PERILAKU KONSUMTIF DENGAN PENGGUNAAN FINTECH E-WALLET

Moehadi Moehadi, Hartiningsih Astuti, Moh. Bayu Firmansah, Anang Bayu Wicaksono

Abstract


Fintech mempermudah aksesibilitas ke berbagai layanan keuangan dan produk, seperti pembayaran, investasi, dan pinjaman, yang dapat dilakukan secara cepat dan mudah melalui aplikasi atau platform digital. Ini memungkinkan konsumen untuk mengelola keuangan mereka dengan lebih efisien dan fleksibilitas. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi fintech. Teknologi mempunyai peran penting salah satunya adalah untuk mempermudah masyarakat dalam memanfaatkan sumberdaya yang dibutuhkan. Sedangkan salah satu sektor perekonomian adalah keuangan. Penelitian ini dilakukan dengan metode analisis kuantitatif deskriptif untuk mengetahui pengaruh persepsi kepercayaan, persepsi kegunaan dan persepsi kemudahan terhadap perilaku konsumtif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi kepercayaan tidak mempunyai pengaruh terhadap perilaku konsumtif generasi muda melalui penggunaan aplikasi digital e-wallet. Persepsi kegunaan mempunyai pengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif generasi muda melalui penggunaan aplikasi digital e-wallet, artinya generasi muda yang semakin merasakan kegunaan aplikasi tersebut akan mendorong untuk berperilaku konsumtif. Persepsi kemudahan tidak mempunyai pengaruh terhadap perilaku konsumtif generasi muda melalui penggunaan aplikasi digital e-wallet.

Keywords


Perilaku Konsumtif; Persepsi Kegunaan; Persepsi Kemudahan; Persepsi Kepercayaan

Full Text:

PDF

References


Andaiyani, S., Yunisvita, Y., & Tarmizi, N. (2020). Peran Financial Technology sebagai Alternatif Permodalan bagi UMKM di Desa Kerinjing, Kabupaten Ogan Ilir. Sricommerce: Journal of Sriwijaya Community Services, 1(2), 85-92.

Ansori, M. (2019). Perkembangan dan dampak financial technology (fintech) terhadap industri keuangan syariah di Jawa Tengah. Wahana Islamika: Jurnal Studi Keislaman, 5(1), 31-45.

Ardiano, C., Pujiyono, P., & Rochaeti, N. (2022). Analisis Yuridis Kriminologis Penggunaan Mata Uang Elektronik Bitcoin Sebagai Sarana Tindak Pidana Pencucian Uang. Diponegoro Law Journal, 11(1).

Arifqi, M. M., & Junaedi, D. (2021). Pemulihan perekonomian indonesia melalui digitalisasi UMKM berbasis syariah di masa pandemi Covid-19. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 3(2), 192-205.

Brahmanta, G. P., & Wardhani, N. I. K. (2021). Pengaruh persepsi kebermanfaatan, kemudahan, risiko terhadap minat menggunakan ulang shopeepay di Surabaya. Sains Manajemen: Jurnal Manajemen Unsera, 7(2), 97-108.

Devica, S. (2022). Dompet Digital: Beragam Program Promosi Dan Pengaruhnya Terhadap Pembelian Secara Impulsif. Jurnal Bisnis Terapan, 6(1), 33-42.

Fikri, A. (2021). Pengaruh Penggunaan Shopeepay sebagai Dompet Digital terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa FEB USU. KomunikA, 17(2).

Majid, J., & Kartini, K. (2017). Potret Hubungan Auditor-Klien: Sebuah Studi Interaksi Simbolik Di Kantor Akuntan Publik. Jurnal Ilmiah Akuntansi Peradaban, 3(1).

Mujahidin, A. (2020). Pengaruh fintech e-wallet terhadap perilaku konsumtif pada generasi millennial. Inovbiz: Jurnal Inovasi Bisnis, 8(2), 143-150.

Mulasiwi, C. M., & Julialevi, K. O. (2020). Optimalisasi Financial Teknologi (Fintech) terhadap peningkatan literasi dan inklusi keuangan usaha menengah purwokerto. Performance: Jurnal Personalia, Financial, Operasional, Marketing dan Sistem Informasi, 27(1), 12-20.

Noverin, A. D. (2022). Pengaruh Persepsi Kemudahan Dan Persepsi Kepercayaan Penggunaan Shopeepay Terhadap Perilaku Konsumtif Pada Saat Pandemi Covid-19.

Priambodo, S., & Prabawani, B. (2016). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunan, Dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Menggunakan Layanan Uang Elektronik (Studi Kasus Pada Masyarakat Di Kota Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 5(2), 127-135.

Putri, V. S., & Mahadian, A. B. (2021). Pengaruh Ekspektasi Kinerja, Ekspektasi Usaha, Pengaruh Sosial, Dan Kondisi Pendukung Terhadap Minat Pemanfaatan Aplikasi E-clinic Di Kota Bandung. eProceedings of Management, 8(3).

Rahardjo, B., Ikhwan, K., & Siharis, A. K. (2019). Pengaruh financial technology (fintech) terhadap perkembangan UMKM di Kota Magelang. In Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ekonomi Untidar 2019.

Rangkuty, D. M. (2021, June). Apakah Penggunaan E-wallet Masa Pandemi Covid-19 Semakin Meningkat di Indonesia?. In UNUSIA CONFERENCE (Vol. 1, No. 1, pp. 251-260).

Saudah, S., Adi, D. S., Triono, M. A., & Supanto, F. (2021). Optimalisasi Usaha Kecil Menengah melalui pelatihan digital marketing. Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang, 6(3), 358-371.

Susilo, J.H. et al. (2022) ‘Pendampingan Digital Marketing Dan Legalitas Usaha Untuk Meningkatkan Kuantitas Penjualan Umkm’, Jurnal Abdi Masyarakat, 6(1), pp. 93–110. Available at: https://doi.org/10.30737/jaim.v6i1.3331.

Yogananda, A. S., & Dirgantara, I. M. B. (2017). Pengaruh persepsi manfaat, persepsi kemudahan penggunaan, kepercayaan dan persepsi risiko terhadap minat untuk menggunakan instrumen uang elektronik. Diponegoro journal of Management, 6(4), 116-122.

Zada, C., & Sopiana, Y. (2021). Penggunaan E-Wallet atau Dompet Digital sebagai Alat Transaksi Pengganti Uang Tunai Bagi UMKM di Kecamatan Banjarmasin Tengah. JIEP: Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Pembangunan, 4(1), 251-268.




DOI: https://doi.org/10.33373/dms.v12i3.5688

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.