Dampak Pemasaran Digital, Testimoni, dan Keragaman Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pengguna E-Commerce Shopee

Ryan Suarantalla, Reza Muhammad Rizqi

Abstract


Semakin banyak orang yang terbiasa dengan penggunaan pemasaran digital oleh vendor untuk memasarkan produk mereka, maka variasi produk yang dapat dibeli melalui pemasaran digital menarik perhatian orang, yang pada gilirannya memotivasi mereka untuk tertarik membeli barang dari toko online. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pemasaran digital, testimoni, dan keragaman produk terhadap keputusan pembelian pengguna aplikasi E-commerce Shopee pada masyarakat Kota Sumbawa, Kabupaten Sumbawa. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dan deskriptif, serta menggunakan metode pengambilan sampel yaitu non-probability sampling dan teknik pengambilan sampel yaitu teknik accidental sampling. Jumlah responden sebanyak 100 orang yang memiliki dan menggunakan aplikasi e-commerce Shopee untuk berbelanja. Sumber data utama mengumpulkan informasi melalui penggunaan kuesioner yang didasarkan pada skala Likert. Untuk mengolah data, digunakan aplikasi SmartPLS versi 3.29, dan analisis menggunakan analisis Structural Equation Modeling (SEM) – Parital Least Square (PLS). Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan terkait dengan variabel pemasaran digital, testimoni, dan variasi produk terhadap keputusan pembelian pengguna aplikasi commerce Shopee pada masyarakat Kota Sumbawa.

Keywords


Digital Marketing; Testimoni; Keragaman Produk; Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


Abdullah, M., Oktini, D., & Harahap, D. (2022). Pengaruh social media marketing dan brand awareness terhadap keputusan pembelian pada e-commerce shopee di kota bandung. Bandung Conference Series Business and Management, 2(1). https://doi.org/10.29313/bcsbm.v2i1.2405

Alawi, A. and Rahardjo, B. (2022). Pengaruh promosi dan harga terhadap keputusan pembelian melalui platform shopee di saat pandemi covid-19. Transekonomika Akuntansi Bisnis Dan Keuangan, 2(6), 83-98. https://doi.org/10.55047/transekonomika.v2i6.272

Anderson, T., & Wilson, E. (2019). The Impact of Artificial Intelligence on Digital Marketing Strategies. Harvard Business Review, 87(5), 102-115.

Arifin, R. (2021). Pengaruh Keragaman Produk, Harga, Promosi, Lokasi, Dan Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian. 2016, 65–76.

Arimbi, D. (2020). Pengaruh Pemanfaatan Internet terhadap Strategi Pemasaran Produk pada UMKM di Era Digital. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 18(1), 1-10.

Badri, J., & Safitri, T. S. R. (2021). Pengaruh brand ambassador, minat beli dan testimoni terhadap keputusan pembelian online di instagram pada mahasiswa di kota Padang. Procuratio: Jurnal Ilmiah Manajemen, 9(4), 372-380.

Brown, L., & Williams, M. (2021). The Role of Social Media in Digital Marketing Campaigns. Journal of Marketing Research, 25(3), 45-60.

Destyana, Y. and Handoyo, S. (2023). Pengaruh digital marketing, perceived ease of use, dan ragam produk terhadap minat beli serta pengaruhnya pada keputusan pembelian melalui e-commerce shopee di jabodetabek. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 7(2), 390-399. https://doi.org/10.24912/jmbk.v7i2.23363

Garcia, R., & Lee, S. (2019). Trends and Challenges in Digital Marketing: A Literature Review. International Journal of Advertising, 38(2), 256-270.

Ghozali, I. (2016). Partial Least Square: Konsep, Teknik dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.0. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hartaroe, B. P., Mardani, R. M., & Abs, M. K. (2016). Pengaruh Ragam Produk, Digital Marketing, DanCelebrity Endorsement Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus Pada Konsumen Arascarf di Kalangan Mahasiswi FEB UNISMA Angkatan 2017). Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 19, 82–94.

IDC. (2023, September). IDC FutureScape: Worldwide IT Spending 2023 Predictions.

Kartika, R. D., & Sari, R. R. (2021). Analisis Perilaku Konsumen dalam Pembelian Online pada Marketplace Shopee di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Dinamika Ekonomi, 20(1), 127-138.

Katadata. (2023, November 14). Nilai Transaksi E-commerce RI Tembus Rp 530 Triliun di 2023.

Kim, H., & Lee, C. (2018). Understanding Consumer Behavior in the Era of Digital Marketing: A Qualitative Study. Journal of Marketing Management, 32(1), 78-92.

Kristiyono, Y. (2022). Pengaruh website quality, kesadaran fashion, perceived product quality, dan program shopee affiliates terhadap peningkatan pembelian impulsif pada pengguna e-commerce shopee. Jurakunman (Jurnal Akuntansi Dan Manajemen), 15(2), 196. https://doi.org/10.48042/jurakunman.v15i2.145

Kurnianti, V., Asteria, B., & Trisantoso, R. (2022). Analisis determinan faktor keputusan pembelian pada produk scarlett. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis Indonesia, 2(2). https://doi.org/10.32477/jrabi.v2i2.473

Lestari, D. and Widjanarko, W. (2023). Pengaruh citra merek, persepsi harga dan e-word of mouth terhadap keputusan pembelian produk fashion jiniso.id di marketplace Shopee. Jurnal Economina, 2(3), 753-765. https://doi.org/10.55681/economina.v2i3.398

Limanto, R. (2021). Pengaruh kualitas produk, harga dan promosi melalui instagram terhadap minat beli konsumen hswgrail.id. Performa, 6(1), 57-66. https://doi.org/10.37715/jp.v6i1.1919

Maâ, M., Ramdan, A. M., & Mulia, F. (2019). Daya Tarik Testimonial di Sosial Media dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian. Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING), 3(1), 8-14.

Masyithoh, I. and Novitaningtyas, I. (2021). Pengaruh digital marketing terhadap minat beli konsumen pada marketplace tokopedia. Jurnal Manajemen & Bisnis Kreatif, 7(1). https://doi.org/10.36805/manajemen.v7i1.1951

Muzdalifah, L., & Ilmiah, H. (2020). Pengaruh Testimoni Dan Daya Tarik Instagram Terhadap Keputusan Pembelian:(Studi Pada Lsinta Muslim Wedding). Greenomika, 2(2), 105-113.

Nisa', N. and Sudarwanto, T. (2022). Pengaruh digital marketing dan keragaman produk terhadap minat beli pada pengguna e-commerce shopee. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 979. https://doi.org/10.24843/eeb.2022.v11.i08.p11

Nofrizal, N., Lubis, N., Hardi, H., Maryanti, S., N, A., & Widayat, P. (2021). Pengaruh keunikan produk dan kelengkapan produk terhadap keputusan pembelian produk makanan oleh-oleh kota pekanbaru. Jurnal Bisnis Dan Kewirausahaan, 17(3), 219-226. https://doi.org/10.31940/jbk.v17i3.219-226

Nurjanah, E., Mulyani, S., & Susilawati, D. (2019). Pengaruh E-Commerce terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Era Digital. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 7(1), 1-14.

Patel, N., & Jones, K. (2020). The Power of Influencer Marketing in the Digital Age. Journal of Consumer Behavior, 15(4), 589-605.

PELENGKAHU, R. (2023). Pengaruh promosi, phisical evidence, harga pemasaran digital terhadap keputusan pembelian pada e-commerce shopee di kota manado. Jurnal Emba Jurnal Riset Ekonomi Manajemen Bisnis Dan Akuntansi, 11(1), 786-797. https://doi.org/10.35794/emba.v11i1.46181

Pratama, S. N. (2023). Pengaruh Testimoni terhadap Keputusan Pembelian pada Marketplace Shopee di Kota Bima. LANCAH: Jurnal Inovasi dan Tren, 1(2), 90-95.

Sriyanto, A., Kuncoro, A. W., Sarsito, A., & Istikomah, K. (2019). Pengaruh brand ambassador, minat beli, dan testimoni terhadap keputusan pembelian (studi pada situs jual beli online shop shopee Indonesia di Universitas Budi Luhur periode februari–april 2018). Jurnal Ekonomika Dan Manajemen, 8(1), 21-34.

Susilowati, H. and Agustiya, A. (2022). Peran online consumer review dan trust dalam keputusan pembelian online. Dinamika Jurnal Manajemen Sosial Ekonomi, 2(1), 75-82. https://doi.org/10.51903/dinamika.v2i1.143

Taylor, R., & Clark, D. (2021). Email Marketing Best Practices for Maximum Engagement. Journal of Interactive Marketing, 30(4), 512-527.

Tresna, P., Chan, A., & Herawaty, T. (2021). Pengaruh ekuitas merek terhadap keputusan pembelian (studi pada konsumen shopee). Adbispreneur, 6(1), 1. https://doi.org/10.24198/adbispreneur.v6i1.26473

We Are Social. (2023, January). Digital 2023: Indonesia. Retrieved from https://datareportal.com/reports/digital-2023-indonesia




DOI: https://doi.org/10.33373/dms.v13i2.6132

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.