ANALISIS KETERKAITAN FILOSOFI PENDIDIKAN JOHN DEWEY DENGAN PRINSIP DAN IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI INDONESIA

Mahmud - Mahmud, Tri - Tarwiyani, Zulkifli - Zulkifli, Jaya Dwi Putra, Agus Saleh Hasibuan, Andi Masakim, Badarudin Badarudin, Kezia Eka Sari Dewi, Edi Kusmawan, Imam Setiyohadi

Abstract


Artikel ini berisi tentang analisis keterkaitan antara konsep filosopi pendidikan John Dewey dengan prinsip dan implementasi kurikulum Merdeka yang diterapkan saat ini dalam pendidikan di Indonesia. Jhon Dewey memberikan dukungan pada pendidikan yang demokratis, di mana setiap manusia secara individu memiliki kesempatan yang sama untuk mengembangkan potensi yang mereka miliki. Hal ini sejalan dengan konsep kurikulum Merdeka yang juga menawarkan kemerdekaan dan keleluasaan kepada lembaga pendidikan untuk mengekplorasi potensi peserta didiknya secara maksimal dengan menyesuaikan minat, bakat serta kecendrungan masing-masing peserta didik. Pemikiran-pemikiran yang dipandang saling terkait tersebut menjadi latar belakang untuk menggali kebih dalam dan menyusunnya dalam sebuah karya tulis berupa artikel. Artikel ini menggunakan metode tinjauan pustaka yang hasilnya dijelaskan secara deskriptif berdasarkan pengolahan data yang mencakup filosofi Pendidikan John Dewey dan data terkait prinsip dan implementasi Kurikulum Merdeka. .Hasilnya menunjukkan bahwa keterkaitan filosofi pendidikan John Dewey dengan Kurikulum Merdeka dapat dilihat pada visi bersama untuk menciptakan pendidikan yang merangsang, relevan, inklusif, dan mendorong peserta didik menjadi individu yang lebih mandiri dan warga negara yang bertanggung jawab dalam masyarakat yang demokratis..

Keywords


Filsafat Pendidikan John Dewey, Kurikulum Merdeka

Full Text:

PDF

References


Abdul Fattah Nasution, Setia Ningsih, Mona Febrica Silva, Leli Suharti, & Jekson Parulian Harahap. (2023). Konsep Dan Implementasi Kurikulum Merdeka. COMPETITIVE: Journal of Education, 2(3), 201–211. https://doi.org/10.58355/competitive.v2i3.37

Ahmad Nurkhin , S Martono, Muhsin, Fachrurrozie, dan M. F. (2021). Jurnal implementasi. Jurnal Implementasi, 1(2), 139–145.

Arifin, N. (2020). Pemikiran Pendidikan John Dewey. As-Syar’i: Jurnal Bimbingan & Konseling Keluarga, 2(2), 168–183. https://doi.org/10.47467/assyari.v2i2.128

Ersanda, P. A. (2022). Eksistensi Pemikiran John Dewey Dalam Pendidikan Di Indonesia. SINDANG: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Kajian Sejarah, 4(2), 134–140. https://doi.org/10.31540/sindang.v4i2.1421

Faiz, A., & Kurniawaty, I. (2020). Konsep Merdeka Belajar Pendidikan Indonesia Dalam Perspektif Filsafat Progresivisme. Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 12(2), 155–164. https://doi.org/10.35457/konstruk.v12i2.973

Hasbullah. (2020). Pemikiran Kritis John Dewey Tentang Pendidikan (Dalam Perspektif Kajian Filosofis). Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 10(1), 1–21.

HIDAYAH, M. (2021). Peningkatan Kemampuan Memahami Teks Narative Dengan Metode Learning By Doing Di Masa Pandemi Secara Daring. TEACHING : Jurnal Inovasi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 1(4), 323–329. https://doi.org/10.51878/teaching.v1i4.777

https://ditpsd.kemdikbud.go.id/hal/kurikulum-merdeka

https://kurikulum.kemdikbud.go.id/

JP, E., Hutabarat, Naibaho, L., & Rantung, D. A. (2023). VOLUME 6 ISSUE 11 NOVEMBER 2023 Memahami Peran Pendidikan di Era Post Modern Melalui Pandangan John Dewey Jurnal Kolaboratif Sains ( JKS ) Pages : 1572-1578. Kolaboratif Sains, 6(11), 1572–1578. https://doi.org/10.56338/jks.v6i11.4403

Kartika, M., Khoiri, N., Sibuea, N. A., & Rozi, F. (2023). Learning By Doing, Training And Life Skills. MUDABBIR Journal Reserch and Education Studies, 1(2), 91–103. https://doi.org/10.56832/mudabbir.v1i2.80

Lichandra, F., & Sobarna, A. (2022). Konsep Demokrasi Pendidikan dalam Pemikiran John Dewey dan Muhammad Athiyah Al-Abrasyi. Bandung Conference Series: Islamic Education, 2(2), 215–222. https://doi.org/10.29313/bcsied.v2i2.2772

Mamuaya, Nova Ch., B. I. M. (2023). “Бсп За България” Е Под Номер 1 В Бюлетината За Вота, Герб - С Номер 2, Пп-Дб - С Номер 12. Peran Kepuasan Nasabah Dalam Memediasi Pengaruh Customer Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Nasabah, 2(3), 310–324. https://bnr.bg/post/101787017/bsp-za-balgaria-e-pod-nomer-1-v-buletinata-za-vota-gerb-s-nomer-2-pp-db-s-nomer-12

Marlina STAI Al-Fithrah Surabaya, T. (2022). Prosiding SNPE FKIP Universitas Muhammadiyah Metro 67. 1(1), 67–72.

Maslakhah, S. (2019). Penerapan Metode Learning By Doing Sebagai Implementasi Filsafat Pragmatisme Dalam Mata Kuliah Linguistik Historis Komparatif. Diksi, 27(2), 159–167. https://doi.org/10.21831/diksi.v27i2.23098

Mubarok, R. (2015). Pendidikan Humanis John Dewey Dalam Perspektif Pendidikan Islam. J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 1–21. https://doi.org/10.18860/jpai.v2i1.3760

Mustaghfiroh, S. (2020). Konsep “Merdeka Belajar” Perspektif Aliran Progresivisme John Dewey. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(1), 141–147. https://doi.org/10.30605/jsgp.3.1.2020.248

Nurhidayah, D. (2017). Psikologi Pendidikan. Journal of Chemical Information and Modeling, 1–179.

Rizky Satria, P. A., Sekar, W. K., & Harjatanaya, T. Y. (2022). Projek Penguatan. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, 138.

Satria Wiranata, R. R., Junaidi Firman, A., Mulyanto, T., & Ilham Prastowo, A. (2021). Praktik Pembelajaran Di Madrasah Perspektif Pragmatisme (Studi Terhadap Pemikiran Ibn Khaldun Dan Jhon Dewey). Al-Manar, 10(1), 36–49. https://doi.org/10.36668/jal.v10i1.152

Setyowati, N. (2023). Pendidik dan peserta didik dalam kebijakan Merdeka Belajar perspektif aliran progresivisme John Dewey. 14(1), 20–27.

Subhkan, E., & Wahyudin, D. (2024). Kajian Akademik Kurikulum Merdeka. 1–143.

Surahman, Y. T., & Fauziati, E. (2021). Maksimalisasi Kualitas Belajar Peserta Didik Menggunakan Metode Learning By Doing Pragmatisme By John Dewey. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(2), 137–144. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v3i2.1209

Suryani, M. (2024). Hakekat Pendidikan dalam Kehidupan Manusia. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(03), 537–544. https://doi.org/10.47709/educendikia.v3i03.3397

Veronica, H., & Hayat, H. (2024). Implementasi Kebijakan Kurikulum Merdeka pada Siswa-Siswi Sekolah Dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 5(1), 9. https://doi.org/10.30595/jrpd.v5i1.16101

Wasitohadi, W. (2014). HAKEKAT PENDIDIKAN DALAM PERSPEKTIF JOHN DEWEY Tinjauan Teoritis. Satya Widya, 30(1), 49. https://doi.org/10.24246/j.sw.2014.v30.i1.p49-61

Yektiana, N., & Nursikin, M. (2022). Integrasi Pendidikan Nilai dalam Pembelajaran dari Segi Perspektif Ki Hajar Dewantara dan John Dewey. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(4), 1279–1284. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i4.560

Zahwa, N., & Nabilah, K. F. (2022). Kurikulum Merdeka untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 13404–13408. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/12696




DOI: https://doi.org/10.33373/dms.v13i3.6903

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.