ANALISIS KUALITAS LAYANAN, INOVASI PRODUK DAN DAYA TARIK WISATA TERHADAP MINAT KUNJUNG ULANG (STUDI KASUS PADA OBYEK WISATA PANTAI BALAT DI KABUPATEN SUMBAWA BARAT)

Ahmad Hidayat, Ahmad Yamin, Mietra Anggara

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kualitas layanan, inovasi produk dan daya tarik wiasata terhadap minat kunjung ulang wisatawan pada objek wisata Pantai Balat di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis data yang menggunakan metode deskriptif. Sampel penelitian terdiri dari 100 responden yaitu masyarakat KSB yang pernah mengunjungi objek wisata Pantai Balat di Kabupaten Sumbawa Barat. Untuk menganalisis data, digunakan teknik Partial Least Square (PLS) yang termasuk dalam bidang Structural Equation Modeling (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat kunjung ulang pada objek wisata Pantai Balat KSB, selanjutnya, inovasi peroduk juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat kunjung ulang pada objek wisata Pantai Balat KSB. Kemudian, daya tarik wisata berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat kunjung ulang pada objek wisata Pantai Balat KSB. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa Pantai Balat di Kabupaten Sumbawa Barat memiliki potensi signifikan untuk memaksimalkan kualitas layanan, meningkatkan inovasi produk, dan memaksimalkan potensi kunjungan wisatawan. Selain itu, Pantai Balat juga dapat meningkatkan pendapatan pariwisata dan berkontribusi secara positif terhadap pertumbuhan ekonomi lokal. Dengan demikian, Pantai Balat berpeluang besar untuk memperkuat posisinya sebagai salah satu destinasi wisata unggulan di daerah tersebut, serta menarik lebih banyak wisatawan untuk kembali mengunjungi destinasi ini di masa depan.

Keywords


Kualitas Layanan; Inovasi Produk; Daya Tarik Wisata; Minat Kunjung Ulang

Full Text:

PDF

References


Alvianna, S., Earlike, F., Sani, A., Lasarudin, A., & Hidayatullah, S. (2020). The Impact of Visitor Satisfaction Mediation from the Relationship between Marketing Information Systems, Tourist Destinations and Service Quality towards Returning Interest in Malang Topeng Village Tourism Destinations. East African Scholars Multidisciplinary Bulletin Abbreviated Key Title: East African Scholars Multidiscip Bull. ISSN, 2617-4413.

Aunalal, Z. I., Kadir, A. R., Taba, M. I., & Hamid, N. (2017). The Influence of Service Quality Dimensions, Destination Image and Satisfaction to Tourist Loyalty in Maluku Province. Scientific Research Journal, 5(7), 71-89.

Basiya, R., & Rozak, A. (2017). Pengaruh Citra Destinasi Wisata Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Berkunjung Ulang Melalui Kepuasan Wisatawan (Doctoral Dissertation, Universitas Bamboa Raya).

Cahyanti, M. M. (2018). Pengaruh Daya Tarik Wisata Terhadap Niat Berkunjung Ulang Melalui Kepuasan Wisatawan (Studi pada wisatawan “Kampung Warna Warni” di Kota Malang). Akutansi Bisnis & Manajemen (ABM), 25(1), 12-22.

Candra, Y., et al. (2015). Pengembangan Daya Tarik Wisata Alam Danau Maninjau (Vol. 1). Padang: UNP Press.

Chen, C. F., & Tsai, D. (2016). How destination image and evaluative factors affect behavioral intentions?. Tourism Management, 47, 242-253.

Ghozali, I. (2019). Konsep dan Aplikasi Structural Equation Modeling Berbasis Varian dalam Penelitian Bisnis. Semarang: Universitas Diponegoro.

Dethan, A. G., Suryawardani, I. G. A. O., & Wiranatha, A. S. (2020). The Effect of Marketing Mix and Service Quality on Satisfaction and Revisit Intention to Kampung Coklat, Blitar Regency. E-Journal of Tourism, 7(2), 323-348.

Dewi, K. (2019). Pengaruh Produk Wisata Dan Kebijakan Harga Terhadap Minat Kunjungan Wisatawan. Media Wisata, 17(2), 90-102.

Dita, R. F., & Zaini, M. (2022). Pengaruh Atraksi, Aksesibilitas, Amenitas dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Kunjungan Ulang Wisatawan di Pulau Kumala Kabupaten Kutai Kartanegara. ETNIK: Jurnal Ekonomi dan Teknik, 1(4), 271-282.

Fitriani, M., Syaparuddin, S., & Edy, J. K. (2021). Analisis faktor–faktor yanng mempengaruhi minat kunjungan ulang wisatawan ke Kebun Binatang Taman Rimba Provinsi Jambi. E-Jurnal Perspektif Ekonomi Dan Pembangunan Daerah, 10(1), 19-28.

Hair, J. F., Hult, G. T. M., Ringle, C. M., & Sarstedt, M. (2017). A primer on partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM) (2nd ed.). Los Angeles: Sage Publications.

Heskett, J.L., Sasser, W.E. Jr., & Wheeler, J. (2018). Ownership Quotient: Putting the Service Profit Chain to Work for Unbeatable Competitive Advantage. Harvard Business Review Press.

Huang, S. S., & Hsu, C. H. (2016). Effects of travel motivation, past experience, perceived constraint, and attitude on revisit intention. Journal of Travel Research, 55(7), 786-807.

Iranita, I., & Alamsyah, P. (2019). Pengaruh citra destinasi, aksessibilitas wisata terhadap minat kunjung ulang wisatawan ke wisata bahari desa benan. Bahtera Inovasi, 2(2), 102-110.

Irfan, A., Mahfudnurnajamuddin, M., Hasan, S., & Mapparenta, M. (2020). The effect of destination image, service quality, and marketing mix on tourist satisfaction and revisiting decisions at tourism objects. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 7(8), 727-740.

Khoni’ah, N. U., & Sidanti, H. (2022, October). Pengaruh Daya Tarik, Citra Destinasi Terhadap Minat Kunjungan Ulang Melalui Kepuasan Pengunjung Sebagai Variabel Intervening. In SIMBA: Seminar Inovasi Manajemen, Bisnis, dan Akuntansi (Vol. 4).

Lina, Y. P. (2022). Strategi Inovasi Atraksi Wisata Dalam Meningkatkan Minat Berkunjung Wisatawan Ke Taman Bermain Banto Royo (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat).

Marpaung, H. (2017). Pengaruh citra merek dan kualitas pelayanan terhadap minat berkunjung ulang pengunjung di Wisata Bahari Lamongan Kabupaten Lamongan. Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 40(1), 34-40.

Miskan, S. (2019). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Minat Berkunjung Kembali Dengan Kepuasan Dan Kepercayaan Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada wisatawan Pantai Lariti Kabupaten Bima) (Doctoral dissertation, University of Muhammadiyah Malang).

Nastabiq, M., & Soesanto, H. (2021). The effect of destination attractiveness, destination service quality and tourist satisfaction on the intention of revisit to Kota Lama Semarang. International Journal of Economics, Business and Accounting Research (IJEBAR), 5(2).

Novitasari, S. W., & Nasir, M. (2023). Analisis Pengaruh Social Media Marketing, Inovasi Sarana Prasarana Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Wisatawan Berwisata Di Solo. Jurnal Manajemen Dirgantara, 16(2), 396-410.

Perwitasari, D., & Iqbal, M. (2023). Pengaruh Promosi Wisata, Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Wisata Terhadap Minat Kunjung Ulang Melalui Kepuasan Pengunjung Sebagaivariabel Intervening Pada Wisatawankampung Blekok Kabupaten Situbondo. Jurnal Mahasiswa Entrepreneurship (JME), 2(9), 2116-2131.

Prastiyo, E., Sulistyowati, L. N., & Fauzi, R. U. A. (2022, October). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Berkunjung Kembali Wisatawan Pada Wisata Air Terjun Krecekan Denu. In SIMBA: Seminar Inovasi Manajemen, Bisnis, dan Akuntansi (Vol. 4).

Putra, J. O. N., & Cahyoadi, B. (2023). Pengaruh Periklanan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Kunjung Ulang pada Waterpark Singapura Tulungagung. Indonesian Journal of Strategic Management, 6(2), 97-110.

Riadi, D., Permadi, L. A., & Retnowati, W. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Berkunjung Kembali Ke Desa Wisata Hijau Bilebante Yang Dimediasi Oleh Kepuasan Wisatawan. Jurnal Riset Pemasaran, 2(2 JUNI), 38-49.

Rosyidah, N. dkk. (2017). Analisis Daya Tarik Wisata Alam dan Budaya di Kawasan Taman Nasional Gunung Palung Kalimantan Barat. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 18(1), 1-13.

Safitri, L. (2022). The Analysis Of Food Quality, City Image, And Promotion Of Revisits In Bukittinggi City Tourism West Sumatera With Customer Satisfaction As Intervening Variable. Dinasti International Journal of Management Science, 3(3), 578-591.

Sagantoro, R. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Wisata Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Berkunjung Kembali Obyek Wisata Goa Kreo Melalui Electronic Word of Mouth Sebagai Variabel Intervening (Studi pada Pengunjung Obyek Wisata Goa Kreo Kota Semarang) 133adbis2022 (Doctoral dissertation, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro).

Sari, N., Zen, F., & Suherman, U. (2017). Pengaruh minat dan kepuasan wisatawan terhadap minat berkunjung ulang di destinsi wisata dewarnakan (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah)

Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sunaryo, E., & Rosyidah, N. (2017). Analisis Daya Tarik Wisata Alam Danau Maninjau. Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Budaya, 5(2), 141-154.

Susanto, B., & Astutik, P. (2020). Pengaruh Promosi Media Sosial Dan Daya Tarik Wisata Terhadap Minat Berkunjung Kembali Di Obyek Wisata Edukasi Manyung. Jurnal Riset Bisnis Dan Ekonomi, 1(1), 37-46.

Syaiful, H., Wibowo, A. E., & Nasution, M. N. A. (2023). Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Kunjungan Ulang Wisatawan Mancanegara: Perspektif Faktor Penarik. Jurnal Manajemen Kuliner, 2(1), 54-72.

Tang, T. W., Zhang, P., Lu, Y., Wang, T. C., & Tsai, C. L. (2020). The effect of tourism core competence on entrepreneurial orientation and service innovation performance in tourism small and medium enterprises. Asia Pacific Journal of Tourism Research, 25(2), 89-100.

Widipurnomo, G. A., & Santosa, S. B. (2020). Analisis Pengaruh Kualitas Layanan, Citra Wisata, Inovasi Terhadap Minat Kunjung Ulang Dengan Daya Tarik Wisata Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Obyek Wisata Grand Puri Maerokoco). Jurnal Studi Manajemen Organisasi, 16(1), 62-71.

Wisata, D. T. (2016). Pengaruh daya tarik wisata terhadap niat kunjungan ulang wisatawan dengan kepuasan wisatawan sebagai variabel intervening pada Taman Safari Indonesia Cisarua Bogor. Jurnal Pariwisata, 1(8), 90-98.

Wulanjani, N., & Derriawan, D. (2017). Pengaruh kualitas pelayanan, fasilitas, dan Produk terhadap revisit intention pengunjung (Studi pada restoran Simpang Raya Malang) (Doctoral dissertation, Fakultas Ilmu Administrasi).

Yulianda, H., & Sari, A. R. (2022). Faktor Yang Mempengaruhi Minat Kunjung Ulang Wisatawan (Repeater Guest) Pada Objek Wisata Banto Royo. Journal of Tourism Sciences, Technology and Industry, 1(2), 26-37.

Yuniawati, M., Muhson, A., & Hidayat, R. (2016). The Role of Tourist Experience and Destination Personality in Formulating Destination Loyalty. JRMB: Journal of Research in Marketing and Business, 1(1), 1-9.




DOI: https://doi.org/10.33373/dms.v13i3.6472

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.