PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PERIZINAN TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT PADA DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU KOTA BATAM TAHUN 2022

Ronald Parlindungan, Linayati Lestari, Chindy Ayu Sulistiani, Yustinus Farid Setiyobudi, Meri Enita Puspita

Abstract


Pada penelitian ini membahas tentang “Pengaruh kualitas pelayanan perizinan terhadap kepuasan masyarakat pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Batam Tahun 2022”. Penelitian ini mengkaji beberapa permasalahan seperti faktor yang mempengaruhi kepuasan masyarakat, ketepatan waktu, kejelasan biaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Teknik pengolahan data menggunakan skala likert, sedangkan Teknik analisis data menggunakan uji validitas, reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear sederhana, uji koefisien korelasi, uji koefisien determinasi, uji secara parsial (uji-t) dan uji-f simultan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan uji analisis regresi linear sederhana antara variabel kualitas pelayanan (X) dan kepuasan masyarakat (Y) bernilai 0,786 artinya kuat, jika disimpulkan bahwa terjadi hubungan yang kuat antara variabel (X) dengan variabel (Y). Terdapat dua indikator variabel kualitas pelayanan (X) yang memberikan pengaruh terhadap variabel kepuasan masyarakat (Y) yaitu indikator reliability dengan nilai signifikan sebesar 0,033 ˂ 0,05 sedangkan indikator kedua adalah assurance dengan nilai signifikan sebesar 0,036 ˂ 0,05. Hasil uji koefisien determinasi didapatkan R-square sebesar 72,3% yang berarti kualitas pelayanan perizinan di DPMPTSP Kota Batam mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan masyarakat dan sisanya 27,7% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Keywords


Kualitas Pelayanan; Perizinan; Kepuasan Masyarakat; Kuantitatif

Full Text:

PDF

References


UUD. Undang-Undang Dasar Repubik Indonesia Tahun 1945 Alenia Keempat.; 1945.

Umar U, Ardianto. . Efektivitas Mall Pelayanan Publik (MPP) Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi dalam Pelaksanaan Pelayanan Publik. Jurnal Ilmu Sosial Ekonomi dan Hukum. 2020;1(1).

Pengesti, Husniyati. Peningkatan Kualitas Pelayanan Aparatur Pemerintahan Kelurahan Limo Depok. Jurnal Pengabdi Kepada Masyarakat. 2021;2(4):46-49.

Tjiptono F. Service Management Mewujudkan Layanan Prima. Yogyakarta: Andi Offset; 2015.

Rizky Subhan RS. Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) Pada Mal Pelayanan Publik Kota Banjarbaru Tahun 2022. Jurnal Bisnis dan Pembangunan. 2023;12(1):87.

Kolter P, Keller K. Manajemen Pemasaran Edisi Kedua Belas Jilid 1. Jakarta: Indeks; 2018. UU. Undang-Undang No 25.2009.

Leny I. Efektivitas Penyelenggaraan Pelayanan Terpadu Satu Pintu di Kabupaten Malang. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. 2018;4(2).

Sari M. Kualitas Pelayanan Perizinan Pada Dinas Penanaman Modal Perizinan Terpadu Satu Pintu Di Kabupaten Bulukumba. Jurnal Ilmu Administrasi Negara. 2019;2(2):6-15.

Zaenuddin M, Kumorotomo, W., Saleh S, Hadna AH. Dualisme Kelembagaan antara Pemerintah Kota dan Badan Pengusahaan Batam serta Dampak terhadap Kinerja Perekonomian di Kota Batam. Jurnal Applied Bussiness Administrasi. 2017;4(1).

Yustinus, Linayati, Vivi. Kinerja Dinas Perhubungan Kota Batam dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan Transformasi Bus Trans Batam Koridor Sekupang Jodoh. Jurnal Trias Politika. 2021;5(2).

Enita M. Kualitas Pelayanan Kantor Pertahanan dalam Pelaksanaan Pendaftaran Tanah untuk Pertmana Kali Secara Sporadik di Kota Batam. Jurnal Dimensi. 2017;6(2):309-322.

Sanusi A. Metodologi Penelitian Bisnis. Salemba Empat; 2018.




DOI: https://doi.org/10.33373/dms.v12i3.6810

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.