PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) DENGAN INKUIRI BERBASIS MODEL PADA MATERI REAKSI REDOKS PADA TINGKAT SMA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa lembar kerja siswa dengan inkuiri berbasis model pada materi reaksi redoks pada tingkat SMA/MA. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Objek penelitian ini adalah bahan ajar berupa lembar kerja siswa (LKS) dengan inkuiri berbasis model. Instrumen pada penelitian ini adalah lembar validasi yang digunakan untuk mengetahui kesesuaian lembar kerja siswa dengan tahapan-tahapan inkuiri berbasis model yang divalidasi oleh tiga validator, lembar observasi dan angket respon siswa. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah uji validitas, analisis data rspon guru dan analisis data respon siswa. Hasilnya dinyatakan sesuai dengan beberapa perbaikan. Lembar kerja siswa yang telah divalidasi diuji cobakan secara terbatas terhadap siswa kelas X di salah satu sekolah menengah atas Negeri di Bandung Barat. Hasil uji coba menunjukkan lembar kerja siswa yang dikembangkan dapat mengurangi miskonsepsi yang dialami siswa pada materi reaksi redoks. Respon guru dan siswa positif terhadap bahan ajar berupa lembar kerja siswa dengan inkuiri berbasis model pada materi reaksi redoks pada sekolah menengah atas yang dikembangkan.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.33373/dms.v11i2.4166
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.