ANALISIS KETERKAITAN FILOSOFI PENDIDIKAN JOHN DEWEY DENGAN PRINSIP DAN IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI INDONESIA
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdul Fattah Nasution, Setia Ningsih, Mona Febrica Silva, Leli Suharti, & Jekson Parulian Harahap. (2023). Konsep Dan Implementasi Kurikulum Merdeka. COMPETITIVE: Journal of Education, 2(3), 201–211. https://doi.org/10.58355/competitive.v2i3.37
Ahmad Nurkhin , S Martono, Muhsin, Fachrurrozie, dan M. F. (2021). Jurnal implementasi. Jurnal Implementasi, 1(2), 139–145.
Arifin, N. (2020). Pemikiran Pendidikan John Dewey. As-Syar’i: Jurnal Bimbingan & Konseling Keluarga, 2(2), 168–183. https://doi.org/10.47467/assyari.v2i2.128
Ersanda, P. A. (2022). Eksistensi Pemikiran John Dewey Dalam Pendidikan Di Indonesia. SINDANG: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Kajian Sejarah, 4(2), 134–140. https://doi.org/10.31540/sindang.v4i2.1421
Faiz, A., & Kurniawaty, I. (2020). Konsep Merdeka Belajar Pendidikan Indonesia Dalam Perspektif Filsafat Progresivisme. Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 12(2), 155–164. https://doi.org/10.35457/konstruk.v12i2.973
Hasbullah. (2020). Pemikiran Kritis John Dewey Tentang Pendidikan (Dalam Perspektif Kajian Filosofis). Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 10(1), 1–21.
HIDAYAH, M. (2021). Peningkatan Kemampuan Memahami Teks Narative Dengan Metode Learning By Doing Di Masa Pandemi Secara Daring. TEACHING : Jurnal Inovasi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 1(4), 323–329. https://doi.org/10.51878/teaching.v1i4.777
https://ditpsd.kemdikbud.go.id/hal/kurikulum-merdeka
https://kurikulum.kemdikbud.go.id/
JP, E., Hutabarat, Naibaho, L., & Rantung, D. A. (2023). VOLUME 6 ISSUE 11 NOVEMBER 2023 Memahami Peran Pendidikan di Era Post Modern Melalui Pandangan John Dewey Jurnal Kolaboratif Sains ( JKS ) Pages : 1572-1578. Kolaboratif Sains, 6(11), 1572–1578. https://doi.org/10.56338/jks.v6i11.4403
Kartika, M., Khoiri, N., Sibuea, N. A., & Rozi, F. (2023). Learning By Doing, Training And Life Skills. MUDABBIR Journal Reserch and Education Studies, 1(2), 91–103. https://doi.org/10.56832/mudabbir.v1i2.80
Lichandra, F., & Sobarna, A. (2022). Konsep Demokrasi Pendidikan dalam Pemikiran John Dewey dan Muhammad Athiyah Al-Abrasyi. Bandung Conference Series: Islamic Education, 2(2), 215–222. https://doi.org/10.29313/bcsied.v2i2.2772
Mamuaya, Nova Ch., B. I. M. (2023). “Бсп За България” Е Под Номер 1 В Бюлетината За Вота, Герб - С Номер 2, Пп-Дб - С Номер 12. Peran Kepuasan Nasabah Dalam Memediasi Pengaruh Customer Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Nasabah, 2(3), 310–324. https://bnr.bg/post/101787017/bsp-za-balgaria-e-pod-nomer-1-v-buletinata-za-vota-gerb-s-nomer-2-pp-db-s-nomer-12
Marlina STAI Al-Fithrah Surabaya, T. (2022). Prosiding SNPE FKIP Universitas Muhammadiyah Metro 67. 1(1), 67–72.
Maslakhah, S. (2019). Penerapan Metode Learning By Doing Sebagai Implementasi Filsafat Pragmatisme Dalam Mata Kuliah Linguistik Historis Komparatif. Diksi, 27(2), 159–167. https://doi.org/10.21831/diksi.v27i2.23098
Mubarok, R. (2015). Pendidikan Humanis John Dewey Dalam Perspektif Pendidikan Islam. J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 1–21. https://doi.org/10.18860/jpai.v2i1.3760
Mustaghfiroh, S. (2020). Konsep “Merdeka Belajar” Perspektif Aliran Progresivisme John Dewey. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(1), 141–147. https://doi.org/10.30605/jsgp.3.1.2020.248
Nurhidayah, D. (2017). Psikologi Pendidikan. Journal of Chemical Information and Modeling, 1–179.
Rizky Satria, P. A., Sekar, W. K., & Harjatanaya, T. Y. (2022). Projek Penguatan. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, 138.
Satria Wiranata, R. R., Junaidi Firman, A., Mulyanto, T., & Ilham Prastowo, A. (2021). Praktik Pembelajaran Di Madrasah Perspektif Pragmatisme (Studi Terhadap Pemikiran Ibn Khaldun Dan Jhon Dewey). Al-Manar, 10(1), 36–49. https://doi.org/10.36668/jal.v10i1.152
Setyowati, N. (2023). Pendidik dan peserta didik dalam kebijakan Merdeka Belajar perspektif aliran progresivisme John Dewey. 14(1), 20–27.
Subhkan, E., & Wahyudin, D. (2024). Kajian Akademik Kurikulum Merdeka. 1–143.
Surahman, Y. T., & Fauziati, E. (2021). Maksimalisasi Kualitas Belajar Peserta Didik Menggunakan Metode Learning By Doing Pragmatisme By John Dewey. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(2), 137–144. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v3i2.1209
Suryani, M. (2024). Hakekat Pendidikan dalam Kehidupan Manusia. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(03), 537–544. https://doi.org/10.47709/educendikia.v3i03.3397
Veronica, H., & Hayat, H. (2024). Implementasi Kebijakan Kurikulum Merdeka pada Siswa-Siswi Sekolah Dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 5(1), 9. https://doi.org/10.30595/jrpd.v5i1.16101
Wasitohadi, W. (2014). HAKEKAT PENDIDIKAN DALAM PERSPEKTIF JOHN DEWEY Tinjauan Teoritis. Satya Widya, 30(1), 49. https://doi.org/10.24246/j.sw.2014.v30.i1.p49-61
Yektiana, N., & Nursikin, M. (2022). Integrasi Pendidikan Nilai dalam Pembelajaran dari Segi Perspektif Ki Hajar Dewantara dan John Dewey. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(4), 1279–1284. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i4.560
Zahwa, N., & Nabilah, K. F. (2022). Kurikulum Merdeka untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 13404–13408. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/12696
DOI: https://doi.org/10.33373/dms.v13i3.6903
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.