siagian, H. L. (2019). Pengaruh Brand Positioning Dan Brand Equity Terhadap Keputusan Pembelian Kendaraan. Jurnal Terapan Ilmu Manajemen Dan Bisnis, 2(1).
Muttaqin, S., & Wihaha, A. (2020). Pengaruh Brand Positioning Dan Customer Relationship Management Terhadap Tingkat Loyalitas Nasabah Mikro: Studi Kasus: Bank …. E-Journal Widya Ekonomika, 2(September 2017). Retrieved from http://e-journal.jurwidyakop3.com/index.php/ekonomika/article/view/382
PT Garudafood. (n.d.). Struktur Organisasi. Retrieved from https://garudafood.com/struktur-organisasi-id
Ramadayanti, F. (2019). Peran Brand Awereness terhadap Keputusan Pembelian Produk. Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, 6(2), 111–116. https://doi.org/10.21107/jsmb.v6i2.6690
Roisah, R., & Hakim, Mukminin. (2018). Strategi Membangun Brand Awareness Pada Usaha Mikro Kecil Menengah. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol. 1 No. 2 Agustus 2018, Hal. 340-347, 1(2), 340–347.
Sari, L. (2018). Pengaruh Brand Positioning dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung (Studi pada Konsumen Kelurahan/Desa Pantai Gemi. Retrieved from http://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/5272
Syahrani, A. L. Al. (2018). Pengaruh Customer Loyalty Dan Brand Positioning Terhadap [15]Keputusan Pembelian Konsumen Di Syari’ah Bakery Tulungagung. Retrieved from http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/7935
Wasil, M. (2018). Pengaruh Brand Awareness, Brand Association, dan Percieved Quality. Forum Ekonomi, 19(2), 137. https://doi.org/10.29264/jfor.v19i2.2120
Yuliara, I. M. (2016). Modul Regresi Linier Berganda. Regresi Linier Berganda, 18.
DOI: https://doi.org/10.33373/dms.v11i2.3976
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.