PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, PROMOSI, HARGA DAN DISKON TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA JASA SEWA PAPAN BUNGA DI DONI FLORIST

Dini Anggraini, Edwin Agung Wibowo, Khuzaini Khuzaini, Yulita Saputri, Nia Debora Sigiro, Raihania Raihania

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, promosi, harga dan diskon terhadap kepuasan konsumen pada jasa sewa papan bunga di Doni Florist. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan menggunakan rumus Slovin sehingga didapat sampel berjumlah 87 responden dari populasi 656. Data diperoleh dengan menggunakan instrument wawancara dan instrument angket yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data menggunakan regeresi berganda dan uji hepotesis dengan menggunakaan alat uji SPSS versi 26. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa kualitas pelayanan sangat berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen di Doni Florist. Sedangkan pada variabel promosi terdapat pengaruh yang positif namun tidak signifikan terhadap kepuasan konsumen di Doni Florist. Lalu pada variabel harga dan diskon tidak terdapat pengaruh yang positif dan tidak signifikan terhadap kepuasan konsumen di Doni Florist. Dibuktikan dari hasil uji t bahwa variabel Kualitas Pelayanan dengan t hitung 2.937 > t tabel 1.663 dan signifikansi 0,004 < 0,05. Variabel Promosi dengan t hitung 1.939 > t tabel 1.663 dan signifikansi 0.056 > 0,05. Variabel Harga dengan t hitung 1.596 < t tabel 1.663 dan signifikansi 0.114 > 0,05. Variabel Diskon dengan t hitung 0.660 < t tabel 1.663 dan signifikansi 0.511 > 0,05. Serta hasil uji F yang menunjukkan nilai F hitung 77.631 > F tabel 2.117 dengan Sig. 0,000 < 0,05.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33373/dms.v13i2.6587

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.