PENGARUH KUALITAS LAYANAN, HARGA DAN RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA LAYANAN TRANSPORTASI GOJEK

Sri Langgeng Handayani, Ahmad Syarifudin

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, harga dan relationship marketing terhadap kepuasan konsumen pada pelayanan jasa transportasi gojek. Penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian asosiatif kausal dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian dilakukan dengan menyebar kuesioner pada responden sebanyak 100 mahasiswa menggunakan ojek online Gojek di Universitas Pelita Bangsa. Teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini yaitu non probability sampling dengan pengambilan sampel secara incidental yang secara kebetuan bertemu dengan peneliti, dengan metode analisis yang digunakan yaitu regresi linier berganda maupun sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara sederhana maupun berganda terdapat pengaruh antara kualitas pelayanan, harga dan relationship marketing terhadap kepuasan konsumen pada pelayanan jasa transportasi gojek. Hasil statistik uji F diperoleh nilai F hitung sebesar 470.111 > F tabel 2.699 dengan signifikansi 0.000 lebih kecil dari 0,05.


Keywords


Kualitas Pelayanan, Harga, Relationship Marketing dan Kepuasan Konsumen

Full Text:

PDF

References


Akbar, Rizky Satria. 2020. “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Melalui Loyalitas Konsumen Go-Jek”. Jurnal STEI Ekonomi, Vol XX, No. XX, Bulan 2020. Hal. 1-23.

Alma, Buchari 2016. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Apriyani, Dwi Aliyyah dan Sunarti. 2017. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Survei pada Konsumen the Little a Coffee Shop Sidoarjo)” Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol. 51 No. 2 Oktober 2017. Hal. 1-7.

Arikunto, Suharsini. 2014. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik.mJakarta: Rineka Cipta.

Ariyanto, Aris. 2019. “The Influence of Price and Service Quality on Customer Satisfaction at PT Sarana Estate”. Jurnal Administrare: Jurnal Pemikiran Ilmiah dan Pendidikan Administrasi Perkantoran, Vol. 6, No. 2, July- December 2019, Pages 217-228, p-ISSN: 2407-1765, e-ISSN: 2541-1306, Homepage: ttp://ojs.unm.ac.id/index.php/administrare/index.

Assauri, Sofjan. 2014. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Bintari, Surya. 2015. Metodologi Penelitian Ekonomi Manajemen. Jakarta: Mira Wacana Media Manajemen.

Bungin, Burhan. 2011. Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik dan Ilmu Sosial lainnya. Jakarta: Putra Grafika

Chan, S. 2013. Relationship Marketing: Inovasi Pemasaran yang Membuat Pelanggan Bertekuk lutut. Cetakan Kedua. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete: Dengan Program IBM SPSS 23. Semarang. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Goetsch, L. Davis. 2000. Quality Management for Production, Processing, and Services. Columbus: Prentice Hall.

Gofur, Abdul. 2019. “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan”. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT. Vol. 4 No. 1 Februari 2019; 37-44. P-ISSN: 2527-7502; E-ISSN: 2581-2165.

Hasan, Ali. 2013. Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. Yogyakarta: CAPS. Hardiyansyah. 2011. Kualitas Pelayanan Publik Konsep, Dimensi, Indikator dan Implementasinya. Yogyakarta: Gava Media.

Irawan, Handi. 2009. 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Istiqomawati, Arum. 2017. “Pengaruh Dimensi Relationship Marketing Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah Pada BPR Argodana Pudak Payung Semarang”. Jurnal EKOBISTEK, Vol. 18 No. 1, Januari 2017. Hal. 28-39.

Jogiyanto, Hartono. 2008. Metodelogi Penelitian Sistem Informasi. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Kotler, Philip dan Amstrong, Gary. 2013. Principles of Marketing, 15th Edition, Pearson Education Limited.

Kotler dan Keller, 2017. Manajemen Pemasaran, Edisi 12, Jilid 1. Jakarta: PT. Indeks,

Metarani, Raden Roro Ayu. 2020. “Effect of Service Quality and Price on Customer Satisfaction at Kartika Candra in Jakarta” Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Publik: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Administrasi Publik Volume 10 Number 1, January– June 2020. Page 113-122, p-ISSN: 2086-6364, e-ISSN: 2549-7499, Homepage: http://ojs.unm.ac.id/iap.

Maulana, Ade Syarif. 2016. “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan PT. TOI”. Jurnal Ekonomi Vol. 7 No. 2, Nopember 2016. Hal. 113-124.

Notoatmodjo, S. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Palmatier, Robert W. 2008. Relationship Marketing. USA: Marketing Science Institute, Inc. Copyright 2015 MSI.

Panjaitan, Januar Efendi dan Yulianti, Ai Lili. 2016. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada JNE Cabang Bandung” DeReMa Jurnal Manajemen Vol. 11 No. 2, September 2016. Hal. 265-289.

Parasuraman, A. Zeithaml dan Berry, L. Leonard. 1991. A Marketing services. New york: The Free Press.

Paris, Yusran., Rahman P, Sundari dan Rahmawati, Deli. 2020. “Pengaruh Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Jasa Travel” Bongaya Journal of Research in Management. Vol. 3 No. 2 Tahun 2020. Hal. 21-27. E-ISSN: 2615-8868.

Priansa, Donni Junni. 2017. Perilaku Konsumen Dalam Bisnis Kontemporer. Bandung: Alfabeta.

Priyatno, Duwi. 2017. Panduan Praktis Olah Data Menggunakan SPSS. Yogyakarta: Andi Publisher.

Putra, Marcellino Gerald dan Suwitho. 2019 “Pengaruh Relationship Marketing dan Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Toko Djajar Putra”. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, Volume 8, Nomor 11, November 2019. Hal. 1- 16. E-ISSN: 2461-0593.

Safrizal. 2015. “Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen pada Restoran Ayam Penyet Pak Ulis di Kota Langsa”. Jurnal Manajemen dan Keuangan, Vol. 4 No. 1, Mei 2015

Sangadji & Sopiah. 2013. Perilaku Konsumen: Pendekatan Praktis Disertai Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta: Andi.

Santoso, Singgih. 2015. Menguasai Statistik Multivariat: Konsep Dasar dan Aplikasi Dengan SPSS. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Sarandang, Gabriel., Soegoto, Agus Supandi dan Ogi, Imelda. 2014. “Pemasaran Relasional, Kualitas Produk, dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Produk Mie Steven Pada UD. Sehati”. Jurnal EMBA, Vo. 2 No. 3 September 2014, Hal. 644-653, ISSN: 2303-1174.

Silaen, Sofar. 2018. Metodologi Penelitian Sosial Untuk Penulisan Skripsi dan Tesis. Edisi Revisi. Bogor: In Media.

Sintya, Lumintan Intan., Lapian, S.L.H.V. Joyce dan Karuntu, Merlyn M. 2108. “Pengaruh Harga dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Transportasi Go-Jek Online Pada Mahasiswa FEB Unsrat Manado”. Jurnal EMBA, Vol. 6 No. 3 Juli, Hal. 1778-1787. ISSN: 2303-1174.

Sugiyono. 2018. Statikstika Untuk Penelitian. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sunyoto, Danang. 2015. Strategi Pemasaran. Cetakan pertama. Yogyakarta: CAPS (Center for Academic Publishing Service).

Swastha, Basu. 2012. Manajemen Pemasaran: Analisa dan Perilaku Konsumen. Yogyakarta. BPFE UGM

Tjiptono, Fandy. 2015. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Tjiptono, Fandy dan Chandra, Gregorius. 2020. Service, Quality dan Satisfaction. Edisi 5. Yogyakarta: Andi.

Toriman, Muhammad dan Asnawati. 2016. “Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Kepuasan Konsumen”. Jurnal Manajemen, Volume 8, (1), 2016. ISSN print: 2085-6911, ISSN online: 2528-1518.

Ubaidillah., Rohman, Fatchur dan Rofiaty. 2017. “Pengaruh Relationship Marketing dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah”. (Studi Pada Nasabah Funding Bank Sinarmas Kantor Cabang Padang). Jurnal Bisnis dan Manajemen. Vol. 4 No. 1 Januari 2017. Hal: 99- 110.

Wibowo S. 2006. Relationship Marketing Inputs Terhadap Customer Loyalty Pada Industry Hospitality di Surabaya.

Wulansari, Retno. 2020. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Indomaret Cabang Pondok Ranji. Jurnal Ekonomi Efektif, Vol. 2 No. 4, Juli 2020. Hal: 563-569 ISSN: 2622-8882; E-ISSN: 2622- 9935.




DOI: https://doi.org/10.33373/dms.v11i2.4115

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.