PENETAPAN HARGA PRODUK DAN PENGGUNAAN DUKUNGAN SELEBRITI MEMPENGARUHI KONSUMEN DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN MIE INSTANT SEDAAP

Surya Bintarti, Nindi Elise, Ergo Nurpatria Kurniawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penetapan harga dan penggunaan dukungan selebriti secara parsial terhadap keputusan pembelian produk mie instant merek sedaap. Metode pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah nonprobability sampling yaitu degan metode purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 orang yaitu orang yang pernah membeli mie instant merek sedaap dan pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner googleform, data yang telah dikumpulkan di uji kevalidan nya dengan uji validitas dan reliabilitas, tehnik analisa data menggunakan bantuan program SmartPLS. Berdasarkan uji Analisa pada obyek penelitian mie instant merek sedaap menunjukkan bahwa : (1) Penetapan harga atas produk mie instant merek sedaap secara signifikan cukup berpengaruh positive (sebesar 53.1%) terhadap keputusan pembelian kosumennya. (2) Penggunaan dukungan selebriti atas produk mie instat merek sedaap secara signifikan berpengaruh positive lemah (karena hanya sebesar 22.8%) terhadap keputusan pembelian konsumennya.


Keywords


Dukungan Selebriti, Harga, Keputusan pembelian

Full Text:

PDF

References


Bloomberg, & Databoks, d. (2018). Indofood Kuasai 71% Pasar Mi Instan Indonesia. Retrieved from Databoks: https://databoks.katadata.co.id/data publish/2017/01/30/indofood- kuasai-71-pasar-mi-instan- indonesia

Cahya, F. M. (2019). Analisis celebrity endorsement, variasi produk dan brand image terhadap keputusn pembelian produk rabbani. Jurnal Ilmu Manajemen, e-ISSN:2623- 2081, p-ISSN: 2089-8177, volume 09 Issue 1.

CDMI. (2017). Persaingan industri mie di Indonesia. Retrieved from CDMI: https://www.cdmione.com/persaing an-industri-mie-di-indonesia/

Cheah, J. H., & at al. (2019). The effect of selfie promotion and celebrity endorsed advertisement on decision-making processes. Internet Research, Vol. 29 No. 3, pp. 552-

ISSN: 1066-2243. Retrieved from https://doi.org/10.1108/IntR- 12-2017-0530

Chin. (2020). Partial least square konsep, teknik dan aplikasi menggunakan program SmartPls 3.0 Edisi 2. Semarang: Badan Penerbit – Undip.

Chin, & N. d. (2020). Partial least square konsep, teknik dan aplikasi menggunakan program SmartPls 3.0. Semarang: Badan Penerbit - Undip.

Dinawan. (2018 : 187). Pengaruh produk, harga, promosi, dan tempat terhadap kputusan pembelian mobil di PT. ASTRA INTERNATIONAL TBK MALALAYANG. Jurnal EMBA, Vol.4 No.1 Maret 2016, Hal. 472- 483.

Evald, & Nilsen, V. (2013). Effect of celebrity endorsement on telecommunication companies’ reputation. Management Research Review, Vol. 42 No. 12, 2019 pp. 1297-1314. doi:10.1108/MRR-12- 2018-0470

Febriani, R., Abdi, M., & Khairusy. (2020). Analisis pengaruh celebriy endorser/brand ambasador, harga dan desain produkyang dimediasi oleh citra merek tehadap keputusan pembelian di online shop shopee. Jurnal Pendid ikan, Akuntansi dan Keuangan, Vol 3No. 1, Februari 2020, E-ISSN 2622-7037 |P-ISSN 2623-0763.

Fornell, & L. d. (2020). Partial least square konsep, teknik dan aplikasi menggunakan program SmartPls 3.0 Edisi 2. Semarang: Undip.

Gabler. (2015). Managing brand meaning through celebrity endorsement. Review of Marketing Research, Vol.12, ISSN: 1548-6435, 343-373.

Ghozali, I., & Latan, H. (2015). Partial Least Square. Konsep, teknik, aplikasi Menggunakan Smart PLS 3.0 Edisi Semarang: Undip.

Ghozali, I., & Latan, H. (2020). Partial least square, teknik dan aplikasi menggunakan Program SmartPls 3.0 Edisi 2. Semarang: Undip.

Hair, & at all dalam Imam Ghozali dan Hengky Latan. (2020). Partial least square konsep, teknik dan Aplikasi menggunakan Program SmartPls 3.0 Edisi 2. Semarang: Undip.

Indraswari, & Pramudana. (2014). Analisi pengaruh celebrity endorser/ brand ambasador harga, dan desain produk yang dimediasi oleh citra marek. Jurnal Pendidikan, Akuntansi dan Keuangan, Vol 3 No. 1, 3(1), 91-109.

J.R, H. (2018). An exammmination of the factor affecting consumer"a purchase decision in the Malaysia retail market. PSU Research Revies, Vol. 2 No. 1, pp. 7-23.

Kartika, D. (2020). Daftar Harga Terbaru Mie Instan 1 Dus di Pasaran.

Kim, at al, & Gob. (2018). Effect of celebrity endorsement on telecommunication companies’ reputation. Management Research Review, Vol. 42 No. 12, 2019 pp. 1297-1314 .

Kim, et all, Chung, & et al. (2013;2018). Effect of celebrity endorsement on telecommunication companies’ reputation. Management Research Review, Vol. 42 No. 12, 2019 pp. 1297-1314. doi:10.1108/MRR-12- 2018-0470

Kotler, & Amstrong. (2017). Pengaruh kualitas produk, harga, promosi dan lokasi terhadap keputusan pembelian konsumen di Bentenan Center Sonder Minahasa. Jurnal EMBA, Vol.2 No.3 September 2014, Hal. 1737-1749.

Kotler, & Amstrong. (2019). "An examination of the factors affecting consumer’s purchase decision in the Malaysian retail market. PSU Research Review, Vol. 2 No. 1, pp. 7-23. doi:10.1108/prr-08-2017- 0034

Kotler, & Amstrong. (2019). Kualita produk, harga, promosi dan kualitas pelayanan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian spring bed comforta. Jurnal EMBA, Vol.1 No.4 Desember 2013, iSSN 2303-1174, Hal. 607-618 I.

Kotler, & Amstrong. (2019). Kualitas produk, harga, promosi dan kualitas pelayanan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian spring bed comforta. Jurnal EMBA, Vol.1 No.4 Desember 2013, Hal. 607-618.

Kotler, & Amstrong. (2012:52). Pengaruh kualitas prroduk, harga, promosi dan brand image terhadap keputusan

pembelian produk aqua di kota Pati. JURNAL STIE SEMARANG, VOL 8, NO 2, Edisi Juni 2016 (ISSN : 2252- 826) , Hal. 101.

Kotler, & Keller. (2019). peran brand image memediasi pengaruh celebrity endorser terhadap purchase intention. E-Journal Manajemen, Vol.2 No.3 September 2014, ISSN 2303-1174, Hal. 1737- 1749.

Leonardo, & Erdiansyah, R. (2020). Pengaruh celebritye endorsement dan perceived advertising value terhadap keputusan pembelian di Fore Coffee. Prologia, Vol. 4, No. 2, Oktober 2020, Hal 229-236.

Likert. (2013). skala pengukuran dan jumlah respon skala likert. Jurnal Ilmu Pertanian dan Perikanan, Vol. 2 No. 2 c ISSN 2302-6308

McGinnies, & Ward. (2016). How the type of sports-related endorser influences consumers’ purchase intentions. International Journal of Sports Marketing and Sponsorship, Vol. 22 No. 3, pp. 588-607. doi:10.1108/IJSMS-01-2020-0009

Mutsikiwa, & Marumbwa. (2013). Effects of perfume packaging on Basque female consumers purchase decision in Spain. Management Decision, Vol. 56 No. 8, 2018 pp. 1748-1768. doi:10.1108/MD-04- 2017-0363

Mybest. (2021). 10 rekomendasi mie sedaap terbaik. Retrieved from Mybest: https://my-best.id/136966

Ravaja. (2013). Hedonic product discounts: When is the price right? Nankai Business Review International, Vol. 5 No. 4, 2014 pp. 356-364. doi:10.1108/NBRI-03-2014

Roscoe dalam Ferdinand 2011 dalam Gilang Bagaskara at al, 2. (2011). Analisis kepuasan warung upnormal di Kelapa Gading. Prosiding BIEMA Business Management, Economic, and Accounting National Seminar, Volume 1, 2020 | ISSN 2746 – 7910 Hal. 683 – 700 .

Managing brand meaning through celebrity endorsement. Review of Marketing Research, Vol. 12, ISSN: 1548-6435.

Sholihin, & Ratmono. (2013). structural equation modelwith partial least square (SEM-PLS) of plece dependence with land use change. journal of International Studie, Vol.14, No.1, 2021, 153-171. doi:10.14254/2071-8330.2021/14- 1/11

Stephanie, & et al. (2013). Peran brand image memediasi pengaruh celebrity endorse terhadap purchase intention. E-Jurnal Manajemen, Vol. 8, No. 8, 2019 :5164-5181 ISSN : 2302-8912 , Hal. 5168. Retrieved from https://doi.org/10.24843/EJMUNU D.2019.v08.i08.p17v

Stone, & Geisser dalam Imam Ghozali dan Hengky Latan. (2020). Partial least square, teknik danaplikasi menggunakan Program SmartPls 3.0 Edisi 2. Semarang: Undip.

Sugiyono. (2016 :7). Pengaruh kualitas pelayan dan harga terhadap kepuasan pelanggan. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB), Vol.4, No.1 Februari 2019: P-ISSN 2527–7502 E-ISSN 258, Hal. 37 - 44.

Sugiyono. (2016). Pengaruh kualitas pelayan dan harga terhadap kepuasan pelanggan. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB), Vol.4, No.1 Februari 2019: P-ISSN 2527–7502 E-ISSN 258, Hal. 37 - 44. Retrieved from https://doi.org/10.36226/jrmb.v4i1. 240

Sugiyono. (2016). Pengaruh motivasi dab gaya kepemimpinan terhadap produktivitas kerja pada karyawan bagian produksi di PT Tuntex Garment Indonesia. Journal of Industry Engineering & Manajemen, Vol. 1 No. 1 June 2020 e – ISSN 2272 - 8878, Hal. 70 – 82.

Sugiyono. (2017). Pengaruh kualitas pelayan dan harga terhadap kepuasan pelanggan. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB), Vol.4, No.1 Februari 2019.P-SSN 2527–7502 E-ISSN 2581-2165

Sumiati, & Gea, D. (2021). pengaruh harga, brand image dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian produk bermerek pada PT Bernofarm. Jurnal Manajemen Universitas Bung Hatta, Vol. 16,No.1, Januari 2021, ISSN : 1907-6576 (print)ISSN : 2615- 5370(online) .

Swasta. (2009:147). Pengaruh harga, produk, promosi dan tempat terhadap keputusan pembelian mobil di PT Astra Internasional Tbk Malalayang. Jurnal EMBA, Vol.4 No.1 Maret 2016, Hal. 472-483.

Tafakoer. (2020). Mie Sedaap, Sang Pendatang Baru yang Mengusik Pasar Mie Instan. Retrieved from KASKUS Plus:

Wang, & Hariadja. (2016). Analisis celebrity endorsement, variasi produk, dan brand image tehadap keputusan pemeblian produk rabbani. Jurnal Ilmu Manajemen, Vol 9 issue 1, e- ISSN:2623-2081, p-ISSN: 2089- 8177.doi:10.32502/jimn.vXiX.XX XX.

Wold dalam Imam Ghozali dan Hengky Latan. (2020). Partial least square. Konsep, teknik dan aplikasi menggunakan Program SmartPls 3.0” Edisi 2. Semarang: Undip.

Yang, 2., McCorrmick, 2., & Aaker, 2. (2016;2017). Effect of celebrity endorsement on telecommunication companies’ reputation. Management Research Review, Vol. 42 No. 12, 2019 pp. 1297-1314. doi:10.1108/MRR-12-2018-0470




DOI: https://doi.org/10.33373/dms.v11i2.3992

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.