PERHITUNGAN BOX GIRDER BETON PRESTRESS UNTUK PERENCANAAN FLY OVER DENGAN METODE ANALISIS NUMERIS
Abstract
Penelitian fly over dengan menggunakan profil box girder beton prestress dengan bentang 49.80m, dengan lebar jalur lalu lintas 7m. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pembebanan pada penampang box girder, menghitung gaya prategang, eksentrisitas, dan jumlah tendon, menghitung letak posisi tendon, dan juga mengehitung kehilangan tegangan yang terjadi pada saat penarikan kabel. Metode penelitian ini menggunakan metode analisis numeris, yaitu metode menghitung langsung/secara manual. Dan analisis perhitungan pada penelitian ini menggunakan Peraturan Perencanaan Teknik Jembatan 1992, ACI 318, NAASRA Bridge Design Specification yang telah dijelaskan dalam buku refrensi perhitungan beton prategang. Hasil analisis perhitungan ini diperoleh berat sendiri box girder sebesar 159.635 kN/m, dan gaya prategang awal sebesar 62265.48 kN. Jumlah tendon yang diperlukan sebanyak 21 tendon dengan Z1 = 0.450m, Z2 = 0.300m, Z3 = 0.150m posisi tendon di tengah bentang dan kehilangan gaya prategang total sebesar 24.91%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
ACI 318 Building Code Requirements for Reinforced Concrete, American Concrete Institute.
Budiadi, A. 2008. Desain Praktis Beton Prategang. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.
Ilham, M.N. 2010. Perencanaan Kentungan Flyover Yogyakarta. September 3, 2010. http://noerilham01.blogspot.com/20 10/09/kentungan-fly-over.html
NAASRA bridge design specification, National Association of Australian State Road Authorities, 1976
Nawy, E.G. 2009. Prestressed Concrete: A Fundamental Approach Fifth Edition Update ACI, AASHTO, IBC 2009 Codes Version, 2010. United States of America: Pearson Education, Inc., Upper Saddle River, New Jersey 07458.
Nasution, T. 2012. Modul Kuliah Struktur Baja 2: Pengenalan Jembatan Baja. April 21, 2012. Departemen Teknik Sipil, FTSP. ITM. http://thamrinnst.wordpress.com/201 2/04/21/290/.
Siswanto, Fredy. 2013. Perencanaan Jembatan Beton Prategang Dengan Bentang 35 Meter (Jembatan Kelas I). Pontianak: Universitas Tanjungpura.
Zilm, F. 2009. Design Of A Curved Pedestrian Bridge. October 13, 2009. University of Hamburg/Harburg, Diplom-Ingenieur in Civil and Environmental Engineering. http://ebookteknik001.blogspot.com/
DOI: https://doi.org/10.33373/dms.v8i3.5364
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.