PERAN KESADARAN SEBAGAI MEDIASI PENGARUH RELIGIUSITAS, LITERASI WAKAF DAN PROMOSI TERHADAP MINAT BERWAKAF TUNAI (Studi pada Mahasiswa Universitas Islam di Kota Malang)

Bella Ayu Rahmawati, Fani Firmansyah

Abstract


Berdasarkan fakta masih rendahnya realisasi penghimpunan wakaf tunai sedangkan potensi yang ada sangatlah besar, maka hal tersebut mencerminkan masih rendahnya minat berwakaf tunai. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meneliti lebih lanjut terkait faktor-faktor yang diduga berpengaruh terhadap minat berwakaf tunai. Fokus permasalahan yang akan diteliti dalam penelitian ini adalah mengenai religiusitas (X1), literasi wakaf (X2) dan promosi (X3) pada mahasiswa kampus Islam Kota Malang terhadap minat berwakaf tunai (Y) sebagai variabel terikatnya melalui kesadaran (Z) sebagai variabel mediasi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Data dikumpulkan melalui kuisioner yang disebar kepada 100 responden dengan menggunakan metode simple random sampling. Analisis dengan menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM) berbasis Partial Least Square (PLS). Hasil analisis menunjukkan bahwa religiusitas dan literasi wakaf berpengaruh signifikan terhadap kesadaran, promosi tidak berpengaruh signifikan terhadap kesadaran mahasiswa berwakaf tunai, religiusitas berpengaruh signifikan terhadap minat berwakaf tunai, literasi wakaf dan promosi berpengaruh tidak signifikan terhadap minat berwakaf tunai, dan kesadaran berpengaruh signifikan terhadap minat berwakaf tunai. Adapun secara tidak langsung, kesadaran mampu memediasi religiusitas dan literasi wakaf terhadap minat berwakaf tunai, sedang tidak mampu memediasi pengaruh promosi terhadap minat berwakaf tunai.

Despite the immense potential for cash waqf, its realization remains low, indicating a lack of interest in cash waqf. This study aims to investigate the factors influencing cash waqf interest among Islamic university students in Malang City. The research focuses on the relationship between religiosity (X1), waqf literacy (X2), promotion (X3), and cash waqf interest (Y) as the dependent variable, mediated by awareness (Z). Employing a quantitative research approach, data was collected from 100 respondents using simple random sampling and a questionnaire. Structural Equation Modeling (SEM) based on Partial Least Square (PLS) was employed for data analysis. The results indicate that religiosity and waqf literacy significantly influence awareness, while promotion does not significantly impact students' cash waqf awareness. Religiosity significantly influences cash waqf interest, while waqf literacy and promotion do not. Awareness significantly influences cash waqf interest. Indirectly, awareness mediates the influence of religiosity and waqf literacy on cash waqf interest but not the influence of promotion.

Keywords


religiusitas, literasi wakaf, promosi, kesadaran, minat berwakaf tunai

Full Text:

PDF

References


Adistii, D., Susilowati, D., & Ulfah, P. (2021). Peran Akuntabilitas sebagai Moderasi Hubungan Religiusitas dan Literasi Wakaf terhadap Minat Berwakaf Uang. Reviu Akuntansi Dan Bisnis Indonesia, 5(2), 122–137. https://doi.org/10.18196/rabin.v5i2.12238

Afandi, A., Harahap, D., & Lubis, M. (2022). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Wakif Dalam Berwakaf Pada Cash Waqf Linked Sukuk (CWLS) Dengan Altruisme Sebagai Variabel Moderasi. Al-Awqaf: Jurnal Wakaf Dan Ekonomi Islam, 15(1), 50–66. https://doi.org/10.47411/al-awqaf.vol15iss1.161

Ajzen, I. (1991). Theory of Planned Behaviour. Organizational Behavior and Human Decision Process, 50, 179–211. https://doi.org/10.47985/dcidj.475

Aldeen, K. N., Ratih, I. S., & Sari Pertiwi, R. (2022). Cash waqf from the millennials’ perspective: a case of Indonesia. ISRA International Journal of Islamic Finance, 14(1), 20–37. https://doi.org/10.1108/IJIF-10-2020-0223

Andriani, R., & Fauziah. (2021). Pengaruh Sosialisasi Terhadap Minat Masyarakat Dusun Termanuk Desa Sumberjo untuk Berwakaf Tunai di Baitul Maal As’adiyah Wonomulyo. Jurnal Kajian Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 1(April), 55–66.

Badan Pusat Statistik Indonesia. (2023). Profil Kemiskinan di Indonesia Maret 2023. Badan Pusat Statistik, 57, 1–8. https://www.bps.go.id/pressrelease/2018/07/16/1483/persentase-penduduk-miskin-maret-2018-turun-menjadi-9-82-persen.html

Fitriyah, M., & Alim, M. N. (n.d.). Pengaruh Good Governance, Promosi, dan Religiusitas terhadap Minat Wakif Berwakaf Tunai pada Nazhir Wakaf Uang (NWU) di Lamongan. Wacana Equiliberium : Jurnal Pemikiran & Penelitian Ekonomi, 10(02), 104–117.

Hakiem, H., Beik, I. S., & Fahmi, I. (2022). Faktor-Faktor yang Memengaruhi Minat Masyarakat Berwakaf Uang/Melalui Uang dalam Mendukung Pembangunan Berkelanjutan Kota Bogor. Al-Muzara’Ah, 10(2), 155–168. https://doi.org/10.29244/jam.10.2.155-168

Hariyanto, F. A. (2019). Pengaruh Penerapan Prinsip Good Governance dan Intensitas Sosialisasi Terhadap Penerimaan Wakaf Tunai. Kajian Akuntansi, 20(2), 191–199.

Hasanah, N., & Maha. (2022). Wakaf Uang : Pengaruh Kognisi, Religiusitas, dan Persepsi Kemudahan terrhadap Minat Berwakaf. Jurnal QIEMA (Qomaruddin Islamic Economy Magazine), 8(2), 179–206.

Iqbal, M., Nadya, P. S., Saripudin, & Hadiyati, P. (2019). Increasing Community Awareness and Intention in Encouraging The Growth of Cash Waqf. Economica: Jurnal Ekonomi Islam, 10(1), 29–56. https://doi.org/10.21580/economica.2019.10.1.3152

Kalimah, S. (2020). Wakaf Tunai sebagai Solusi Masalah Kemiskinan di Indonesia. Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam, 1(4), 90–111. https://ejournal.iaifa.ac.id/index.php/salimiya

Kartika, I. K. (2020). Pengaruh Pendapatan Terhadap Minat Membayar Zakat Dengan Kesadaran Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Muzakki di BAZNAS Salatiga). Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 6(1), 42–52. https://doi.org/10.29040/jiei.v6i1.558

Kasri, R. A., & Chaerunnisa, S. R. (2022). The role of knowledge, trust, and religiosity in explaining the online cash waqf amongst Muslim millennials. Journal of Islamic Marketing, 13(6), 1334–1350. https://doi.org/10.1108/JIMA-04-2020-0101

Kurniawati, D., Zainuddin, C., & Lidyah, R. (2021). Pengaruh Religiusitas dan Fundraising terhadap Minat Berwakaf Uang dengan Kesadaran Sebagai Variabel Intervening pada Pegawai Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Selatan. Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial Dan Sains, 10(1), 145–152. https://doi.org/10.19109/intelektualita.v10i1.8607

Mujakir, & Hidayatullah, M. S. (2022). Pengaruh Literasi Dan Tingkat Religiusitas Terhadap Minat Berwakaf Uang (Studi Kasus: Masyarakat Kabupaten Bima). Al-Awqaf Jurnal Wakaf Dan Ekonomi Islam, 15(2), 61–77.

Nafi’ah, M., Supriyadi, A., & Rafikasari, E. F. (2023). Pengaruh Literasi Zakat Terhadap Minat Muzakki Membayar Zakat Pada Baznas Tulungagung Dengan Tingkat Kesadaran Dan Religiusitas Sebagai Variabel Intervening. Juremi: Jurnal Riset Ekonomi, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.53625/juremi.v3i1.5782

Priadana, S., & Sunarsi, D. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif (Cetakan Pe). Pascal Books.

Rakhmawati, & Arintin, H. K. (2023). Signifikansi Religiositas dalam Minat Berwakaf Uang. ABHATS: Jurnal Islam Ulil Albab, 4(2), 12–22.

Rasela, F. (2022). Pengaruh Literasi Wakaf terhadap Minat Mahasiswa Berwakaf pada Forum Wakaf Mahasiswa Indonesia. Jurnal Riset Perbankan Syariah, 69–76. https://journals.unisba.ac.id/index.php/JRPS/article/view/969

Rinawati, I. (2021). Manfaat Wakaf Uang Dalam Pengentasan Kemiskinan Di Indonesia. An-Nisbah: Jurnal Perbankan Syariah, 2(1), 100–115. https://doi.org/10.51339/nisbah.v2i1.214

Rusydiana, A. S., Hidayat, Y., Widiastuti, T., & Rahayu, S. S. (2021). Cash waqf for developing islamic economy: Cash study in Indonesia. Al-Uqud: Journal of Islamic Economics, 5(1), 43- 59. DOI:10.26740/al-uqud.v5n1.

Suhasti, W., & Handayani, Lazinatul Febry Winarno, Y. P. (2022). Pengaruh Persepsi, Religiusitas, dan Pendapatan Masyarakat Muslim Kabupaten Sleman Terhadap Minat Berwakaf Uang Berwakaf Uang. Al-Intaj, 3(3).

Syafiq, A. (2018). Peningkatan Kesadaran Masyarakat Dalam Menunaikan Zakat, Infaq, Sedekah Dan Wakaf (Ziswaf). Zakat Dan Wakaf, 5(2), 362–385.

Zulkarnain, M. (2022). Analisis Faktor-Faktor yang mempengaruhi terhadapan minat Berwakaf uang pada Mahasiswa Universitas Darussalam Gontor. Osf.Io, 1–14. https://osf.io/preprints/43r5n/




DOI: https://doi.org/10.33373/dms.v13i2.6321

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.