KEARIFAN LOKAL DAN DINAMIKA SOSIAL BUDAYA DI KAMPUNG NAGA DENGAN PENDEKATAN ETNOGRAFI

Budi Yasri, Yunita Iriani Syarief, Asep Ridwan Lubis, Cenneth Bai Adoe, Fahreza Fahreza, Alfina Aulia, Tiara Safitri, Khairunnisa Nadya, Khasiva Anggia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kearifan lokal dan dinamika sosial budaya yang ada di Kampung Naga dengan menggunakan pendekatan kualitatif, pendekatan partisipatif, observasi mendalam, dan wawancara terstruktur untuk memahami dan mengetahui fungsi budaya, norma, nilai, dan praktik sosial di Kampung Naga. Teknik pengumpulan data melalui observasi lapangan, wawancara, kajian literatur dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik sistematik dan coding dengan pengumpulan data melalui hasil wawancara, reduksi data, penyajian data, validasi data atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa lembaga adat Kampung Naga berperan vital dalam memelihara keharmonisan sosial dan ritus budaya. Adat dan tradisi kampung naga memegang peran penting dalam mengatur hubungan sosial dan nilai nilai yang dijunjung tinggi. Kampung Naga terkenal dengan adat dan tradisi yang masih lestari yang mengatur hubungan sosial dan kehidupan sehari-hari. Ekonomi desa berorientasi pada pertanian dan kerajinan bambu, dengan beberapa warga mencari penghasilan di luar. Kampung Naga berhadapan dengan tantangan globalisasi dan berupaya menyeimbangkan pemeliharaan tradisi dengan adaptasi perubahan. Arsitektur tradisional desa mencerminkan upaya pelestarian identitas budaya.

Keywords


Kampung Naga, Kearifan Lokal. Dinamika Sosial Budaya, Etnografi

Full Text:

PDF

References


Afandi Uliyanda, D., Safarini, F., Ramadhini, I. L., Rahmadia, I., Dewantara, J. A., & Putri, S. (2023). NASIONALISME DI INDONESIA. Nusantara Hasana Journal, 3(1), 76–83.

Ahmad, S. M., Nurhayati, S., & Kartika, P. (2024). Literasi Digital Pada Anak Usia Dini: Urgensi Peran Orang Tua dalam Menyikapi Interaksi Anak dengan Teknologi Digital. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(1).

Ali, A., Nurhayati, S., Musa, S., & Ansori, A. (2022). Increasing the Entrepreneurial Independence of Correctional Families through the Development of Degung Arts. JPPM (Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat), 9(2), 191–200.

Apiati, V., Heryani, Y., & Muslim, S. R. (2019). Etnomatematik dalam Bercocok Tanam Padi dan Kerajinan Anyaman Masyarakat Kampung Naga. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 107–118.

Aras, T. S., Dwiatmini, S., & Malik, H. I. (2023). Kearifan Lokal Masyarakat Kampung Naga dalam Mendukung Pariwisata Berkelanjutan. Prosiding Penelitian Dan PKM ISBI Bandung. https://jurnal.isbi.ac.id/index.php/Prosiding/article/download/3161/1781

Baharuddin, B., Nurhayati, S., Azzaoui, B., & Qolamani, K. I. B. (2024). Assessment of Al Qur’an Reading and Writing Program for Islamic Character Development in Higher Education. IJECA (International Journal of Education and Curriculum Application), 7(1), 1–13.

Bella, S., Amrullah, M. J., Wahyuono, T., Tobing, U. A., Putri, A., Farida, H., Ferdiansyah, M., & Kurnianto, F. A. (2022). Kearifan Lokal Masyarakat Kampung Naga Dalam Pelestarian Lingkungan Hidup. MAJALAH PEMBELAJARAN GEOGRAFI, 5(2), 103–118.

Elhakim, A. L., Khoirunnisa, G., Nisa, J., Fonna, R., Afiffah, N. N., Erlanda, G. A., & Diantry, R. R. (2023). Pengamatan Mahacita Universitas Pendidikan Indonesia Terhadap Tradisi Masyarakat Terhadap Kelestarian Lingkungan Di Kampung Kuta Jawa Barat. Jurnal Pecinta Alam Dan Lingkungan, 2(1), 21–30.

Halawa, O., Nurhayati, S., Rochana, S., & Siliwangi, I. (n.d.). Pemberdayaan untuk meningkatkan taraf hidup di Kampung Adat Cireundeu Cimahi. Journal.Ikipsiliwangi.Ac.Id.

Hasan, E. S., & Nurhayati, S. (2012). Pendidikan Luar Sekolah Dan Pembangunan Manusia Indonesia. Empowerment, 1(1), 1–12. https://doi.org/https://doi.org/10.22460/empowerment.v1i1p%25p.361

Iswahyudi, M. S., Wulandari, R., Samsuddin, H., Sukowati, I., Nurhayati, S., Makrus, M., Amalia, M. M., Faizah, H., Febianingsih, N. P. E., & others. (2023). Buku Ajar Metodologi Penelitian. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Jarkasih, A., & Nurhayati, S. (2023). Improving Santri’s Noble Characters Through Qur’an Based Learning Management in Pesantren Jaohar. Aksara, 09(2), 1–7. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.37905/aksara.9.2.1137-1150.2023

Karwati, T., & Nurhayati, S. (2024). Enhancing Child Development through Senam Profil Pelajar Pancasila: A Case Study in Indonesian Early Childhood Education. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(1), 334–344.

Khairunnisa, S. M., Nurhayati, S., & Elshap, D. S. (2024). Optimalisasi Peran Masjid Sebagai Pusat Pendidikan Masyarakat Di Tengah Pandemi Di Masjid Al Ihsan Pos Kulon Desa Kertamulya Kecamatan Padalarang Kabupaten Bandung Barat. Comm-Edu (Community Education Journal), 7(1), 18–30.

Komara, U., Nurhayati, S., Sulaimawan, D., & Kartika, P. (2021). Development of Street Children Based on the Art of Angklung Music To Shape the Confidence. Journal of Educational Experts, 4(2), 62–69. https://doi.org/https://doi.org/10.30740/jee.v4i2p62-69

Maharlika, F., & Fatimah, D. F. (2019). Tinjauan Konsep Desain Berkelanjutan Pada Arsitektur Rumah Tinggal Di Desa Adat Kampung Naga. Waca Cipta Ruang, 5(1), 337–342.

Md Hafizi AHSAN Saidatul Akmar ISMAIL, M. A. S. N. (2022). DIGITAL LITERACY RESEARCH IN SCOPUS: A BIBLIOMETRIC ANALYSIS BETWEEN 1997 AND 2021. Journal Business, Management and Economics Engineering, 20(2), 1–30.

Milyane, T. M., Darmaningrum, K., Natasari, N., Setiawan, G. A., Sembiring, D., Irwanto, I., Kraugusteeliana, K., Fitriyah, N., Sutisnawati, A., Sagena, U., Nurhayati, S., Indriana, I. H., & Putri, M. S. (2023). Literasi Media Digital. In T. M. Milyane (Ed.), CV WIDINA MEDIA UTAMA. CV WIDINA MEDIA UTAMA.

Musthofa, M., & Setiajid. (2021). Peran Kepemimpinan Lembaga Adat Kampung Naga dalam Menjaga Kearifan Lokal Kampung Naga. Unnes Political Science Journal, 5(1), 21–25.

Nixon, A., & Odoyo, C. O. (2020). Ethnography, Its Strengths, Weakness and Its Application in Information Technology and Communication as a Research Design. Journal Computer Science and Information Technology, 8(2), 50–56.

Nurhayati, S. (2021). Pendidikan Masyarakat Menghadapi Digitalisasi. El-Markazi.

Nurhayati, S. (2024). Digital Literacy in Adult Continuing Education: Implementation, Best Practices, and Emerging Trends. In Lifelong Education, Adult, And Continuing (pp. 9–18).

Nurhayati, S., Fitri, A., Amir, R., & Zalisman, Z. (2024). Analysis of the Implementation of Training on Digital-based Learning Media to Enhance Teachers’ Digital Literacy. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 16(1).

Nurhayati, S., & Rumsari, C. (2020). Social Skill Development In The Game Oray-orayan Traditional Children Of West Java. The 2nd International Conference on Science Education in Industrial Revolution 4.0 (ICONSEIR 2019), ISBN 978-1-63190-252-9 ISSN 2593-7650, https--eudl.

Purnama, S. (2021). Kearifan Lokal Masyarakat Adat Kampung Naga Sebagai Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Masyarakat. Jurnal Pendidikan Sosiologi Dan Humaniora, 12(1), 30–36.

Qomariah, A. (2014). Perilaku Komunikasi Masyarakat Kampung Naga di Tasikmalaya. Jurnal Fakultas Sosial Dan Ilmu Politik, Universitas Komputer Indonesia, 8(1), 8–10.

Rosita, T., Nurhayati, S., Jumiatin, D., Rosmiati, A., & Abdu, W. J. (2020). Using traditional role-play games by adults to nurture a culture of cooperation among children amidst wide-spread engagement in online games within today’s technological society. Journal of Critical Reviews, 7(7), 183–186. https://doi.org/10.31838/jcr.07.07.29

Saepitri, R. (2019). Perancangan Informasi Perempuan Di “Kampung Naga Tasikmalaya” Melalui Buku Fotografi.

Salsabila, D. A. (2023). Budaya dan Aktivitas Kehidupan Masyarakat di Kampung Naga: Studi Pariwisata. Garuda: Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Dan Filsafat, 1(1), 15–24.

Sandro, F., & Nurhayati, S. (2023). Patterns of Parenting Kebhayangkaraan Character for NCO Education Students. KOLOKIUM Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 11(2), 244–251. https://doi.org/10.24036/kolokium.v11i2.625

Siregar, I., Nurhaini, P., Al Husaini, H., & Efendi, M. F. (2023). Dinamika Kebudayaan Masyarakat Kampung Naga dalam Menghadapi Ancaman Kultural Budaya Luar di Desa Neglasari. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial, 9(2), 181–192.

Sonia, T., & Sarwoprasodjo, S. (2020). Peran lembaga adat dalam pelestarian budaya masyarakat adat kampung naga, desa neglasari, kecamatan salawu, tasikmalaya. Jurnal Sains Komunikasi Dan Pengembangan Masyarakat [JSKPM], 4(1), 113–124.

Sri Nurhayati Wirda Ningsih, I. S. H. M. M. S. K. W. A. S. S. (2023). PENDIDIKAN KARAKTER DI ERA DIGITAL. In PENDIDIKAN KARAKTER (p. 136). Wiyata Bestari Samasta.

Sudjatnika, T. (2018). Filosofi Hidup Komunitas Masyarakat Adat Sunda Kampung Naga Ditinjau dari Pranata Keagamaan. Al-Tsaqafa: Jurnal Ilmiah Peradaban Islam, 15(1), 69–76.

Sunari, R., & Nurhayati, S. (2023). Community Environmental Education Through A Local Knowledge-Based Learning Program On Plastic Waste Management. Journal on Education, 05(04), 13093–13099.

Sutrrisno, & Rofi’ah, F. Z. (2023). Integrasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal Guna Mengoptimalkan Projek Penguatan Pelajar Pancasila Madrasah Ibtidaiyah di Bojonegoro. Pionir: Jurnal Pendidikan, 12(1), 1–23.

Syafrudin, E., & Nurhayati, S. (2020). Training of Pencak Art To Preserve Local Life in Youth Organization Kp. Andir Rt. 01 Rw. 15 Village Padalarang, West Bandung District. Empowerment: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Luar Sekolah, 9(2), 216–223. http://www.e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/empowerment/article/view/1783

Taufik, R., & Nurhayati, S. (2023). Character Education for Developing State Police School Students’ Bhayangkara Character Philosophy in the Society 5.0 Era. Jurnal Paedagogy, 10(4), 944–954.

Untari, R. (2021). Sistem Pemerintahan Masyarakat Adat Kampung Naga Desa Neglasari Kecamatan Salawu Tasikmalaya. Jurnal Nalar Keadilan, 1(1), 74–86.

Wekke, I. S. (2019). Metode Penelitian Sosial. Gawe Buku.

Yosfiani, N., & Nurhayati, S. (2023). Implementation Of Early Childhood Regional Language (Sundanese) Learning Through Movement And Song Methods. HIKMAH: Jurnal Pendidikan Islam, 12(2), 297–306.

Yusanto, Y. (2020). Ragam Pendekatan Penelitian Kualitatif. Journal of Scientific Communication (Jsc), 1(1), 1–13. https://doi.org/10.31506/jsc.v1i1.7764




DOI: https://doi.org/10.33373/dms.v13i2.6367

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.