PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN WISATAWAN PADA TAMAN NASIONAL BALURAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan yang terdiri dari tangible (X1), reliability (X2), responsiveness (X3), assurance (X4), dan empathy (X5) terhadap kepuasan wisatawan (Y) pada objek wisata konservasi Taman Nasional Baluran secara simultan dan parsial. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menerapkan instrumen penelitian berupa kuosioner yang disebarkan kepada 180 responden sebagai sampel yang terpilih melalui teknik pusposive sampling dengan kriteria wisatawan yang pernah berkunjung ke Taman Nasional Baluran. Dalam analisis data, peneliti menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini yakni adanya pengaruh secara simultan variabel kualitas pelayanan yang terdiri dari tangible (X1), reliability (X2), responsiveness (X3), assurance (X4), dan empathy (X5) terhadap kepuasan wisatawan (Y). Melalui hasil uji T ditemukan bahwa variabel Tangible (X1), Responsiveness (X3) dan Assurance (X4) berpengaruh signifikan secara parsial. sedangkan, variabel Reliability (X2) dan Empathy (X5) tidak berpengaruh terhadap Kepuasan Wisatawan (Y) pada Taman Nasional Baluran
Keywords
Full Text:
PDFReferences
A., Morissan. M. dkk. (2017). Metode Penelitian Survei. Kencana.
Abdullah, T., dan F. T. (2019). Manajemen Pemasaran. PT Raja Grafindo Persada.
Astuti. (2017). Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Wisatawan dikawasan Wisata Dlingo. Jurnal Ekonomi & Bisnis, Vol 4 2016.
Baluran national park. (2022). Taman Nasional Baluran Situbondo. Baluran National Park. https://balurannationalpark.id/Blog/kawasan
Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia. (2021). Laporan Kunjungan Kerja Spesifik Komisi IV DPR RI Masa sidang 2020-2021 ke Taman Nasional Baluran Kabupaten Situbondo, Provinsi Jawa Timur 25-27 Maret 2021.
Ferdinand, A. (2014). Metode Penelitian Manajemen (5th ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 23 (8th ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Undip.
Indrasari. (2019). Pemasaran dan kepuasan Pelanggan. Unitomo Press.
Massie et, A. (2016). Kualitas pelayanan dan kepuasan konsumen onjek wisata Sumaru Endo Remboken. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, Vol 16 no.01
Parangu, et al. (2020). Pengaruh kualitas pelayanan dan pengemasan daya Tarik wisata terhadap kepuasan wisatawan di Ngebel Ponorogo. Jurnal Sosiologi Refleksi, Vol. 14 no.
Pratama. (2016). Pengaruh kualitas pelayanan petugas terhadap kepuasan pengunjung di objek wisata sejarah benteng Marlborough di Kota Bengkulu. Junal Ekonomi & Bisnis, Vol 4 No 1.
Priyatno, D. (2014). SPSS 22 Pengolahan Data Terpraktis. CV. Andi Offset.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta, CV.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Sujarweni, V. W. (2015). Metodelogi Penelitian Bisnis Dan Ekonomi. Pustaka Baru Press.
Suryani, H. (2015). Metode Riset Penelitian Kuantitatif: teori dan aplikasi pada penelitian bidang manajemen dan ekonomi islam. Prenadamedia group.
Tjiptono, F. (2016). Service Quality & satififaction. Andi.
Yakup, A. P. (2019). Pengaruh Sektor Pariwisata terhadap Pertumbuhan Ekonomi Di Indonesia. [Universitas Airlangga Surabaya]. https://repository.unair.ac.id/86231/1/TE. 05-19 Yak p ABSTRAK.pdf
DOI: https://doi.org/10.33373/dms.v11i3.4252
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.