MENINGKATKAN KETERAMPILAN BELAJAR SISWA MELALUI LAYANAN PENGUASAAN KONTEN

Sri Wahyuni Adiningtyas

Abstract


Penguasaan terhadap cara-cara belajar yang baik sebetulnya memberikan gambaran tentang bagaimana penguasaan siswa terhadap keterampilan belajar, karena dengan menguasai keterampilan belajar, siswa akan menyadari bagaimana cara belajar yang baik sehingga menjadi lebih bertanggungjawab terhadap cara belajarnya karena keterampilan belajar, akan menunjang keberhasilan siswa dalam belajar. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan pelaksanaan pelayanan bimbingan dan konseling. Peningkatan keterampilan belajar merupakan salah satu aspek pengembangan diri siswa yang menjadi tujuan dari pelayanan bimbingan dan konseling. Salah satu jenis layanan bimbingan dan konseling yang membantu siswa mengembangkan diri berkenaan dengan sikap dan kebiasaan belajar, keterampilan belajar, serta berbagi aspek tujuan kegiatan belajar lainnya adalah melalui layanan penguasaan konten. Layanan penguasaan konten diberikan agar dapat membantu siswa mengembangkan keterampilan belajar sehingga memiliki kecakapan yang baik dalam belajar secara efektif dan efisien. 


Full Text:

PDF

References


BSNP. 2006. Panduan Pengembangan Diri. Jakarta: Pusat Kurikulum.

Budiarjo, Lily. 2007. Keterampilan Belajar. Yogyakarta: Penerbit Andi

Dalyono, M. 1997. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Prayitno. 2004. Layanan L1-L9. Padang: Jurusan BK FIP UNP.

Prayitno, Alizamar,Taufik, Syahril dan Elida Prayitno. 1997. Seri Latihan Keterampilan Belajar. Program Studi dan Beban Studi. Satgasus 3SCPD. Tim Pengembangan 3SCPD Proyek PGSM Dikti Depdikbud

Sardiman A. M. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar-mengajar. Jakarta: Raja Grafindo

Surya, Mohammad. 1992. Psikologi Pendidikan Cetakan Ke 5 (Revisi). Bandung: Jurusan PPB FIP UPI.

Undang- undang Republik Indonesia No. 20 tahun 2003 tentang Sisdiknas. Jakarta: Depdiknas




DOI: https://doi.org/10.33373/dms.v5i3.62

Refbacks

  • There are currently no refbacks.