PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KEPUASAN KERJA PEGAWAI DI DINAS PENDAPATAN KOTA BATAM
Abstract
Setiap organisasi akan berusaha untuk selalu meningkatkan kinerja pegawainya demi tercapainya tujuan yang telah ditetapkan organisasi. Menurut Prawiro, dalam (Tika, 2006) mengemukakan bahwa kinerja adalah hasil yang dicapai seseorang atau sekelompok orang dalam suatu organisasi dalam rangka mencapai tujuan organisasi dalam periode tertentu. Berbagai cara dapat ditenpuh organisasi dalam meningkatkan kinerja pegawainya diantaranya dengan mewujudkan kepuasan kerja pegawai melalui kepemimpinan dan budaya organisasi.
Kepemimpinan dalam organisasi dalam organisasi pemerintahan mempunyai peranan yang cukup penting. Dikarenakan kesuksesan atau kegagalan dalam pelaksanaan tugas dan penyelenggaraan pemerintah, akan dipengaruhi oleh kepemimpinan. Kepemimpinan didukung oleh kapasitas organisasi pemerintah yang memadai, maka penyelengaraan tata pemerintahan yang baik ( Good Governance ) akan terwujud, sebaliknya kelemahan kepemimpinan merupakan salah satu sebab keruntuhan kinerja birokrasi di Indonesia.
Menurut Hasibuan ( 2003 ) “ Kepemimpinan adalah cara seseorang pemimpin mempengaruhi perilaku bawahan agar mau bekerja sama dan bekerja secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan organisasi “. Dengan demikian kepemimpinan ( leadership ) dapat dikatakan sebagai cara dari seseorang pemimpin ( leader ) dalam mengarahkan, mendorong dan mengatur seluruh pegawai untuk mencapai suatu tujuan organisasi yang diinginkan. Kemampuan pemimpin dalam mengerakkan dan memberdayakan pegawai akan mempengaruhi kinerja. Pemimpin dikatakan tidak berhasil jika tidak bisa memotivasi, menggerakkan, dan memuaskan pegawai pada suatu pekerjaan dan lingkungan tertentu.
Olehkarena itu seorang pemimpin perlu mempunyai gaya kepemimpinan, dan apabila gaya kepemimpinan yang diterapkan dapat dengan tepat mengarahkan tujuan organisasi dengan aspek-aspek atau tujuan yang diharapkan pegawai atas atas pekerjannya maka semakin tinggi kepuasan kerjanya. Gaya kepemimpinan yang baik akan mampu memberikan dorongan dalam diri pegawai untuk melaksanakan tugasnya dengan semangat dan gembira, sehingga akan dapat menghasilkan kinerja yang baik. Dengan meningkatkan kinerja pegawai berarti tercapainya hasil kerja pegawai dalam mewujudkan tujuan organisasi.
Full Text:
PDFReferences
Byars, 1984, “ Manajemen Sumber Daya Manusia “, Andi Offset, Yogjakrta, 2001.
Dharma, Agus, SH , Med, 1991 ; Manajemen Prestasi Kerja, Jakarta : Rajawali Pres
Dessler, Garry, 1992, “ Manajemen Sumber Daya Manusia “, PT. Prenhalindo, Jakarta.
Gibson, et al, 1995, “ Organisasi : Perilaku, Struktur, Proses “. Edisi Kelima, Jilid 1,Cetakan 8, Jakarta : Penerbit Erlangga
Glisson, Charless, Durick, Mark, 1998, “ Predictors of job Satisfaction and Organizatioanal commitment in Human Service Organizational, Administrative Science Quartely, Vol. 33. P.61-81.
Gomes, Faustino, Cardoso, 2001, “ Manajemen Sumber Daya Manusia “, Andi Offset, Yogyakarta.
Hair, Joseph E., Rolph E Anderson., Ronald L Tatham, dan William C Black, 1998, “Multivariate Data Analysis “, Fifth Edition, Prentice Hall.
Hani Handoko, 1995, “ Manajemn Personalia dan SDM “, Edisi Kedua, BPFE, Yogyakarta.
Hasibuan Melayu S.P, 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi revisi, Bumi Aksara, Jakarta.
Kartini, K, 1994, “ Pemimpin dan Kepemimpinan “, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Lodge B. dan C. Derek, 1993, “ Organizational Behavior and Design “. Terjemahan Sularno Tjiptowardoyo, Gramedia, Jakarta.
Mangkuprawira., S.& Hubies A ., 2007., Manajemen Mutu Sumber Daya Manusia., Cetakan Pertama, Ghalia Indonesia, Bogor.
Siagian, Sondang P., ( 2003 ). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bumi Aksara, Jakarta.
Surya Dharma ( 2005 ). Manajemen Kinerja. Pustaka Pelajar, Jakarta.
Terry, George, 1985, “ Manajemen”, Edisi Terjemahan, Penerbit Gahlia Indonesia, Jakarta.
Testa, Williams, Pieterzck, 1998, “ The Development OF The Cruise Line Job Satisfaction Questionnaire “, Journal Of Travel Research, Vol.36.
Verthzal Rivai ( 2005 ). Manajemen Sumber Daya Manusia. Raja Graffindo Persada, Jakarta.
DOI: https://doi.org/10.33373/dms.v4i2.42
Refbacks
- There are currently no refbacks.