PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL, KECERDASAN SPIRITUAL, KECERDASAN LINGUISTIK, DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL TERHADAP KINERJA GURU
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah menguji dan menganalisis pengaruh kecerdasan emosional terhadap kinerja guru, menguji dan menganalisis pengaruh kecerdasan spiritual terhadap kinerja guru, menguji dan menganalisis pengaruh kecerdasan linguistik terhadap kinerja guru, menguji dan menganalisis pengaruh komunikasi interpersonal terhadap kinerja guru. Populasi penelitian ini adalah guru SD Maitreyawira Batam yang berjumlah 80 orang. Sampel penelitian sebanyak 80 orang, diambil dengan teknik sampel sensus. Data diperoleh dengan menyebarkan kuesioner, kemudian dianalisis dengan menggunakan uji regresi linier berganda dan uji hipotesis dengan menggunakan aplikasi SPSS versi 26. Hasil penelitian ini yaitu kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual, kecerdasan linguistik, dan komunikasi interpersonal berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru, baik secara parsial maupun simultan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agoes, Sukrisno dan I Cenik Ardana. 2014. Etika Bisnis dan Profesi. Jakarta: Salemba Empat.
Agustian, Ary Ginanjar. 2016. Emotional Spiritual Quotient. Jakarta: Arga Tilanta.
Anggraini, Marina Ghanis. 2021. “Pengaruh Komunikasi Interpersonal Dosen Pembimbing terhadap Motivasi Mahasiswa dalam Menyusun Skripsi (Studi pada Mahasiswa Fisipol Universitas Muhannadiyah Lampung Angkatan 2017”. Intercode Jurnal Ilmu Komunikasi, Vol.1, No.2 (September 2021) hlm. 92-104. E-ISSN: 2775-8745. P-ISSN: 2776-0693.
Anwar, A. S. 2020. “Pengembangan Sikap Profesionalisme Guru Melalui Kinerja Guru Pada Satuan Pendidikan Mts Negeri 1 Serang”. Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 147–173. https://rb.gy/62osax
Ariyanti, Meva. 2016. “Pengaruh Komunikasi Interpersonal terhadap Kinerja Guru dan Motivasi Kerja sebagai Variabel Intervening (Studi di SMA Negeri 01 Mukomuko)”. Tesis Magister Pendidikan di Universitas Terbuka.
Arianty, N., Bahagia, R., Lubis, A. A., & Siswadi, Y. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Medan: Perdana Publishing.
Armstrong, Thomas. 2013. Kecerdasan Multiple di dalam Kelas. Edisi Ketiga. Jakarta Barat: Permata Puri Media.
Artana, M. B., Herawati, N. T., & Atmadja, A. W. 2014. “Pengaruh Kecerdasan Intelektual (IQ), Kecerdasan Emosional (EQ), Kecerdasan Spiritual (SQ), dan Perilaku Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi”. E- Jurnal S1 Ak Universitas Pendidikan Ganesha.
Auliana, Rini Adriani dan Endang Sri Andayani. 2021. “Pengaruh Kecerdasan Logika-Matematika, Kecerdasan Intrapersonal, dan Kecerdasan Interpersonal terhadap Pemahaman Pengantar Akuntansi”. Perspektif-Jurnal Ekonomi dan Manajemen Universitas Bina Sarana Informatika, Vol.19 No.1, Maret 2021. P-ISSN: 1411-8637, e-ISSN: 2550-1178.
Azwar, S. 2015. Sikap Manusia. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
BSNP versi 6.0.11 Tahun 2008 https://rb.gy/qb7cfd
Cangara, H. 2016. Pengantar Ilmu Komunikasi. Edisi 2, Cetakan ke-17. Jakarta: Rajawali Pers.
Chatib, Munif. 2013. Gurunya Manusia: Menjadikan Semua Anak Istimewa dan Semua Anak Juara. Bandung:Kaifa.
Dhanawaty, N.M., Satyawati, M.S., Widarsini, N.P.N. 2017. Pengantar linguistik umum. Denpasar: Pustaka Larasan.
Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.
DePotter, Bobbi. 2013 Quantum Teaching: Mempraktikkan Quantum Learning di Kelas-kelas. Bandung:Kaifa.
Ekowati, Sri, dkk. 2020. “Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, dan Kecerdasan Spiritual terhadap Kinerja Guru SDN Kecamatan Pino Bengkulu Selatan”. Jurnal Entrepeneur dan Manajemen Sain, Vol.1, No.1, Januari 2020. Hal. 10-19.
Ervinia, Putu Neta, dkk. 2021. “Pengaruh Kecerdasan Spiritual, Kecerdasan Emosional, dan Penerapan Budaya Tri Hita Karana terhadap Kecenderungan Kecurangan Akuntansi (Fraud) pada Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Buleleng”. Jurnal Hita, edisi Januari 2021.
Goleman, D. 2016. Emosional Intelligence mengapa EI lebih penting daripada IQ. Jakarta: Gramedia.
Hanafi. 2016. “Pemilihan Profesi Berdasarkan Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligences)”. Jurnal Kajian Keislaman Vol. 3. No. 1, Januari- Juni 2016.
Hanah, Siti. 2019. “Analisis Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, dan Kecerdasan Spiritual terhadap Kinerja Karyawan RS Pelni Jakarta”. Scientific Journal of Reflection. Vol.2 No.3 Juli 2019.
Hasibuan, M. S. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta:Bumi Aksara.
Hartanti, A. S., & Yuniarsih, T. 2018. “Pengaruh Kompetensi Profesional Guru dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Di Sekolah Menengah Kejuruan”. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(1), 167. https://rb.gy/ovwmnd.
Hidayat, Rais. 2017. “Perilaku Etis Dosen dalam Perspektif Efikasi Diri, Kepemimpinan, dan Komunikasi Interpersonal”. Jurnal Pedagonal. Vol.1 No.1. E-ISSN: 2550-0406.
Immah, F., Sukidin, S., & Kartini, T. 2020. “Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Terhadap Kinerja Guru Di Sma Negeri 01 Kalisat Tahun Pelajaran 2018/2019”. Jurnal Kontribusi Kompetensi Profesional dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru 42 Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, 14(1), 253. https://rb.gy/pjyvoo
Jufrizen, J., & Kanditha, E. S. (2021). “The Effect of Organizational Justice on Employee Performance by Job Satisfaction as an Intervening Variable”. Jurnal Kajian Manajemen Bisnis, 10(1), 1–17.
Juhro, Hasibuan. 2021. “Pengaruh Kecerdasan Verbal Linguistik dan Interpersonal terhadap Keaktifan Belajar Siswa pada Pembelajaran PAI di SMPN se-Kecamatan Padang Bolak”. Tesis di UIN Sultan Syarif Kasim Riau.
Kartono, Kartini. 2014. Pemimpin dan Kepemimpinan. Jakarta: Rajawali.
Kosasih, Nandang. 2013. Pembelajaran Quantum dan Optimalisasi Kecerdasan. Bandung: Alfabeta.
Kurniawati 2016. Pengembangan Sumber Daya Manusia. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Kusnara. 2013. “Pengaruh Komunikasi Interpersonal dan Kecerdasan Emosional terhadap Efektivitas Kerja Guru di UPTD Pendidikan Kecamatan Cibingbin Kabupaten Kuningan”. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pascasarjana Administrasi Pendidikan. Vol.1 No.1. Januari 2013.
Lisnawati. 2016. “Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Kinerja Auditor pada Inspektorat Kota Kendari”. Jurnal Universitas Halu Uleo.
Mangkunegara, A. P. 2017. Evaluasi Kinerja SDM. Bandung: Refika Aditama.
Mudhar dan Maghfirotul Lathifah. 2021. “Kecerdasan Emosi Guru dalam Iklim Sekolah Multikultural”. Jurnal Bimbingan dan Konseling. UNIPA SBY.
Muklasin, Ali. 2013. “Pengembangan Kecerdasan Spiritual dalam Meningkatkan Sumber Daya Guru: Studi Multikasus di SDI Al-Fath Pare dan MIN Doko Ngasem Kabupaten Kediri”. Tesis di Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Muliastuti, L. (2014). Linguistik Umum. Tangerang: Penerbit Universitas Terbuka.
Muljanto, Mediana. 2021. “Pengaruh Konsep Diri dan Komunikasi Interpersonal terhadap Kesiapan Kerja pada Generasi Milenial”. Psikoborneo Jurnal Ilmiah Psikologi Vol.9 No.1 p-ISSN: 2477-2666. E-ISSN: 2477-2674.
Mustafa Iberahim. 2016. Pola Kinerja Guru. Dosen ULM Banjarmasin.
Nana Surahmad. 2016. Kinerja Guru dan Dosen. UNJ Jakarta.
Nawawi, Hadari. 2013. Kepemimpinan yang Efektif. Yogyakarta: Gadjahmada Press.
Nurfaizi, Mohammad Nabil dan Ismail. 2021. “Kemampuan Komunikasi Matematika SMA dalam Menyelesaikan Soal Cerita Program Linear Ditinjau dari Kecerdasan Linguistik”. Jurnal Pendidikan dan Teknologi Pembelajaran Eduteach. Vol.2 Nomor 1, Januari 2021:1-15.
Oviyanti, Fitri. 2019. “Urgensi Kecerdasan Interpersonal bagi Guru”. Jurnal Tadrib, Vol. III, No.1, Juni 2017.
Pasek, Nyoman S. 2016. “Pengaruh Kecerdasan Intelektual Terhadap Pemahaman Akuntansi Dengan Kecerdasan Emosi dan Kecerdasan Spiritual sebagai Variabel Moderasi”. Jurnal Ilmiah Akuntansi. 1(1), 62-76.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru.
Peraturan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. https://rb.gy/fwdku8
Permendiknas Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. https://rb.gy/hxipct
Pooya, A., Barfoei, H. R., Kargozar, N., & Maleki, F. (2013). Relationship between Emotional Intelligence and Conflict Management Strategies, 2(7), 37–42. Retrieved from https://rb.gy/v5mfjx
DOI: https://doi.org/10.33373/dms.v11i2.4124
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.