Analisis Keputusan Menabung pada Mahasiswa UIN Malang yang Menjadi Nasabah di Bank Syariah Indonesia dipengaruhi oleh Promosi dan Lingkungan dengan Minat Menabung sebagai Variabel Moderasi
Abstract
Bahasa Indonesia:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh promosi dan lingkungan terhadap keputusan menabung pada mahasiswa UIN Malang yang menjadi nasabah di Bank Syariah Indonesia dengan minat menabung sebagai variabel moderasi. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif menggunakan data berbentuk angka dan dianalisis dengan SmartPLS 4.0. Populasi dan sampel penelitian adalah mahasiswa UIN Malang yang menjadi nasabah di Bank Syariah Indonesia berjumlah 100 mahasiswa yang telah mengisi kuesioner penelitian . Hasilnya membuktikan bahwa promosi berpengaruh positif terhadap keputusan menabung mahasiswa UIN Malang di Bank Syariah Indonesia, lingkungan berpengaruh positif terhadap keputusan menabung mahasiswa UIN Malang di Bank Syariah Indonesia, minat menabung tidak memperkuat pengaruh promosi terhadap keputusan menabung mahasiswa UIN Malang, dan minat menabung tidak memperkuat pengaruh lingkungan terhadap keputusan menabung mahasiswa UIN Malang.
Bahasa Inggris:
The purpose of this study was to determine the effect of promotion and environment on saving decisions on UIN Malang students who become customers at Bank Syariah Indonesia with saving interest as a moderating variable. This research uses quantitative research using numerical data and analyzed with SmartPLS 4.0. The population and research sample are UIN Malang students who are customers at Bank Syariah Indonesia, totaling 100 students who have filled out the research questionnaire. The results prove that promotion has a positive effect on the saving decisions of UIN Malang students at Bank Syariah Indonesia, the environment has a positive effect on the saving decisions of UIN Malang students at Bank Syariah Indonesia, saving interest does not strengthen the influence of promotion on the saving decisions of UIN Malang students, and saving interest does not strengthen the influence of the environment on the saving decisions of UIN Malang students.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh promosi dan lingkungan terhadap keputusan menabung pada mahasiswa UIN Malang yang menjadi nasabah di Bank Syariah Indonesia dengan minat menabung sebagai variabel moderasi. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif menggunakan data berbentuk angka dan dianalisis dengan SmartPLS 4.0. Populasi dan sampel penelitian adalah mahasiswa UIN Malang yang menjadi nasabah di Bank Syariah Indonesia berjumlah 100 mahasiswa yang telah mengisi kuesioner penelitian . Hasilnya membuktikan bahwa promosi berpengaruh positif terhadap keputusan menabung mahasiswa UIN Malang di Bank Syariah Indonesia, lingkungan berpengaruh positif terhadap keputusan menabung mahasiswa UIN Malang di Bank Syariah Indonesia, minat menabung tidak memperkuat pengaruh promosi terhadap keputusan menabung mahasiswa UIN Malang, dan minat menabung tidak memperkuat pengaruh lingkungan terhadap keputusan menabung mahasiswa UIN Malang.
Bahasa Inggris:
The purpose of this study was to determine the effect of promotion and environment on saving decisions on UIN Malang students who become customers at Bank Syariah Indonesia with saving interest as a moderating variable. This research uses quantitative research using numerical data and analyzed with SmartPLS 4.0. The population and research sample are UIN Malang students who are customers at Bank Syariah Indonesia, totaling 100 students who have filled out the research questionnaire. The results prove that promotion has a positive effect on the saving decisions of UIN Malang students at Bank Syariah Indonesia, the environment has a positive effect on the saving decisions of UIN Malang students at Bank Syariah Indonesia, saving interest does not strengthen the influence of promotion on the saving decisions of UIN Malang students, and saving interest does not strengthen the influence of the environment on the saving decisions of UIN Malang students.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.33373/dms.v13i3.6488
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.