PEMANFAATAN INTERNET SECARA EFEKTIF DAN EFISIEN MAHASISWA BIMBINGAN KONSELING UNIVERSITAS RIAU KEPULAUAN
Abstract
Internet merupakan sarana informasi yang dapat digunakan mahasiswa untuk memperkaya khasanah ilmu pengetahuan mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran pemanfaatan internet secara efektif dan efisien pada mahasiswa Bimbingan Konseling Universitas Riau Kepulauan. Metode yang digunakan deskriptip kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah amahasiswa Bimbingan Konseling semester 6 yang sedang mengambil mata kuliah Kegiatan Pendukung. Hasil penelitian menunjukan bahwa mahasiswa memanfaatkan internet sebagai media belajar 46,43%, memanfaatkan internet sebagai sumber ilmu pengetahuan 42,48%, dan memanfaatkan internet sebagai hiburan 39,15%. Dari hasil persentase yang ada, dapat disimpulkan bahwa mahasiswa Bimbingan Konseling belum memanfaatkan internet secara efektif dan efisien.
Full Text:
PDFReferences
Douglas S. Franklin. 2015. Will the Internet Ever Replace Colleges and Universities as We Know it Today? An Internet Discussion about the Future of Higher Education, (online journal Procedia-Social and Behavioral), (diakses Desember 2015).
A.Muri Yusuf. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Padang: UNP Press.
Hong, K.S., Ridzuan, A.A. dan Kuek,M.K. 2003. Students’ Attitedes Toward The Internet for Learning: A Study at a University in Malaysia, (Online), (diakses Juni 2014).
Hujair AH Sanaky. 2011. Media Pembelajaran Buku Pegangan Wajib Guru dan Dosen. Yogyakarta: Kardoba.
Reynold dkk. 2014. Internet use: A study of Preservice Education Students in Lesotho and Canada, (online journal Procedia-Social and Behavioral), (diakses Desember 2015).
Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesisonalisme Guru. Jakarta: Rajawali Press.
Yu-Chun Kuo dkk. 2014. Interaction Internet self-efficacy, and self-regulated learning as predictors of student satisfaction in online education courses, (online journal The Internet and Higher Education, Volume 20), (diakses 20 Februari 2016).
DOI: https://doi.org/10.33373/dms.v5i2.5
Refbacks
- There are currently no refbacks.