KEPUTUSAN PEMBELIAN BRANDED STUFF SEBAGAI BENTUK KONFORMITAS REMAJA TANGERANG SELATAN DALAM PERSPEKTIF TEORI LEISURE CLASS

Grafisa Ayu Dirgantoro, Bagas Narendra Parahita, Nurhadi Nurhadi

Abstract


Pembelian branded stuff menjadi cara yang dilakukan mahasiswa untuk menjalin pertemanan serta menunjukkan prestise. Konformitas mendorong mahasiswa untuk membeli branded stuff agar sama dengan kelompok teman sebayanya. Penelitian ini bertujuan untuk melihat keputusan mahasiswa dalam membeli branded stuff sebagai bentuk konformitas serta melihat bentuk konformitas terhadap pembelian branded stuff pada mahasiswa Kota Tangerang Selatan dalam perspektif teori Leisure Class Thorstein Veblen. Teori ini melihat pola konsumsi serta penggunaan luang yang dimiliki. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis metode penelitian studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara mendalam, dan juga dokumentasi. Teknik analisis dilakukan dengan cara menuliskan dalam bentuk catatan, lalu penyajian data dalam bentuk kata-kata dan juga paragraf dengan diakhiri penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, didapati hasil bahwa mahasiswa cenderung untuk membeli branded stuff karena adanya dorongan dari kelompok teman sebayanya. Penggunaan branded stuff dalam waktu luangnya terbagi menjadi idle curiosity, instinct of workmanship, predatory instict, serta naluri bersikap baik.

Keywords


Konformitas, Leisure Class, Branded Stuff

Full Text:

PDF

References


Adji, N. L., & Claretta, D. (2022). Fenomena Thrift Shop Dikalangan Remaja: Da’watuna: Journal of Communication and Islamic Broadcasting, 3(1). https://doi.org/10.47467/dawatuna.v3i1.2201

Alwani, R., & Erianjoni, E. (2019). Nilai-Nilai Solidaritas Sosial dalam Komunitas Penari Lintas Community (PLC) Kota Payakumbuh. Culture & Society: Journal Of Anthropological Research, 1(1), 62–68. https://doi.org/10.24036/culture/vol1-iss1/9

Armananti, S. H., & Asteria, D. (2019). Partisipasi Anggota dan Pemanfaatan Instagram dalam Interaksi Komunitas Brand Ria Miranda. Jurnal Komunikasi, 11(2), 155. https://doi.org/10.24912/jk.v11i2.5266

Ashoer, M., Syahnur, H., & Murdifin, I. (2019). Bagaimana Gaya Hidup mempengaruhi Keputusan Pembelian Tiket Online. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 20(1), 52–65. https://doi.org/10.30596/jimb.v20i1.2493

Bachtiar Bachri, S. (2010). Meyakinkan Validitas Data Melalui Triangulasi Pada Penelitian Kualitatif. Teknologi Pendidikan, 10, 46–62.

Burres, B. (2020). On Baseball and Thorstein Veblen ’ s Understanding of Instincts. 41.

Daliyah, R., & Patrikha, F. D. (2020). Analisis Perilaku Konsumsi Pengguna Aplikasi E-Money Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga, 8(3).

Golubeva, J., Koris, R., & Kerem, K. (2018). The Dress I Wear Says More Than a Thousand Words: Conspicuous Choice of Garment Among Estonian Elite. Journal of Management and Change.

Hendrawan, M. M. M., & Rahayu, A. (2021). Konformitas dan Kontrol Diri Perannya Terhadap Kepatuhan Pada Protokol Kesehatan Menjaga Jarak. Jurnal Psikologi Kreatif Inovatif, 1(74).

Jaya, A. R. P. D., Maruta, I. A., & Pratiwi, N. M. I. (2020). Pengaruh Brand Equity, Brand Image dan Suasana Toko (Store Armosphere) Terhadap Minat Beli Pada Toko H&Mdi Tujungan Plaza Surabaya. Jurnal Manajemen & Bisnis, 66–80.

Khairati, M., Rakhmat, A. B., Radde, H. A., & Sudirman, M. Y. (2022). Konformitas Sebagai Prediktor Pengambilan Keputusan Untuk Menjadi Pelaku Demonstrasi pada Mahasiswa di Kota Makassar. Edupsycouns Journal, 4(1), 1–13.

Lenaini, I. (2021). Teknik Pengambilan Sampel Purposive dan Snowball Sampling. Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, 6(1).

Limanto, R. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Melalui Instagram Terhadap Minat Beli Konsumen Hswgrail.Id. Performa, 6(1), 57–66. https://doi.org/10.37715/jp.v6i1.1919

Márquez, G. E. (2017). Instinct , Habits , Workmanship , Idle Curiosity and Technological Progress : Prerequisite of Innovation 1 Instinto , Hábitos , Mano de Obra , Curiosidad Ociosa y Progreso Tecnológico : Prerrequisito de la Innovación. Económicas CUC, 38(2), 113–120.

Muharam, M. G., Sulistiya, D., Sari, N., Fahmy, Z., & Zikrinawati, K. (2023). Pengaruh Fear of Missing Out (FoMO) dan Konformitas Teman Sebaya Terhadap Impulsive Buying Pada Mahasiswa Kota Semarang (Studi Pada Konsumen TikTok Shop). Experimental Student Experiences, 8(8), 2985–3877. https://jurnal.institutsunandoe.ac.id/index.php/ESE

Nastiti, D. A. (2017). Hubungan Antara Konsep Diri dan Konformitas Dengan Perilaku Konsumtif. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 5(4). https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v5i4.4464

Novitasari, A. T., & Septiana, A. (2021). Pengaruh Pendidikan Ekonomi Dalam Lingkungan Keluarga Terhadap Perilaku Konsumtif Siswa. JEKPEND: Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 4(1). https://doi.org/10.26858/jekpend.v4i1.15119

Partadisastra, A. M., Taji, B. S., Sulistiawati, D., & Hasanah, H. (2022). DAMPAK GLOBALISASI INFORMASI TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF DI KALANGAN MAHASISWA JAKARTA. MUTAKALLIMIN; Jurnal Ilmu Komunikasi, 5, 6–13.

Putra, R. H. (2019). Makna SNEAKERS VANS terhadap penggunaan terhadap pengguna Sneakers Vans (Studi pada komunitas SNEAKERS VANS off the wall Yogyakarta (OTWYK). 14720014, 1–59.

Putri, O. E. (2022). Pengembangan Website Marketplace Branded Stuff Menjadi Aplikasi Mobile dengan Menggunakan Android Studio Pengembangan Website Marketplace Branded Stuff Menjadi Aplikasi Mobile dengan Menggunakan Android Studio. May, 0–12.

Rohman, Y. F. (2020). Transformasi Gym: Antara Olahraga, Simbol, dan Representasi Status Sosial. Jurnal Socius: Journal of Sociology Research and Education, 7, 1–12.

Santrock, J. W. (2003). Adolescence (Perkembangan Remaja) (S. B. Adelar & S. Saragih (eds.); 6th ed.). Erlangga.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Alfabeta.

Susanti, I. Y., & Tjahjono, E. (2015). PENGARUH BRAND IMAGE, KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Kasus Pada Pengguna Produk Eiger Surabaya). Jurnal Dinamika Administrasi Bisnis, 1, 1–6.

Sutopo. (2006). Metode Penelitian Kualitatif. UNS Press.

T, D., & Sobari, N. (2022). Conspicuous Consumption on Gen Z in Indonesia. Proceedings of the Brawijaya International Conference on Economics, Business and Finance 2021 (BICEBF 2021), 206(Bicebf 2021), 136–142. https://doi.org/10.2991/aebmr.k.220128.018

Veeger, K. J. (1993). Realitas Sosial : Refleksi Filsafat atas Hubungan individu Masyarakat dalam Cakrawala Sejarah Sosiologi. Gramedia Pustaka Utama.

Yanti, N., & Ridayanti. (2022). Peran Handphone dalam Mempengaruhi Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi Dan Manajemen (JIKEM), 2(1), 1272–1281.

Zulaikha, Z. (2019). Peran Komunitas Maya Dalam Memotivasi Ibu-ibu Untuk Berwirausaha. Journal Community Development and Society, 1(1), 44–56. https://doi.org/10.25139/cds.v1i1.1651




DOI: https://doi.org/10.33373/dms.v12i3.5785

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.