STRATEGI PENGEMBANGAN POTENSI OBJEK WISATA BERBASIS SUSTAINABLE TOURISM DALAM MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT.

Suhartono Suhartono, Heffi Christya Rahayu, Nurrahmawati Nurrahmawati, Lusi Eka Afri, Fefti Yulian Mela

Abstract


Indonesia mempunyai potensi besar untuk pengembangan berbagai sektor, termasuk pariwisata. Strategi untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan dan mempertahankan keinginan untuk kembali sangat penting bagi pengembangan pariwisata. Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan strategi terhadap pengembangan potensi wisata air terjun Aek Martua di Kabupaten Rokan Hulu dengan pendekatan berkelanjutan. Metode yang dipergunakan yakni analisis SWOT dengan melakukan identifikasi faktor dalam (internal) dan faktor luar (eksternal) yang mempengaruhi perkembangan pariwisata. Hasil analisis menunjukkan bahwa destinasi wisata Kabupaten Rokan Hulu Air Terjun Aek Martua mempunyai kekuatan dan peluang yang bisa dioptimalkan, sehingga strategi yang tepat adalah menggunakan strategi SO atau Strenght Opportunities guna pengembangan usaha tersebut, serta mendapat dukungan dengan strategi pertumbuhan agresif atau Growth Oriented Startegy. Beberapa pemangku kepentingan yang berkepentingan dengan pengembangan objek wisata air terjun Aek Martua di wilayah Rokan Hulu antara lain pemerintah kota, dinas pariwisata, pendiri/pengelola pariwisata dan juga masyarakat setempat. Analisis SWOT menunjukkan bahwa objek wisata Air Terjun Aek Martua di Kabupaten Rokan Hulu dapat dikembangkan menjadi objek wisata alam oleh pengelola karena dapat menjaga kualitas pelayanan yang memuaskan dan inovasi ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

Keywords


Sustainable Tourism, Pengembangan Ekonomi, Potensi Objek Wisata, Analisis SWOT

Full Text:

PDF

References


Arih, S., Adi Supardi, Gusnia A. Sekardati, Khoirun Nisa Hindiyati, Lucky A. Al-Bukhori, Mafatihah L. Nova, Nabil A. Ahmad, & Satti Wagistina. (2021). Strategi Pengembangan Wisata Melalui Potensi Wilayah Studi Kasus Jamun Spot Sunset (JSS) Desa Poncokusumo Kabupaten Malang. Jurnal Geografi, Edukasi Dan Lingkungan (JGEL), 5(1), 52–60. https://doi.org/10.22236/jgel.v5i1.5957

Gunawan, A. S., Goretti, M., & Endang, W. (2016). Analisis Pengembangan Pariwisata Terhadap Sosial Ekonomi Masyarakat (Studi pada Wisata Religi Gereja Puhsarang Kediri). Jurnal Administrasi Bisnis, 32(1), 1–8.

Hapsari, A. (n.d.). Analisis SWOT Sebagai Perencanaan Desa Wisata Edukasi Agrikultur Cabe Dengan Pendekatan Konsep Pariwisata Berbasis Masyarakat di Desa Kabasiran, Parung Panjang, Kabupaten Bogor. In Jurnal Pemasaran Kompetitif (Vol. 03, Issue 1). http://www.openjournal.unpam.ac.id/index.php/JPK

Hasanah, M., & Satrianto, A. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kunjungan Ke Objek Wisata Komersial”Di Sumatera”Barat. Jurnal Kajian Ekonomi Dan Pembangunan, 1(3), 931. https://doi.org/10.24036/jkep.v1i3.7720

Heryati, Y. (2019). Potensi Pengembangan Obyek Wisata Pantai Tapandullu Di Kabupaten Mamuju. Jurnal Ilmiah Ekonomi Pembangunan, 1(1), 56–74.

Indra, Rina, & Veriansyah, I. (2022). Analisis Objek Wisata Riam Pangar Kecamatan Tujuh Belas Kabupaten Bengkayang. Geo Khatulistiwa : Jurnal Pendidikan Geografi Dan Pariwisata, 2(3), 1–14.

Pamularsih, T. (2021). Strategi Pengembangan Potensi Wisata Alam di Desa Abangsongan, Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali. Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, VOL.5(1), 46–54.

Priyanto, P., & Safitri, D. (2016). Pengembangan Potensi Desa Wisata Berbasis Budaya Tinjauan Terhadap Desa Wisata Di Jawa Tengah. Jurnal Vokasi Indonesia, 4(1). https://doi.org/10.7454/jvi.v4i1.53

Ratwianingsih, L., Mulyaningsi, T., & Johadi, J. (2021). Analisis Potensi dan Upaya Pengembangan Desa Wisata Alam Kepuhsari Manyaran Wonogiri. KUAT : Keuangan Umum Dan Akuntansi Terapan, 3(1), 25–30. https://doi.org/10.31092/kuat.v3i1.1164

Rijali, A. (2019). Analisis Data Kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374

Sawant, M. (2017). Socio – Economic impacts of Tourism development at Aurangabad District. Research & Consultancy, January, 1–8.

Sidiq, A. J., & Resnawaty, R. (2017). Pengembangan Desa Wisata Berbasis Partisipasi Masyarakat Lokal Di Desa Wisata Linggarjati Kuningan, Jawa Barat. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 38. https://doi.org/10.24198/jppm.v4i1.14208

Taufik, M. I., & Suprajang, S. E. (2015). Analisis Threats, Opportunity, Weakness, Strengths (Tows) Sebagai Landasan Dalam Menentukan Strategi Pemasaran Pada Pr. Semanggimas Agung Boyolangu Kabupaten Tulungagung. Riset Mahasiswa Ekonomi (RITMIK).

Tyas, N. W., & Damayanti, M. (2018). Development Potentials of Kliwonan Village as a Batik Tourism Village in Sragen Regency. Journal of Regional and Rural Development Planning, 2(1), 74–89.

Utsalina, D. S., & Primandari, L. A. (2020). ANALISIS SWOT DALAM PENENTUAN BOBOT KRITERIA PADA PEMILIHAN STRATEGI PEMASARAN MENGGUNAKAN ANALYTIC NETWORK PROCESS. Antivirus : Jurnal Ilmiah Teknik Informatika, 14(1), 51–60. https://doi.org/10.35457/antivirus.v14i1.889

Widyastuti, & Fanani, M. B. Y. (2022). Pengembangan Kawasan Wisata Waduk Gondang Berbasis Faktor Minat Masyarakat. Jurnal Plano Buana, 3(1), 01–09. https://doi.org/10.36456/jpb.v3i1.6245




DOI: https://doi.org/10.33373/dms.v13i3.6729

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.