PERAN BELANJA MODAL SEBAGAI EFEK MEDIASI PADA KINERJA KEUANGAN DAERAH TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI KABUPATEN DAN KOTA DI PROVINSI KALIMANTAN BARAT

Indah Nurani, Mustaruddin Saleh

Abstract


ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja keuangan daerah terhadap pertumbuhan ekonomi dengan belanja modal sebagai variabel mediasi dengan studi kasus di 14 kabupaten dan kota di Kalimantan Barat. Bentuk penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan data sekunder berupa data yang bersumber dari BPS di 14 kabupaten dan kota di Kalimantan Barat. Teknik analisisnya menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada substruktur pertama variabel Kemandirian Keuangan dan Efektivitas Keuangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Belanja Modal. Selanjutnya pada substruktur kedua, Kemandirian Keuangan, Efektivitas Keuangan dan Belanja Modal berpengaruh positif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi. Hasil penelitian juga mengungkapkan bahwa Belanja Modal mampu memediasi hubungan antara variabel Kemandirian Keuangan dan Efektivitas Keuangan terhadap pertumbuhan ekonomi.
Kata Kunci : Kemandirian Keuangan, Efektivitas Keuangan, Belanja Modal dan Pertumbuhan ekonomi

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Asih, S. (2018). Pengaruh Kontribusi Pajak Daerah, Pendapatan Asli Daerah, Retribusi Daerah Dan Bagi Hasil Pajak Terhadap Belanja Daerah Dengan Pertumbuhan Ekonomi Sebagai Variabel Moderating Pemerintah Kabupaten Dan Kota. Jurnal Akuntansi Bisnis dan Publik, ISSN 2087-4669. Sumatera Utara.

Azhari, M., Zulfa, A. & Murtala. (2020). Pengaruh Rasio Keuangan Daerah Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten/Kota Di Provinsi Aceh. Jurnal ISSN.2503.4367. Universitas Malikussaleh Lhokseumawe.

Boediono. (1985). Teori Pertumbuhan Ekonomi. Yogyakarta: BPFE.

Boediono. (2014). Seri Sinopsis Pengantar Ilmu Ekonomi. Yogyakarta: BPFE.

Dumairy. (2004). Perekonomian Indonesia. Cetakan Kelima. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Dwiyanto, A. (2005). Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hafidh, A.A. (2013). Analisis Rasio Keuangan Daerah Dalam Mempengaruhi Belanja Modal Publik Bagi Pertumbuhan Ekonomi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Halim, Abdul. (2007). Akuntansi Sektor Publik: Akuntansi Keuangan Daerah. Jakarta: Salemba Empat.

Halim, A. & Kusufi, M. S. (2010). Akuntansi Keuangan Daerah. Jakarta: Salemba Empat.

Harianto, D. & Adi, P.H. (2007). Hubungan Antara Dana Alokasi Umum, Belanja Modal, Pendapatan Asli Daerah dan Pendapatan Per Kapita. Makasar: Simposium Nasional Akuntansi X.

Jhingan, M. L. (2008). Ekonomi Pembangunan dan Perencanaan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Komariah, A. & Satori, D. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Mangkoesoebroto, G. (2016). Ekonomi Publik. Edisi Ketiga. Yogyakarta: BPFE

Mardiasmo. (2002). Akuntansi Sektor Publik. Yogyakarta: CV. Andi Offset

Mardiasmo. (2010). Akuntansi Sektor Publik. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Menteri Dalam Negeri. Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 21 Tahun 2011 Perubahan Kedua Atas Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 13 Tahun 2006 tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah. Jakarta: Kemendagri.

Mubaroq, M. R., Remi, S.S dan Muljarijadi, B. (2013). Pengaruh Investasi Pemerintah, Tenaga Kerja dan Desentralisasi Fiskal terhadap Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten di Indonesia Tahun 2007-2010. Bappeda: Cimahi.

Munandar, M. (2010). Budgeting Perencanaan Kerja Pengkoordinasian Kerja dan Pengawasan Kerja. Yogyakarta: BPFE.

Nafarin, M. (2010). Penganggaran Perusahaan. Jakarta: Salemba Empat.

Muana, N. (2005). Makro Ekonomi: Teori, Masalah, dan Kebijakan. Jakarta: PT. Grafindo Persada.

Pahlavani, M. dkk. (2011). Government Revenue And Government Expenditure Nexus In Asian Countries: Panel Cointegration And Causality Mohsen Mehrara Faculty of Economics.

Pambudi, E.W. (2013). Analisis Pertumbuhan Ekonomi Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi (Kabupaten/Kota Di Provinsi Jawa Tengah). Semarang: Universitas Diponegoro.

Prakosa, K.B. (2004). Analisis Pengaruh Dana Alokasi Umum (DAU) Dan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Terhadap Prediksi Belanja Daerah (Studi Empirik di Wilayah Propinsi Jawa Tengah dan DIY). JAAI VOLUME 8 NO. 2, ISSN: 1410 – 2420. Yogyakarta.

Rahardjo, A. (2013). Teori-teori Pembangunan Ekonomi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Republik Indonesia. Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2004 tentang Pemeriksaan Pengelolaan dan Tanggung Jawab Keuangan Negara.

Saraswati, D. (2017). Pengaruh Pendapatan Asli Daerah, Dana Perimbangan Dan Belanja Modal Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Daerah Dengan Kinerja Keuangan Pemerintah Daerah Sebagai Variabel Pemoderasi Pada Kabupaten/Kota Propinsi Sumatera Utara. Jurnal Akuntansi Bisnis Dan Publik. Sumatera Utara.

Saraswati, D. (2018). Pengaruh Pendapatan Asli Daerah, Belanja Modal Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Dan Dana Perimbangan Sebagai Pemoderasi Di Kabupaten/Kota Sumatera Utara. Jurnal Akuntansi Bisnis Dan Publik. Sumatera Utara.

Saraswati, D. (2019). Pengaruh Pendapatan Asli Daerah, Belanja Modal Terhadap Pertumbuhan Pengaruh Pendapatan Asli Daerah, Ukuran Pemerintah Daerah, Leverage, Terhadap Kinerja Keuangan Pemerintah Daerah. Jurnal Akuntansi Bisnis Dan Publik. Sumatera Utara.

Siregar, O.K. (2018). Pengukuran Kinerja Keuangan Daerah Dan Pertumbuhan Ekonomi Berbasis Rasio Pemerintah Kota Medan. Jurnal Akutansi Bisnis dan Publik. ISSN 2087-4669. Medan.

Sukirno, S. (2004). Makro Ekonomi Teori Pengantar. Jakarta: PT. Raja Grafindo

Sukirno, S. (2010). Makro Ekonomi Teori Pengantar. Edisi Ketiga. Jakarta: PT. Raja Grasindo Perseda.

Tahaa, Y.R, Agussalim & Nursini. (2010). Kajian Pengaruh Dana Dana Transfer Pusat Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Di Provinsi Sulawesi Tengah. Sulawesi Tengah.

Tarigan, R. (2004). Ekonomi Regional Teori dan Aplikasi. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Todaro, M.P. dan Smith, S. C. (2003). Pembangunan Ekonomi di Dunia Ketiga. Edisi Kedelapan. Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Todaro, M.P. dan Smith, S. C. (2010). Pembangunan Ekonomi. Jakarta: Erlangga.




DOI: https://doi.org/10.33373/dms.v12i1.5683

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.