PENGARUH KEMUDAHAN DAN KEYAKINAN MENGGUNAKAN E-COMMERCE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE (STUDI KASUS PADA PENGGUNAAN SHOPEE) THE EFFECT OF EASY AND CONFIDENCE USING E-COMMERCE ON ONLINE PURCHASE DECISIONS (CASE STUDY ON USING SHOPEE)

Tri Mila Wulandari, Intisari Haryanti

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kemudahan dan keyakinan menggunakan E-Commerceterhadap keputusan pembelian online (studi kasus pada penggunaan Shopee). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian asosiatif dengan jenis data kuantitatif dari sumber data primer. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner dengan skala likert. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu seluruh pengguna Shopee yang ada di Kota Bima yang tidak diketahui secara pasti jumlahnya (Unknown Population). Dikarenakan populasinya tidak dikatahui secara pasti untuk menentukan jumlah sampel dalam populasi yang tidak diketahui maka digunakan rumus cochran dan dan diperoleh sampel sebanyak 96 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, kuesioner dan studi pustaka. Teknik analisa data yang digunakan yaitu uji validitas, uji relibilitas, uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolinearitas, uji autokorelasi dan uji heterokedastisitas), analisis regresi linear berganda, koefisien korelasi berganda, uji determinasi, uji f dan uji t. Hasil  penelitian menunjukan bahwa kemudahan dan keyakinan berpengaruh terhadap keputusan pembelian online (studi kasus pada penggunaan Shopee dengan tingkat hubungan kuat dan besarnya pengaruh tersebut adalah sebesar sebesar 0,372 atau 37,2%, sedangkan sisanya 62,8% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini seperti kualitas produk, harga dan variabel-variabel lainnya.

Kata Kunci : Kemudahan; Keyakinan;Keputusan Pembelian

 

Abstract

The purpose of the study to determine and analyze the effect of ease and confidence in using E-Commerce on online purchasing decisions (a case study on the use of Shopee). This study uses associative research with quantitative data types from primary data sources. The research instrument used in this study was a questionnaire with a Likert scale. The population used in this study is all Shopee users in Bima City whose number is not known for certain (Unknown Population). Because the population is not known for certain to determine the number of samples in the unknown population, the Cochran formula is used and a sample of 96 people is obtained. Data collection techniques used are observation, questionnaires and literature study. The data analysis techniques used are validity test, reliability test, classical assumption test (normality test, multicollinearity test, autocorrelation test and heteroscedasticity test), multiple linear regression analysis, multiple correlation coefficient, determination test, f test and t test. The results show that convenience and confidence affect online purchasing decisions (a case study on the use of Shopee with a strong relationship level and the magnitude of the influence is 0.372 or 37.2%, while the remaining 62.8% is influenced by other factors not examined in this study). this research such as product quality, price and other variables.

 

Keywords: Ease;Confidance;Purchasing Decision 

 


Full Text:

PDF

References


Achmad, G. N., Jannah, S.S. 2021. “Pengaruh Fitur E-Commerce Terhadap Keputusan Pembelian.” MABNY : Journal of Sharia Management and Business 1(2): 166–72.

Ardyanto, D. 2015. “Pengaruh Kemudahan Dan Kepercayaan Menggunakan E-Commerce Terhadap Keputusan Pembelian Online (Survei Pada Konsumen Www.Petersaysdenim.Com).” Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya 22(1): 85897.

Arikunto, S. 2016. Prosedur Penelitian Suatu Pendektan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Artaya, I.P. 2018. “Pengaruh Sikap Dan Keyakinan Konsumen Dalam Keputusan Pembelian Tepung Terigu Merek Gunung Bromo Produk PT. Bogasari Flour Mils Surabaya.” BISMA (Bisnis dan Manajemen) 1(1): 64.

Azwar, S. 2016. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Ningsih,D., Haryanti, I. 2021. “Pengaruh Motivasi Dan Sikap Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Vario 150cc (Studi Pada Pengguna Honda Vario 150cc).” Ekuivalensi Jurnal Eko nomi B i s n is 7(1): 205–11.

Ghozali, I. 2016. “Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8).” Cetakan ke VIII. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro 96.

Isnawati, N. 2019. “Pengaruh Kemudahan, Kualitas Pelayanan, Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Pada Aplikasi Instagram Di Jakarta Timur ( Studi Pada Pengguna Instagram Di Jakarta Timur ).” Jurnal STEI Ekonom 2(2): 1–19.

JL, A. A., Yusa, V.D. 2019. “Pengaruh Kepercayaan ( Trust ) Menggunakan E- Commerce Terhadap Keputusan Pembelian Online.” Jurnal Bisnis 05(01): 13–22.

Kotler, and Keller. 2014. Manajemen Pemasaran. 11th ed. Jakarta: Erlangga.

Lupiyaodi, R.,, and A Hamdani. 2014. “Manajemen Pemasaran Jasa.”

Mambu, T. R., Tampi, J. R. E., & Mukuan, Danny, D. S. 2021. “Kepercayaan Konsumen, Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Aplikasi E-Commerce Shopee Di Kota Tondano.” Productivity 2(1): 79–84.

Mantauv, C.S. 2019. “Pengaruh Kepercayaan Dan Kemudahan Menggunakan E-Commerce Terhadap Keputusan.” Jurnal Elektronik REKAMAN (Riset Ekonomi Bidang Manajemen dan Akuntansi) 3(1): 15–22.

Riduwan. 2015. Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Rihardiansyah, M. R. 2020. “Pengaruh Kemudahan Dan Kepercayaan Menggunakan E-Commerce Terhadap Keputusan Pembelian Online. JBME:Jurnal Bisnis Dan Manajemen Ekonom 18(1): 170–82.

Romla, S., Ratnawati, A. 2018. “Keputusan Pembelian E-Commerce Melalui Kemudahan Penggunaan, Kualitas Informasi Dan Kualitas Interaksi Layanan Web.” Jurnal Ekonomi dan Bisnis 19(1): 59.

Sugiyono. 2016. Bandung: Alfabeta Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D.

Wardani, Dian Permata Sari dan Rr. Tri Istining. 2020. “Pengaruh Kepercayaan Dan Kemudahan Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Di Situs E-Commerce Shopee”, Jurnal Aplikasi Bisnis.” Jurnal Aplikasi Bisnis 6(1): 81–84.




DOI: https://doi.org/10.33373/dms.v11i3.4176

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.