INVESTASI MODAL MANUSIA DAN NILAI PERUSAHAAN PUBLIK DI INDONESIA

Mustaruddin Saleh

Abstract


Kepedulian  perusahaan terhadap pentingnya investasi sumberdaya manusia  merupakan landasan bagi perusahaan untuk lebih unggul dan kompetitif. Salah faktor penting yang dipertimbangkan oleh para investor dalam menginvestasikan modalnya untuk membeli saham   perusahaan adalah kompentensi sumberdaya manusia dalam perusahaan tersebut. Berinvestasi dalam sumber daya manusia adalah bagian dari strategi perusahaan, yang membekali karyawan dengan keterampilan teoretis dan praktis melalui pelatihan dengan potensi produk akhir peningkatan kinerja. Manfaat jangka panjang dari investasi sumber daya manusia melebihi biaya jangka pendek; manfaat tersebut termasuk peningkatan atribut keberlanjutan dan nilai keuangan. Tujuan dari tulisan ini adalah untuk menunjukkan secara empiris bagaimana  pengaruh  investasi modal manusia terhadap nilai perusahaan publik di Indonesia. Dengan menggunakan metode purposive sampling terpilih sebanyak  28 perusahaan publik yang terdaftar di indeks LQ45 Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan jumlah observasi  196 selama periode 2014 sampai dengan 2020. Hasil uji simultan pada kedua model yang digunakan dalam penelitian dengan menggunakan uji statistik F, menunjukkan bahwa variabel independen yang digunakan pada kedua model mampu menjelaskan nilai perusahaan. Kemampuan dalam menjelaskan dari variabel-variabel yang digunakan dalam kedua model regresi data panel dengan menggunakan uji Adjusted R2 adalah masing-masing sebesar 70.73 persen pada model 1 dan 70,72 persen pada model 1, sedangkan sisanya dijelaskan dari variabel lain yang tidak digunakan dalam penelitian ini. Hasil uji parsial dengan menggunakan uji statistis t, bahwa variabel BPAU yang digunakan untk mengukur persentasi biaya pengembangan karyawan terhadap biaya administrasi dan umum berpengaruh negatif signifikan terhadap nilai perusahaan pada kedua model.  Pengujian partial least squares (PLS) menggungkapkan bahwa (BPAU) dapat memoderasi variabel profitabilitas, ukuran perusahaan dan tingkat leverage yang digunakan  terhadap nilai perusahaan yang diukur dengan variabel PBV. Hasil pengujian statistik di atas memberikan informasi yang berharga bagi semua pihak, bahwa dengan pengeluaran dana pengembangan karyawan yang berdampak negatif terhadap nilai perusahaan, mengidentifikasikan bahwa kepedulian para pihak terhadap pengembangan karyawan sebagai asset penting bagi perusahaan belum sepenuhnya mendapatkan apresiasi. 


Keywords


Investasi SDM; Nilai perusahaan; Data panel; Fixed Effect Model; dan Harga saham

Full Text:

PDF

References


Bendig, D., Strese, S., Flatten, T.C., da Costa, M.E.S. and Brettel, M., 2017. On micro-foundations of dynamic capabilities: a multi-level perspective based on CEO personality and knowledge-based capital. Long Range Planning. https://doi.org/10.1016/j.lrp.2017.08.002

Capital. Personal Review, Vol. 29, No. 4.

Chen, H.M and Lin, K.J. 2003. The Measurement of Human Capital and Its Effect On The Analysis of Financial Statements. International Journal of Management, Vol. 20, No. 4

Davemport, T.O. (1999). Human Capital: What It Is and Why People Invest In It. Jossey Bass, San Francisco

Endri. (2010). Peran Human Capital Dalam Meningkatkan Kinerja Perusahaan: Suatu Tinjauan Teoritis Dan Empiris. Jurnal Administrasi Bisnis. Vol.6, No.2: hal. 179–190

Fama, Eugene F. 1978. “The Effect of a Firm Investment and Financing Decisison on the Welfare of its Security Holders”. American Economic Review : Vol. 68 PP.271-282

Fitz-enz, J. (2000). The ROI of Human Capital: Measuring the Economic Value Added of Employee Performance. AMA-COM, American Management Association, New York

Gаol L, Jimmy. 2014. А to Z Humаn Cаpitаl: Mаnаjеmеn Sumbеr Dаyа Mаnusiа. Jаkаrtа: PT Grаsindo.

Kwon, K. and Rupp, D.E., 2013. High‐performer turnover and firm performance: The moderating role of human capital investment and firm reputation. Journal of Organizational Behavior, 34(1), pp.129-150.

Liao, C. H., Mo, S., & Grant, J. (2019). Market Implication of Human Capital Investment in Training. Academy of Accounting and Financial Studies Journal, Suppl. Special Issue, 15(1): 59–87.

Linggardjaya, I, K., dan Isnalita (2020). Impact of Human Resource Investment on firm value. Journal Akuntansi dan Bisnis, 20 (1), Jurnal Akuntansi dan Bisnis. Vol. 20 No. 1, Februari 2020: 71-80.

Mayo, A. 2000. The Role of Employee Development in The Growth of Intellectual

Morris, Shad,S., Alvarez, Sharon. A., Barney. Jay. B., dan Molloy. Janice C. (2016). Firm-specific human capital invetsments as a signal of general value: revisiting assumptions about human capital and how it is managed. Strategic Management Journal.

Nurainun, B. dan Sinta. W. (2007). Analisis Pengaruh Profitabilitas dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan Perdagangan, Jasa dan Investasi yang Terdapat di Bursa Efek Jakarta.Jurnal Akuntansi. Tarumanegara.

Oyewunmi, O., Osibanjo, O., Falola, H., Olusola, J., & Olujobi, O. (2017). Optimization by Integration: A Corporate Governance and Human Resource Management Dimension. International Review of Management and Marketing, 7(1): 265–272.

Roca-Puig, V., Bou-Llusar, J.-C., Beltrán-Martín, I., & García-Juan, B. (2018). The virtuous circle of human resource investments: A precrisis and postcrisis analysis. Human Resource

Management Journal 29(2), 181-198.

Sartono, Agus. 2008. Manajeen Keuangan Teori dan Aplikasi edisi empat Yogyakarta: BPFE

Schermerhon. 2005. Management, 8th edition. John Wiley & Sons, Inc, US

Simarmata, S., dan Subowo (2016). Pengaruh intellectual capital terhadap kinerja keuangan dan nilai perusahaan perbankan Indonesia. Accounting Analysis Journal. 5(1).

Tandelilin, Eduardus. 2010. Portofolio dan Investasi. Edisi Pertama. Yogyakarta: Kasinus.

Weatherly, L. A. (2003). Human Capital—The Elusive Asset (Measuring and Managing Human Capital: A Strategic Imperative for HR). 2003 SHRM® Research Quarterly, pp. 1-9.

Wiguna, Robin & Anastasia S. Mendari. 2008. “Pengaruh Dan Tingkat Bunga SBI Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di LQ45 BEI”. Jurnal Keuangan dan Bisnis.Volume 6. Nomor 2. Hal. 130-142.




DOI: https://doi.org/10.33373/dms.v12i1.5291

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.